Strategi Meningkatkan Peringkat Webometrics:

1. Peringkat Total
2. Scolar (Sc)
3. Rich Files (R)
4. Visibility (V)
5. Tentang Webometrics
6. Salah Benar
7. Mesin Pencari
8. Size (S)
 

Tentang Webometrics

Pemeringkatan dilakukan oleh Cubermetrics Lab, Spanyol, sejak tahun 2004

Misi Cybermetrics Lab adalah menerapkan metode kuantitatif untuk menganalisis perguruan tinggi dan mempromosikan OPEN ACCESS INITIATIVE

Cybermetrics Lab melakukan analisis kuantitatif dari Internet tentang ISI SITUS yang berhubungan dengan PROSES PEMBUATAN dan KOMUNIKASI ILMU PENGETAHUAN

Hal ini merupakan disiplin ilmu baru yang disebut CYBERMETRICS atau WEBOMETRICS

Indikator Webometrics adalah CONTENT (SIZE, RICH FILES, dan SCHOLAR) dan VISIBILITY

Pengukuran dilakukan dengan MESIN PENCARI Google, Yahoo, Bing, dan Exalead

Pembobotan: Size 20%, Rich Files 15%, Scholar 15%, Visibility 50%

Pengukuran indikator dilakukan dalam bulan Januari dan Juli

Pengukuran lebih dari satu kali dan diambil yang tertinggi

Peringkat diumumkan akhir bulan Januari dan Juli

Webometrics tidak menarik biaya pemeringkatan dan tidak menerima iklan

Webometrics selalu berusaha memperbaiki cara pemeringkatan

http://www.webometrics.info  adalah Website Cybermetrics Lab CSIC, Aguillo, Isidro F. (2009)


Pendapat yang benar dan salah tentang Webometrics
Salah Benar
Webometriks adalah pemeringkatan website Isi website dan visibility digunakan sebagai indikator kemampuan global perguruan tinggi untuk menggambarkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, penghargaan internasional, hubungan dengan komunitas perguruan tinggi, sektor industri, dan ekonomi.
Indikator webometrics tidak jelas Indikator webometrics jelas yaitu size, visibility, rich files, dan scholar
Jumlah kunjungan akan menaikkan peringkat webometrics Peringkat webometrics ditentukan berdasarkan indikator webometric.
Kunjungan tidak termasuk indikator webometrics.
Peringkat indikator dianggap nilai indikator Angka yang dicantumkan dalam pengumuman webometrics adalah peringkat dunia dan peringkat indikator, bukan nilai indikatorPeringkat yang lebih kecil adalah peringkat yang lebih tinggi

Mesin Pencari

Mesin pencari yang digunakan dalam mengukur indikator webometrics adalah Google, Yahoo, Bing dan Exalead.

Proses indeks mesin pencari membutuhkan waktu 1 hari – 4 minggu.

Hasil mesin pencari kadang-kadang menyimpang sangat jauh.

Hasil mesin pencari bergantung pada parameter pencarian, parameter negara, atau posisi pencarian.

 


WEBOMETRICS IPB

Apakah Anda tahu tentang Webomatrics ?? (lihat http://www.webometrics.info/)
Berapakah peringkat  IPB di kancah universitas nasional maupun internasional?

Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui website.

Webometrics adalah karya dari Cybermetrics Lab,  sebuah group penelitian dari Centro de Información y Documentacion (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council (CSIC), Spanyol. Mempublikasikan rangking universitas setiap enam bulan sekali yaitu bulan Januari dan Juli.

Webometrics merupakan perangkingan universitas yang dilihat dari sisi Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Penghitungan dan pembobotannya adalah dengan menggunakan Rumus:

Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)

31 Juli 2011-Survei yang dilakukan Webometrics di jagad pendidikan tinggi tidak hanya berkisar pada biaya pendidikan, kualitas kurikulum dan prospek lulusannya mendapat pekerjaan, namun juga dari segi publikasi universitas melalui laman.

Empat komponen yang menjadi indikator dari penilaian Webometrics adalah size dengan kuota persentase 20%. Size merupakan jumlah halaman website yang tertangkap search engines seperti google, yahoo dan live search (bing). indikator selanjutnya, visibility (50%) berupa total tautan eksternal unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari yahoo Search, live search dan exalead.

Selain itu, rich files yang merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Mirosoft Powerpoint (.ppt) dinilai dengan kuota 15%. Scholar berupa jumlah paper dan jumlah sitasi (kutipan) yang tertangkap di Google Scholar untuk setiap dokumen laman perguruan tinggi pun dinilai15%.

Webometrics adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui laman resmi perguruan tinggi. Dalam setahun, lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol ini mengeluarkan daftar peringkat pada bulan Januari dan Juli. Pembobotannya menggunakan Rumus: Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc). Informasi lebih lanjut dapat mengakses http://www.Webometrics.info

Daftar Peringkat 10 Besar Laman Perguruan Tinggi di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2011:
http://dikti.kemdiknas.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2326:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Kriteria Penilaian Lomba Website di IPB

Kriteria  penilaian lomba website di IPB berdasarkan  peringkat  yang  dicapai  masing-masing  situs  web  melalui  beberapa parameter.

Parameter yang akan dinilai yaitu: visibility, size, rich files, scholar, Google Page Rank.

