Semua wanita pasti senang me make up wajahnya agar kelihatan cantik terutama jika akan mengikuti acara2 khusus seperti acara wisuda dan pernikahan, oleh sebab itu saya ingin membagikan pengetahuan tentang Tip’s Makeup Wajah dari Rini Pengajar Modelling Make up “La Tulipe” yang saya dapatkan ketika mengikuti acara Kartinian di kantor saya yang diadakan oleh Ibu2 Darmawanita.  Semoga bermanfaat :)

Tips makeup wajah berikut ini sangat sederhana namun mampu memberikan kecantikan alami yang mempesona bagi setiap wanita yang ingin selalu tampil dengan performance yang terbaik dalam setiap aktifitasnya. Kini make tidak harus dilakukan di salon oleh ahli tata rias professional karena dengan mengikuti tips berikut ini dijamin Anda akan mampu tampil layaknya seorang artis populer .

Masih banyak tips lain untuk make up wajah ini yaitu dengan menggunakan produk – produk kosmetik tertentu. Namun dengan menerapkan tips make up sederhana ini, Anda sudah bisa percaya diri dengan wajah yang cantik dan mempesona.

Produk Kosmetik La Tulipe

Produk Kosmetik La Tulipe

Berikut Tip’s Makeup Wajah dari Rini Pengajar Modelling Make up “La Tulipe” yang saya dapatkan ketika acara Kartinian di kantor yang diadakan oleh Ibu2 Darmawanita IPB:

  1. Sebelum memulai make up wajah sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah dilanjutkan dengan pemberian toner dan pelembab agar hasil akhir makeup lebih maksimal. Pakai pelembab, pakai ampul collagen lotion “la tulipe” untuk membuat make up tahan lama. Ampul bisa dipakai tiap malam agar kulit kenyal

  2. Pakai pelembab gel untuk wajah

  3. Pakai alas bedak yang sesuai dengan warna kulit yaitu warna yellow orange, caranya di tepuk2 untuk menutupi kekurangan wajah kita.

  4. Beri Smoth Colector Foundation warna gelap untuk membuat hidung mancung dan untuk menutupi pipi yang tembem. Gunakan concealer untuk perataan dan menyamarkan flek pada wajah seperti bekas jerawat serta untuk menyamarkan lekukan kantung mata Anda.

  5. Beri bedak tabur karena tekstur lebih halus.

  6. Lalu pakai bedak padat 3 warna, yang putih diberikan dibawah mata, bedak yang gelap diberikan ke shading yang gelap tadi di hidung dan pipi. Gunakan kuas (brush) pada saat memoleskan bedak dilanjutkan dengan menggunakan spon untuk meratakannya. Lalu terakhir berikan bedak yang sama dengan kulit disemua wajah.

  7. Memberikan alis jangan terlalu ditekan, cukup diarsir. Bulu alis turun memberikan kesan mengantuk/sedih. Alis berperan besar dalam menentukan kesan wajah seseorang. Warna pensil alis jangan pakai warna hitam. Untuk menutupi bulu alis yang turun ditutup dengan foundation warna paling putih. Bentuk alis sesuai dengan postur wajah dan pertegas dengan menggunakan pensil alis. Pilih warna yang tidak gelap seperti coklat dibandingkan hitam agar tidak tampak tua. Bentuk alis secara tidak langsung ikut mempengaruhi karakter wajah. Bentuk alis yang berlebihan (terlalu tebal, tipis dan melengkung) akan membuat karakter wajah menjadi aneh dan tidak natural. Bentuk alis terbaik biasanya bentuk alamiah alis anda. Jangan mengubah seluruhnya. Anda terlahir dengan alis yang tepat untuk wajah anda. Biarkan alis anda jadi panduannya. Panjang alis harus sepanjang mata atau sedikit lebih panjang. Untuk mendapatkan panjang yang tepat, ambil pensil dan pegang sejajar dengan samping hidung anda. Buat titik dengan pensil putih pada pertemuan pensil dengan alis. Untuk menemukan ujung alis, ambil pensil dan pegang diagonal dari lubang hidung ke sudut luar mata, dan tandai bagian dalam pensil. Ujung alis anda berakhir disini. Bentuk alis kadang kala menunjukkan karakter seseorang. Misalnya, alis yang tebal dan hitam memberi kesan tegas, bahkan galak. Alis juga bisa membuat wajah tampak muda atau tua. Bentuk alis yang ideal adalah yang natural dan melengkung alami dengan mengikuti lekukan tulang diatas mata adalah yang dianggap ideal. Membentuk alis bisa diibaratkan dengan melukis. Maka, bila Anda ingin mengubah bentuk atau sekedar merapikan alis, sebaiknya pelajari trik-triknya. Setelah itu, lakukan dengan penuh kesabaran.

