Vaginitis-Keputihan

Vaginitis adalah keputihan vagina dan serviks (leher rahim).

Keputihan tidak selalu muncul ketika menjelang mens, tapi bisa kapan saja.

Menurut Dr. Dwiana, ada berbagai penyebab keputihan yang tidak normal, dibedakan infeksi dan bukan infeksi.

Penyebab infeksi adalah bakteri (Chlamydia, N. gonorrhoeae, bakterial vaginosis, dll), jamur (Candida albicans), parasit (Trichomonas vaginalis), virus (Condyloma, herpes, HIV/AIDS).

Sedangkan Penyebab yang bukan infeksi antara lain kanker leher rahim, polip serviks, gangguan keseimbangan flora vagina akibat pemakaian antiseptik (douche vagina) secara terus-menerus, alergi (spermisid, kondom, tisu KB), iritasi (dispareunia/sakit saat berhubungan intim, menopause).

Keputihan bisa juga disebabkan oleh cacing kremi yang berasal dari daerah dubur yang berpindah ke vagina.

Infeksi karena virus Condyloma umumnya ditandai dengan ciri tumbuhnya kutil-kutil yang cukup banyak yang mengandung cairan yang berbau. Infeksi virus herpes ditularkan melalui hubungan intim. Keputihan akibat virus bisa menimbulkan munculnya gejala kanker serviks.

Parasit Trichomonas vaginalis adalah organisme protozoa ber sel satu yang hampir selalu menyebar melalui kontak seksual. Wanita yang memiliki beberapa mitra atau menerima seks oral beresiko tinggi tertular bakteri vaginosis.

Organisme protozoa dapat bertahan 24 jam dalam lingkungan yang lembab, pada handuk yang basah atau mungkin pada pakaian renang sebagai alat penularan dari seseorang yang sudah terinfeksi Parasit Trichomonas vaginalis ini.

Jamur Candida albicans merupakan penyebab keputihan nomor 1 pada wanita, bahkan terkadang jamur Candida albicans penyebab keputihan ini juga dapat dialami oleh pria.

Keputihan secara umum merupakan salah satu bentuk dari vaginitis atau peradangan vagina yang disebabkan pertumbuhan berlebihan Candida albicans, yaitu jamur mikroskopis yang mendiami vagina.

Keputihan bisa menyebabkan infeksi baru di sekitar vagina yang jika dibiarkan akan menjalar ke rongga rahim dan saluran telur

Seorang wanita yang mendrita keputihan akibat adanya jamur candida albicans ini memiliki ciri:

  1. Cairan/lendir keputihan berwarna putih susu
  2. Tekstur cairan/lendir kental
  3. Berbau busuk/amis
  4. Timbul rasa gatal disekitar vagina. Akibatnya mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang

Keputihan yang disebabkan oleh jamur candida albicans ini umumnya dialami oleh ibu hamil, penderita penyakit diabetes, efek samping penggunaan pil KB, dan rendahnya sistem imun tubuh.

Kenapa keputihan tak boleh diremehkan?

Zaman yang sudah maju dan akses informasi yang mudah memungkinkan hampir setiap orang untuk mendiagnosis penyakit, kemudian mengobatinya sendiri. Hingga yang sering terjadi adalah salah diagnosis, salah obat dan berujung pada makin parahnya kondisi yang sudah ada. Gawat kan? Menurut Dr. Dwiana, hal ini sering terjadi pada kasus keputihan.

Banyak perempuan merasa malu mengutarakan penyakit yang berhubungan dengan area bawah ini. Bahkan beberapa dari mereka menganggap keputihan adalah hal wajar sehingga tidak perlu diobati.

Banyak di antara kita yang belum menyadari bahwa keputihan bisa menjadi tanda awal dari penyakit yang lebih berat, hingga menyebabkan kemandulan atau kanker (kanker rahim atau kanker indung telur).

Sekitar 75 persen perempuan mengalami setidaknya sekali infeksi jamur vagina selama hidupnya. Anda bisa mencegahnya dengan cara berikut ini :

  1. Gunakan celana dalam katun. Hindari pemakaian panty liners yang bisa meningkatkan risiko kekambuhan infeksi jamur vagina. Jamur biasa berkembang dalam lingkungan lembab. Sebagai gantinya gunakan pembalut tipis yang daya resapnya tinggi untuk membuat kulit anda dalam keadaan kering sehingga mengatasi timbulnya jamur dan masalah alergi kulit. .
  2. Hindari celana ketat. Sebaliknya pilih celana pendek atau celana panjang longgar agar daerah intim tetap kering, adem, dan sirkulasi udaranya baik.
  3. Ganti pakaian basah, terutama seusai berolahraga (misalnya setelah melakukan senam aerobik).
  4. Jauhi douches, bedak beraroma, tampon, dan semprotan deodoran kewanitaan. Produk-produk ini mengandung bahan kimia dan parfum yang mengganggu keseimbangan bakteri baik dan mikroorganisme lain dalam vagina.
  5. Bersihkan organ kewanitaan dari arah depan ke belakang guna mencegah penyebaran bakteri dari anus ke vagina.
  6. Bila Anda mengidap diabetes, kontrol gula darah guna mengurangi risiko infeksi jamur. Kadar glukosa darah yang tidak terkontrol berhubungan dengan berbagai infeksi.
  7. Mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur hidup Lactobacillus acidophilus guna mencegah infeksi jamur.
  8. Bila Anda terkena infeksi jamur vagina setelah mengonsumsi antibiotik, bicarakan dengan dokter tentang terapi sebagai tindak pencegahan di awal dan akhir konsumsi antibiotik.
  9. Lakukan diet sehat dan kelola stres dengan baik. Meski belum dikonfirmasi lewat penelitian medis, sejumlah perempuan mengatakan bahwa terlalu banyak gula dan stres bisa memicu
    infeksi jamur.
  10. Jika pipis di tempat umum bilas dengan air yang keluar langsung dari kran air.