(Panduan lomba lebih lengkap dapat diunduh di http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/43325)

 


TEKNIK PENELUSURAN


1. Visibility (V)
= adalah banyaknya link dari luar ke suatu domain yang di indeks oleh mesin pencari Yahoo

= adalah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain, diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead.
 

Cara Mengukur Visibility:
1. Masuk ke url : http://search.yahoo.com
   

2. Pada input pencarian, ketik kata berikut : 
linkdomain:[alamat domain][spasi]-site:[alamatdomain]  lalu tekan enter

 
3. Lihat hasilnya dinyatakan seperti pada gambar 1:

 

4. Cara menentukan peringkat :
Dihitung berdasarkan perhitungan visibility tertinggi

    

Strategi Meningkatkan Visibility (V):
1. Mengisi website anitanet dengan materi yang dapat menjadikan rujukan sehingga website lain membuat link ke website anitanet
2. Mengusahakan agar teman2 membuat link ke website anitanet dari blog mereka

3. Mengusahakan agar teman2 membuat link ke website anitanet saat memberi komentar di blog atau forum lain

4.  Mengusahakan agar warga kampus mencantumkan link website mereka atau link website http://ipb.ac.id saat melakukan transaksi internet, atau diskusi online.

Faktor G: Link dari 1000 Besar Dunia

Link Unik: Beberapa link dari satu halaman hanya dihitung satu link

Link Permanen: Satu link menjadi satu link yang stabil

Link Semu: Satu link menjadi banyak link, lama kelamaan menjadi satu link yang stabil;


2. Size (S) 
adalah Banyaknya halaman dalam dalam suatu domain yang di indeks oleh
mesin pencari
Google (G), Yahoo (Y), Bing (B) dan Exalead

Cara Mengukur:
1. masuk ke : http://google.com kemudian ketik kata berikut  site:[alamat domain]

        

Cari kata kunci:  

    

2. Masuk ke : http://yahoo.com  kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain] hasil akan di-direct ke yahoo site explorer

     

Cari kata kunci:  

Kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain] hasil akan di-direct ke yahoo site explorer
    

didapat :  101 result

3. Masuk ke : http://bing.com kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain]

       

Cari kata kunci:  

4. Masuk ke : http://exalead.com/search kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain]  

        

Cari kata kunci:  

Contoh Cara Mengukur Size:

      

Strategi Meningkatkan Size (S):
1. Menyatukan semua website unit menjadi satu domain
2. Membuat blog untuk unit, staf, mahasiswa, alumni
3. Sotware WordPress Multi User
4. Memberi otonomi pada pengelola blog
5. Membuat forum


3. Rich Files (R)
adalah banyaknya file PDF, PS, DOC, dan PPT dalam suatu domain yang diindeks oleh Google.

Cara Mengukur : Masuk situs http:// google.com (pastikan tidak di-direct ke http://google.co.id)
lalu untuk masing masing jenis file, lakukan pecarian dengan kata kunci berikut ini:

  • file adobe reader (*.pdf) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:pdf
  • file postscript (*.ps) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:ps
  • file office word (*.doc) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:doc
  • file office powerpoint (*.ppt)  site: [alamat domain] [spasi]filetype:ppt

          

Cari kata kunci:


 

Strategi Meningkatkan Rich Files (R):
1.  Buat blog lalu masukkan file PDF, DOC, PPT, PS
2.  Optimalkan nilai dengan pengaturan distribusi jenis file
3.  Membuat file bertipe PDF atau PS

Dowload Software PDF Creator: http://sourceforge.net/projects/pdfcreator/



4. Scolar (Sc)
adalah banyaknya karya ilmiah dalam suatu domain yang diindeks oleh Google Scholar semenjak 2006.

Cara Mengukur  :
1. Masuk ke url: http://scholar.google.com

         

akan tampil Google Cendikia

2. Ketikan parameter berikut: site:[alamat  domain]—> parameter  : articles and patents,
since 2006,
 dan  includes citations

3. Contoh perhitungan Scholar pada scholar.google.com:

      

Cara Mementukan Peringkat:

Hasilnya dinormalisasikan ke 1 untuk nilai tertinggi

Urutkan dari nilai terendah untuk menentukan peringkat setiap domain

Rumus total untuk Scholar:

    

Strategi Meningkatkan Scolar (Sc):
1.  Memasukkan karya ilmiah ke software OJS (Open Journal System) dan Software EPrints
2.  Studi Kasus
3.  Membuat file bertipe PDF atau PS



5. Page Rank
Google PageRank merupakan peringkat yang diberikan Google PageRank dan merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer.  Untuk melakukan pengecekan bisa menggunakan tools dari situs     http://www.prchecker.info         

Total Perhitungan:

  Visibility Size Rich Files Scholar PageRank Total
Beserta Scholar 35% 20% 15% 15% 15% 100%
Tanpa Scholar 45% 20% 20% 0% 20% 100%

Penilaian Scholar hanya dilakukan untuk web Pusat Penelitian, web Departemen dan Blog Dosen:
1. Pusat Penelitian
2. Departemen
3. Blog Staf

Penilaian Scholar tidak dilakukan untuk web:
1. Kantor/Direktorat (KanDir)
2. Fakultas
3. Blog Staff
4. Lembaga Kemahasiswaan
5. Blog Student
6. Program Studi Pascasarjana