  8. Rumus Membentuk Alis:
    Bentuk alis yang baik adalah bagian badan dan ekor alis berbanding 2:1.
    Cara membentuk alis yang indah adalah sebagai berikut :
    – Peganglah sebatang pensil vertikal, dari pangkal hidung melewati batas mata bagian dalam mengarah ke pangkal alis. Berdasarkan garis inilah (A-B) pangkal alis dibentuk atau dicukur, bila alis terlihat melebihi garis.
    – Peganglah pensil secara menyerong (diagonal) dari luar cuping hidung ke sudut mata sebelah luar sehingga didapatkan garis imajiner B-C (titik C adalah batas ujung alis).
    – Usahakan untuk mendapatkan garis mendatar atau sama rata antara pangkal alis dan ujung alis (garis A-C).
    – Untuk mendapatkan titik tertinggi alis, ikuti lekukan alami tulang pada alis. Tinggi alis dibuat sejajar bagian luar kornea mata anda.

  9. Cara Membentuk Alis:
    1. Sikat alis ke arah atas dengan sikat alis
    2. Gunakan pensil atau sikat alis untuk mendapatkan titik-titik sesuai rumus membentuk alis.
    3. Cukur atau cabuti alis untuk mengoreksi bentuknya. Ratakan bulu alis yang terlalu panjang.
    4. Untuk mempertegas alis, bubuhkan pensil alis dengan warna yang mendekati warna asli alis.
    5. Gunakan bagian tebal untuk membentuk alis dari pangkal alis hingga bagian tengah. Pulaskan lembut mengikuti arah alis.
    6. Gunakan bagian runcing untuk membentuk alis
    5. Terakhir, gunakan sikat untuk merapihkan dan membuat alis tampak natural.

    Tip’s: Untuk membuat alis tetap rapi, oleskan maskara hitam atau bening.

  10. Pakai Eyeshadow base di kelopak mata, agar tahan ditekan secara halus.

    Makeup yang cantik

    Illustrasi yang tepat untuk menerapkan Eyeshadow

    Illustrasi yang tepat untuk menerapkan Eyeshadow

    Cara memakai Eyeshadow:
    1. Kulit di kelopak mata lebih tipis daripada kulit wajah, karena itu hindari mengoleskan foundation/alas bedak di kelopak mata. Agar eyeshadow menempel dengan sempurna, gunakan foundation khusus untuk eyeshadow atau jika tidak ada, cukup gunakan krim mata. Krim/balsam yang mengandung petroleum jelly juga dapat digunakan sebagai alas eyeshadow.
    2. Jika ingin make up natural, pulaskan eyeshadow dengan kuas kering. Jika ingin warna eyeshadow lebih “keluar”, gunakan kuas lembab. Basahi kuas, lalu tekan-tekan kuas ke tisu agar menjadi lembab.
    3. Ada bermacam-macam, gaya pulasan eyeshadow.
    Macam-macam Gaya Pulasan Eyeshadow:
    * Satu warna untuk daerah kelopak mata.
    Cara make up mata seperti ini cocok digunakan untuk make up natural sehari-hari, misalnya untuk ke kantor. Gunakan warna warni hangat seperti cokelat, beige, pink kecoklatan.
    * Warna gelap untuk daerah kelopak mata, dan warna terang untuk daerah dibawah alis mata.
    Warna terang dibawah alis mata bertujuan untuk mempertegas bentuk alis dan menonjolkan warna eyeshadow di kelopak mata
    * Warna terang untuk daerah kelupak mata, lalu timpa dengan warna gelap di sudut kelopak mata bagian luar.
    Baurkan kedua warna untuk mendapatkan gradasi warna yang cantik. Butuh lebih banyak waktu untuk membaurkan warna, namun bila sudah terbiasa hasilnya lebih baik. Cocok digunakan untuk pesta.
    4. Tips: Bubuhkan sedikit eyeshadow warna putih di sudut mata bagian dalam untuk membuat kesan segar. Jaga kebersihan kuas eyeshadow agar terhindar dari bakteri, cucilah minimal seminggu sekali (atau tergantung frekuensi pemakaian) dan selalu simpan dalam kondisi kering.
    Pulaskan Eyeshadow warna putih di sudut mata bagian dalam
    5. Jangan takut untuk bermain warna, dan sesuaikan warna eyeshadow dengan aksesoris rambut/busana yang dikenakan.

