Internet merupakan perpustakaan modern yang menyimpan berbagai jenis data diri berbagai negara, tidak seperti perpustakaan umum yang berisi buku. Perpustakaan buku dibatasi oleh ruang gedung dan rak buku. Sementara di internet, data begitu melimpah, bahkan seperti lautan data sehingga bila pencarian data tidak tepat maka akan banyak makan waktu dan uang, seperti mencari jarum yang jatuh ke dalam tumpukan jerami.

Data di internet semakin hari semakin bertambah banyak dan semakin beragam.  Oleh karena itu, sebelum menjelajah dunia internet, user atau pemakai harus menentukan dulu tema, masalah, topik, atau bahan yang akan dicari.

Untuk mengakses situs, user dapat menggunakan dua cara, sebagai berikut:

  1. Pemasukan alamat dari situs tersebut yang dikenal dengan istilah URL (Universal Resource Locator).  URL mempunyai bentuk dasar yaitu protocol://hostname.
    Contoh URL atau alamat situs dari Institut Pertanian Bogor adalah http://www.ipb.ac.id
    Cara Penelususran Informasi Melalui Internet
  2. Pengaksesan dengan mesin pencari situs (search engine) seperti Google (http://www.google.com) dan Yahoo (http://www.yahoo.com).  Mesin ini seperti laci katalog di perpustakaan dengan jutaan indeks sebagai subyek informasi.  Pada kotak dibawah tulisan Google ditulis  site + institut pertanian bogor yang berarti situs atau website Institut Pertanian Bogor.
    site+institut pertanian bogor

    Contoh lain, bila ingin mencari informasi tentang cara pengendalian penyakit layu bakteri (bacterial wilt) atau Pseudomonas solanacearum pada budidaya tanaman tomat, kitadapat mencarinya melalui mesin pencari situs seperti Yahoo dengan menuliskan kata dalam bahasa Inggris (karena informasi di internet mayoritas ditulis dalam bahasa Inggris).

    tomato+bacterial wilt+controlling

    atau

    tomato+pseudomonas solanacearum+controlling

    atau dengan bahasa Indonesia:

    tomato + layu bakteri + pengendalian

     

    lalu tekan cari (search atau go) atau tekan enter.

    Contoh lain, untuk mengetahui harga sayur di Pasar Induk Kramat Jati, kita ketik pada mesin pencari situs seperti www.yahoo.com atau www.google.com dengan kata-kata berikut:

    harga + sayur + kramat jati

Selain dengan menuliskan subyek yang akan dicari, kitapun dapat mencari informasi di direktori mesin pencari tersebut.  Mesin pencari mengklasifikasikan atau menggolongkan data berdasarkan topik dan abjad seperti art (seni), business (bisnis), education (pendidikan), health (kesehatan), religion (kepercayaan), dan science (ilmu pengetahuan).

Kelompok science dibagi lagi menjadi agriculture (pertanian), biology (biologi), chemistry (kimia), dan lain-lain.

Kelompok pertaian tersebut diurutkan kembali berdasarkan abjad, seperti agriculture economic (ekonomi pertanian), agriculture engineering (teknik pertanian), aquaculture (budidaya perairan), sampai soil (tanah).

Mesin pencari yang menggolongkan data berdasarkan topik diantaranya ialah:

  1. yahoo.com
  2. hotbot.com
  3. dmoz.org.com
  4. google.com
  5. ask jeeves.com
  6. suite1.com
  7. dan masih banyak lagi.

Pencarian juga dapat dilakukan dengan mesin pencari (search engine) Indonesia seperti searchindonesia.com

Informasi yang diperoleh melalui penelusuran tersebut semuanya gratis, tetapi harus disalin dan di kopi ke hardisk.  Ada juga yang diperoleh harus dengan membayar atau perlu biaya download atau dibeli, yaitu software (perangkat lunak).

Walaupun demikian, ada software yang dapat diperoleh secara gratis.

Penulis: Anita Handayani