 

Cara mengobati gatal2 disekitar organ intim akibat keputihan atau alergi (pengalaman pribadi saya):

  1. Untuk anak2 Balita, oleskan salep Mico Z (untuk balita bisanya karena ruam popok, alergi (bahasa kerennya dermatitits diapers) dan waktu mandi pakai sabun sebamed.
  2. Untuk  Ibu2: Gunakan salep Nizoral dan Suppositoria (yaitu pemberian obat melalui vagina) bernama Flagystatin Vaginal Ovule 500 gram. FLAGYSTATIN VAGINAL OVULE, bentuk seperti kapsul yg di masukan ke vagina. FLAGYSTATIN VAGINAL OVULE ini harus disimpan di lemari es karena cepat lumer. Biasanya 3-5 hr kemiudian akan sembuh. Tujuan pemberian obat pada vagina: mengobati inveksi pada vagina, menghilangkan nyeri, rasa terbakar dan ketidak nyamanan pada vagina, mengurangi peradangan.
    Cara pemakaian suppositoria: satu ovula dimasukkan sedalam mungkin ke dalam vagina setiap hari sebelum tidur. Pemakaian selama masa haid (menstruasi) tidak dianjurkan.
    Sharing dari Lulu (Submitted on 2015/06/16 at 7:42 am) dan April Budi (Submitted on 2015/06/16 at 1:11 pm): Harga perbutir Flagystatin antara Rp.17.000 – Rp.20.000,- Sebaiknya dibantu dengan Biatron 500MG atau Metronidazole 500mg 2×1 tab (sharing dari Vira Submitted on 2015/11/01 at 10:44 am) untuk obat minumnya.
    Buat cebok nya sebaiknya pakai Lactacyd Vagina. Buat gatal dibagian luar vagina sebaiknya pakai salep Nizoral.

    Flagystatin Vaginal Ovule 500 mg

  3. Untuk anak2 remaja yang masih SMP misalnya, jika terkena keputihan dan gatal2 di sela2 paha cukup minum  sekali obat Diflucan Fluconazole 150 mg 1 tablet saja (resep dokter spesialis)
    Kapsul Diflucan Fluconazole 150 g

    Kapsul Diflucan Fluconazole 150 g

    dan ketika mau selesai mandi setiap hari aplikasikan ProDiva Gel di sela paha yang gatal (di bagian luar daerah intim dari depan ke belakang ke arah rektum) untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di daerah vagina, untuk melindungi dan mengurangi gejala iritasi bagian luar vagina. Prodiva Gel merupakan pelembab ekstra yang dapat digunakan untuk kulit yang sensitif. Iritasi menimbulkan rasa gatal. Iritasi menyebabkan kulit kering. Jadi Prodiva Gel dapat melembabkan kulit yang kering sehingga mencegah munculnya iritasi yang menyebabkan rasa gatal.

    Pro Diva Gel 30 g

    Pro Diva Gel 30 g

    sehabis mandi oleskan Mico-Z Ointment Nystatin-Zin Oxide untuk menghilangkan rasa gatal di sela2 paha

    Mico-Z Ointment Nystatin-Zinc Oxide 10 g

    Mico-Z Ointment Nystatin-Zinc Oxide 10 g

Jika keluar cairan atau lendir berwarna bening, kental dan baunya sedikit agak tidak enak adalah hal yang normal. Ini merupakan proses alamiah yang berkaitan dengan kondisi masa subur seorang wanita. Wanita yang normal pasti mengalami kondisi seperti ini. Biasanya muncul setalah haid (3-7 hari setelah haid). Masa-masa subur seorang wanita ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina yang memang dpersiapkan oleh tubuh untuk memasuki fase pematangan pembuahan sel telur serta kehamilan. Biasanya setelah 7-1 hari kemudian cairan ini secara perlahan akan berkurang bahkan menghilang.

Risa 2016/06/29 at 22:44: Saya cepet sembuh dgn pake flagystatin dibarengi flagyl forte yg pernah saya minum untuk keputihan, untuk yg sedang keputihan nya bau menyengat saya sarankan untuk minum flagyl forte biasa sehari minum besoknya udah mendingan karna temen saya sudah banyak yg sembuh juga dgn minum flagyl forte dan coba barengin dgn flagystatin nya.

Shev Dyan  2016/06/28 at 00:12 : Boleh digunakan pada ibu hamil krn saya semenjak belum hamil smpe hamil kena jamur candida ini bund.

Mufida  2016/06/27 at 21:05 : Kmrn sy periksa ke dokter dan dikasih obat flagystatin ovula itu. Sy dikasih tau tdk boleh berhubungan intim selama 7hr krn obatnya untuk 7hr.

Update 03/01/2012, 11/10/2015, 01/07/2016, 08/09/2016, 30/10/2016

Link Terkait: Kotak Obat Keluarga

Copyright © Anita Handayani