  11. Pakai eye shadow natural no. 15 dan 11 coklat, tembaga dan kuning dibawah alis. Siang pakai yang dove jangan yang mengkilat. Gunakan eyeshadow dengan warna –warna yang sesuai dengan selera Anda terutama sekali juga harus cocok dengan warna kulit wajah Anda agar lebih tampak bersinar, segar dan muda.

  12. Solasi Mata atau Scote Tape untuk membuat mata tidak kelihatan ngantuk. Digunakan untuk mata dengan kondisi tanpa kelopak (mata sipit). Efeknya dapat memperindah bentuk kelopak mata sehingga eye shadow atau perona mata terlihat sempurna di mata.
  13. Pakai Eyeliner untuk mempertegas bentuk mata yang diberi eye shadow. Fungsi utama Eyeliner adalah membingkai mata dan menutupi kekurangan bentuk mata. Jika Anda merasa bentuk mata kurang sempurna (seperti turun, terlalu sipit, kendur dsb.) maka eyeliner merupakan alat yang tepat untuk menyempurnakan bentuk mata Anda. Umumnya eyeliner yang digunakan untuk sehari-hari adalah warna gelap (seperti hitam, coklat, biru dan hijau). Eyeliner diaplikasikan setelah terlebih dahulu memulas atau memakai Eyeshadow. Eyeliner pensil diberikan dipinggir mata atas. Berikan mulai dari dalam keluar dan bawah arah dari luar ke dalam. Mulai lebih tebal akhir tipis. Gunakan eyeliner secukupnya dan tidak berlebihan agar wajah tidak tampak lebih tua. Gunakan eyeliner berbentuk pensil.
    Jenis-jenis Eyeliner:
    1. Eyeliner Pensil
    Eyeliner jenis ini paling mudah diaplikasikan dan juga paling alami. Penggunaannya bisa tipis-tipis dan samar-samar, cocok untuk pemula yang baru belajar menggunakan eyeliner, atau untuk penggunaan sehari-hari. Kelebihannya yaitu mudah dibersihkan hanya dengan air, namun kekurangannya adalah mudah luntur dan mudah terhapus.
    2. Eyeliner Cair
    Eyeliner jenis ini adalah yang paling sulit penggunaannya, meskipun hasil yang dihasilkan sangat baik dan dramatris serta bertahan lama. Eyeliner cair cocok digunakan untuk pesta atau acara-acara khusus. Diaplikasikan dengan kuas.
    3. Eyeliner Spidol atau Eyeliner Stik
    Eyeliner spidol memiliki kelebihan pengaplikasiannya mudah, sama seperti eyeliner pensil, dan hasilnya sebaik eyeliner cair. Bentuknya berujung tajam dan basah seperti spidol.
    Cara Memakai Eyeliner pada Kelopak Mata Bagian Atas:
    – Posisikan diri Anda senyaman mungkin di depan cermin, paling baik adalah posisi duduk.
    – Pejamkan satu mata yang akan dipakaikan eyeliner
    – Dengan jari tengah tangan yang tidak memegang eyeliner,
    tarik perlahan sudut mata sebelah luar
    – Perlahan aplikasikan eyeliner tepat diatas garis bulu mata,
    mulai dari sudut mata bagian dalam hingga sudut mata bagian luar.
    Aplikasikan dalam satu garis.
    – Buka mata dan perhatikan hasilnya. Aplikasikan lagi jika dirasa kurang tebal.    Tip’s: Untuk efek mata terlihat segar, aplikasikan eyeliner warna putih/terang pada sudut mata bagian dalam.

