Cara Merubah Background Foto:

  1. Buka program Adobe Photoshop

  2. Open file foto yang mau diganti backgroundnya

  3. Pilih Polygonal Lasso Tool pada toolbox. Gambar perbesar jadi 200% agar mudah diseleksi.

  4. Cara menggunakan polygonal lasso cukup mudah, klik kiri 1x (lalu langsung lepas kliknya, klik lepas, jangan di tahan), bawa kursor ke titik berikutnya dan dengan cara yang sama buat titik-titik hingga mengelilingi objek lalu kembali ke titik semula.

  5. Jika ada titik yang salah (salah klik/titik yang dibuat kurang tepat) cukup tekan tombol BACKSPACE (tombol untuk menghapus), secara otomatis titik yang salah tersebut akan hilang.Aturan pengunaan polygonal lasso cukup mudah, jarak antar titik boleh jauh asalkan bukan area melengkung (seperti kepala), untuk area lengkung jarak antar titik harus dekat. Jangan klik kiri 2x dalam satu titik, tindakan ini akan menyebabkan seleksi tertutup, jika seleksi sudah tertutup maka anda harus mengulang seleksi dari awal dan yang terakhir, gunakan tombol SPASI (tahan) untuk menggeser area gambar.Seleksi secara perlahan hingga mengelilingi objek gambar dan kembali ke titik semula. Maka titik-titik yang membentuk garis tadi akan berubah menjadi seleksi (garis putus-putus).
  6. Copy pastekan pada background yang diinginkan, misalnya ingin menggunakan warna background merah.
  7. Jika mau mengecilkan atau memperbesar gambar: pilih menu Edit / Free Transform.
  8. Perlu anda ingat, dalam mengubah ukuran gambar harus menahan tombol ALT dan menarik gambar dari sudut, tidak boleh dari atas – bawah – kanan – atau kiri, ingat ! harus dari sudut dan tahan tombol ALT agar perubahan gambar tetap proporsional (tidak gepeng / distorsi).
  9.  
  10. Tekan CTRL + ENTER jika perubahan dirasa sudah cukup.
  11. Selesai !