SOME SOCIAL RULES THAT MAY HELP YOU

BEBERAPA ATURAN SOSIAL YANG DAPAT MEMBANTU ANDA

1. Don’t call someone more than twice continuously. If they don’t pick up your call, presume they have something important to attend to;
1. Jangan menelepon seseorang lebih dari dua kali terus menerus. Jika mereka tidak mengangkat telepon Anda, anggaplah mereka sedang mengerjakan sesuatu hal penting.

2. Return money that you had borrowed before the person that borrowed you remembered or asked for it. It shows your integrity and character. The same goes for umbrellas, pens, and lunch boxes.
2. Kembalikan uang yang telah Anda pinjam sebelum orang yang meminjam Anda ingat atau menagih. Ini menunjukkan integritas dan karakter Anda. Hal yang sama berlaku untuk payung, pen/pencil, dan kotak makan siang.

3. Never order the expensive dish on the menu when someone is giving you a lunch/dinner.
3. Jangan pernah memesan hidangan mahal di menu ketika seseorang mentraktir Anda makan siang / makan malam.

4. Don’t ask awkward questions like ‘Oh so you aren’t married yet?’ Or ‘Don’t you have kids’ or ‘Why didn’t you buy a house?’ Or why don’t you buy a car? For God’s sake, it isn’t your problem;
4. Jangan mengajukan pertanyaan canggung seperti ‘Oh jadi kamu belum menikah?’ Atau ‘Apakah kamu tidak punya anak’ atau ‘Mengapa kamu tidak membeli rumah?’ Atau mengapa Anda tidak membeli mobil? Demi Allah, itu bukan masalahmu;

5. Always open the door for the person coming behind you. It doesn’t matter if it is a guy or a girl, senior or junior. You don’t grow small by treating someone well in public;
5. Selalu buka pintu untuk orang yang datang di belakang Anda. Tidak masalah apakah itu laki-laki atau perempuan, senior atau junior. Anda memberikan kebaikan dengan memperlakukan seseorang dengan baik dan hormat di depan umum;

6. If you take a taxi with a friend and they pay now, try spending next time;
6. Jika Anda naik taksi dengan seorang teman dan mereka membayar sekarang, bayarlah dengan bergantian pada waktu berikutnya;

7. Respect different shades of opinions. Remember, what’s 6 to you will appear 9 to someone facing you. Besides, a second opinion is a good an alternative;
7. Hormati berbagai ragam pendapat. Ingat, mungkin persepsi Anda angka 6, sementara di pihak lain yang menghadapi Anda mungkin angka 9 yang muncul. Selain itu, ingat mendapatkan pendapat berbeda adalah alternatif yang baik;

8. Never interrupt people talking. Allow them to pour it out. As they say, hear them all and filter them all;
8. Jangan pernah menyela orang berbicara. Biarkan mereka menuangkannya. Seperti yang mereka inginka, dengarkanlah semuanya dan saring semuanya;

9. If you tease someone, and they don’t seem to enjoy it, stop it and never do it again. It encourages one to do more, and it shows how appreciative you’re;
9. Jika Anda menggoda seseorang, dan mereka tampaknya tidak menikmatinya, hentikan dan jangan pernah melakukannya lagi. Ini mendorong seseorang untuk memahami lebih baik, dan itu menunjukkan betapa menghargainya Anda;

10. Say “thank you” when someone is helping you.
10. Ucapkan “terima kasih” ketika seseorang membantu Anda;

11. Praise publicly. Criticize privately;
11. Puji di depan umum. Mengkritik secara pribadi;

12. There’s rarely a reason to comment on someone’s weight. Just say, “You look fantastic.” If they want to talk about losing weight, they will;
12. Hindari untuk mengomentari berat badan seseorang. Katakan saja, “Kamu terlihat fantastis.” Jika mereka ingin berbicara tentang menurunkan berat badan, mereka akan melakukannya;

13. When someone shows you a photo on their phone, don’t swipe left or right. You never know what’s next;
13. Ketika seseorang menunjukkan foto di ponsel mereka, jangan menggeser ke kiri atau kanan. Anda tidak pernah tahu apa selanjutnya;

14. If a colleague tells you they have a doctor’s appointment, don’t ask what it’s for; say, “I hope you’re okay.” Please don’t put them in the uncomfortable position of having to tell you about their illness. If they want you to know, they’ll do so without your inquisitiveness;
14. Jika seorang kolega memberi tahu Anda bahwa mereka memiliki janji dengan dokter, jangan tanya untuk apa itu; katakan, “Saya harap Anda baik-baik saja.” Tolong jangan menempatkan mereka pada posisi yang tidak nyaman karena harus memberi tahu Anda tentang penyakit mereka. Jika mereka ingin Anda tahu, mereka akan melakukannya tanpa Anda tanyakan;

15. Treat the cleaner with the same respect as the CEO. Nobody is impressed at how rude you can treat someone below you, but people will notice if you treat them with respect;
15. Perlakukan Tenaga Pembersih dengan rasa hormat yang sama seperti Anda menghormati CEO. Tidak ada yang terkesan pada betapa kasarnya seseorang memperlakukan seseorang di bawahnya, tetapi orang-orang akan terkesan jika Anda memperlakukan mereka dengan hormat;

16. If a person is speaking directly to you, staring at your phone is rude;
16. Jika seseorang berbicara langsung kepada Anda, sementara Anda menatap ponsel hal ini tidak sopan;

17. Never advise until you’re asked;
17. Jangan pernah menyarankan atau menasehati seseorang sampai Anda diminta nasehat/pendapat;

18. When meeting someone after a long time, unless they want to talk about it, don’t ask them their age and salary;
18. Ketika bertemu seseorang setelah waktu yang lama, kecuali mereka ingin membicarakannya, jangan tanya usia dan gaji mereka;

19. Mind your business unless anything involves you directly – stay out of it;
19. Pikirkan bisnis Anda kecuali ada yang melibatkan Anda secara langsung – hindari itu;

20. Remove your sunglasses if you are talking to anyone in the street. It is a sign of respect. Moreso, eye contact is as important as your speech; and
20. Lepaskan kacamata hitam Anda jika Anda berbicara dengan siapa pun di jalan. Itu adalah tanda hormat. Selain itu, kontak mata sama pentingnya dengan pidato Anda;

21. Never talk about your riches in the midst of the poor. Similarly, don’t talk about your children amid the barrenness.
21. Jangan pernah berbicara tentang kekayaan Anda di tengah-tengah orang yang belum seberuntung Anda. Demikian pula, jangan bicara tentang kehebatan anak-anak Anda di tengah orang yang tidak memiliki anak atau mereka yang mendapatkan tantangan dengan anak-anaknya;

22. After reading a good message, try to say, “Thanks for the message.”
22. Setelah membaca pesan yang bagus, cobalah untuk mengatakan, “Terima kasih atas pesannya.”

APPRECIATION remains the easiest way of getting what you don’t have.
APRESIASI tetap menjadi cara termudah untuk mendapatkan apa yang tidak Anda miliki.

Good luck, we remind each other, easier said than done but we do our best to practice one little thing every day.
Semoga bermanfaat, kita saling mengingatkan, lebih mudah diucapkan daripada dilakukan namun kita melakukan yang terbaik untuk mempraktekkan satu hal kecil setiap hari.

Hanny Muchtar

Hanny Muchtar, Alumni SOSEK IPB 1981, IO Psychologist dari Radani Emotional Wellness

#respect #space #humility #advice #polite

 

Penulis: Anita Handayani (http://anitanet.staff.ipb.ac.id)