    neutral-cut-crease_look

    Foto eyeliner warna putih pada bagian bawah mata.

    Alternatif lain: Aplikasikan eyeliner warna putih pada bagian bawah mata seluruhnya. Seringkali kita menemukan kesulitan menerapkan cara makeup mata dengan memakai eyeliner cair. Namun jika sudah terbiasa menggunakannya, maka eyeliner cair dapat menjadi senjata andalan untuk membuat mata terlihat dramatis dan cantik.

    Eyeliner

    Foto sebelum dan sesudah menggunakan eyeliner. Terlihat pada foto sebelah kanan, mata lebih ‘hidup’.

  14. Pakai Bulu Mata Palsu dan Mascara
  15. Pakai Blush On yaitu perona pipi mulai dari pelipis kearah hidung bolak balik makin keatas makin tipis. Gunakan blush on dengan warna segar seperti pink atau peach. Blush on atau perona pipi berguna untuk memberi warna dan kehangatan pada wajah. Tampilan yang paling wanita ingin dicapai adalah wajah segar bercahaya, hangat dan alami. Blush on tersedia dalam bentuk bubuk, krim atau cair dan dalam berbagai macam warna. Blush on krim akan tampak lebih sempurna kalau wajah kita tidak bermasalah. Blush on jenis krim sangat sensitif untuk kulit bermasalah. Blush on krim lebih cocok untuk kulit kering dan normal. Umumnya kebanyakan wanita lebih suka menggunakan blush on bubuk/powder karena lebih mudah untuk dipakai. Jenis blush on bubuk dapat dipakai untuk semua jenis kulit, terutama untuk yang memiliki kulit berminyak karena akan mengurangi minyak yang ada selama dipakai. Blush on bubuk berbentuk padat, blush on ini hanya digunakan saat kita telah menggunakan foundation dan bedak. saat kita telah menggunakan foundation dan bedak. 
    Cara memakai Blush On 
    yang mudah adalah:
    Dengan menyapu blush ke bawah dari telinga sampai pertengahan pipi, dimulai setara dengan bagian atas telinga dan berakhir pada akhir tulang pipi Anda. Pilih jenis blush on yang cocok dengan jenis kulit Anda. Blush on krim diterapkan untuk kulit kering. Blush bubuk diterapkan untuk kulit berminyak. Gunakan putaran penuh kuas untuk mengaplikasikan blush bubuk, karena akan memberikan tampilan lebih ringan dan profesional. Aplikasikan bedak blush on Anda bolak-balik dan kemudian pipi Anda terlihat seperti apel merah.
  16. Pakai Lip Moisturizer yaitu pelembab bibir
  17. Pakai Lipstik no.20, bikin garis dulu baru beri dalamnya lipstik warna soft jika memakai perona mata yang tegas. Gunakan lipstik berwarna sama atau lebih tinggi satu tingkat dari warna bibir Anda untuk menambah daya kecantikan make up. Jika memakai lipstik dengan warna menor maka pakailah perona mata yang soft.
  18. Tambahkan Lip Gloss agar bibir terlihat selalu fresh dan basah.

Masih banyak tips lain untuk makeup wajah ini yaitu dengan menggunakan produk–produk kosmetik tertentu. Namun dengan menerapkan tips makeup sederhana ini, Anda sudah bisa percaya diri dengan wajah yang cantik dan mempesona.

Copyright © Anita Handayani

18 September 2012
4 Pebruari 2013
13 Maret 2015
Last Update 15 Desember 2015