Perempuan dan Internet

Perempuan dan Internet

Makmin Irma Susanti
Perempuan dan Internet

Oleh: Anita Handayani


Menurut Kementrian Pemberdayaan Perempuan, bidang teknologi, khususnya TIK (Teknologi Infomasi Komputer), masih sangat dekat dengan identitas laki-laki sedangkan perempuan
 sering kali hanya sebagai obyek. Sedangkan kuantitas jumlah perempuan hampir separuh dari penduduk Indonesia yang merupakan potensi jika diberdayakan dengan baik.

Maguire (2001) melaporkan hasil studi yang dilakukan oleh Academy for Educational Development. Dari data sekitar 30 negara, terlihat bahwa pengguna internet di negara-negara berkembang kurang dari 1 persen dari total populasi. Sedangkan perempuan pengguna internet hanya 22 persen di Asia, 38 persen di Amerika Latin, 6 persen di Timur Tengah, dan hanya sedikit di Afrika.

Pengguna internet dari kalangan perempuantersebut lebih banyak berasal dari daerah perkotaan, berpendidikan tinggi, dan sebagian besar menggunakan komputer dalam pekerjaan rutin di perkantoran sebagian besar menggunakan komputer dalam pekerjaan rutin di perkantoran. Kalau sedang dalam perjalanan barulah perempuan menggunakan handphone/gadget/tablet untuk akses intenet.

Berbagai kendala yang dihadapi kaum perempuan dalam mengakses teknologi informasi diantaranya adalah tingkat ketrampilan dan pendidikan yang rendah, masalah bahasaketerbatasan waktumasalah biaya akses nternetketerbatasan lokasi fasilitas koneksinorma budaya dan sosialserta ketrampilan manajemen dan komputer yang tidak memadai.

Penggunaan internet oleh kaum ibu mempunyai dua sudut pandang yaitu penggunaan internet oleh dirinya sebagai perempuan dan penggunaan internet oleh anak-anaknya. Penggunaan internet untuk kebutuhan pribadinya bisa mencakup berbagai motif atau kebutuhan mengenai berbagai informasi yang mungkin berkaitan dengan pekerjaan,  dunia keperempuanan atau rumah tangga masalah pekerjaan, dunia keperempuanan atau rumah tangga, yang mungkin mempunyai pertimbangan atau persepsi yang berbeda dengan kaum laki-laki.

internet merupakan sebuah jaringan komunikasi global.  Sejuta manfaat bisa didapatkan hanya bermodalkan kemampuan dan kemauan menggunakan internet. Misalnya berkorespondensi dengan rekan, relasi, sahabat dan handai taulan kita di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia dengan mudah, murah dan cepat.

Korespondensi tersebut dapat dilakukan dengan mengirim pesan/surat  dengan menggunakan email (Electronic Mail), facebook, skype, twitter dan lain sebagainya.  Dan sebagai media informasi, internet juga bisa menghasilkan berita-berita terbaru yang up to date, yang tidak kalah dengan koran maupun majalah.  Sehingga dapat  mengurangi biaya kertas artinya menggurangi penebangan pohon yang semakin merajalela untuk pembuatkan kertas.

Melalui internet para perempuan  juga bisa leluasa mendapatkan data dan informasi untuk membantu tugas sekolah/kampus atau pekerjaanmendapatkan informasi/berita nasional maupun mancanegaramencari pekerjaan ataupun beasiswamengumpulkan resep makanan hingga kiat berumah-tanggamemperluas jaringan pertemanan (misalnya mejadi anggota group Kumpulan Emak2 Bloggerdan bisnis toko onlinebahkan termasuk menggali ilmu tentang kesehatan dan agama.

Namun tidak seluruh isi di internet dapat bermanfaat, jika perempuan tidak pandai-pandai menggunakannya.  Sebab sifat internet cenderung bebas tanpa kontrol atau tanpa dikuasai pihak manapun, maka ada saja materi atau isi yang bersifat negatif di internet ataupun  yang dikirim dan atau terkirim melalui internet.   Sebutlah semisalnya  pornografiperjudiankekerasan (sadism) dan rasialisme.


Belum lagi dengan aneka macam
program jahat (virus, worm, Trojan horse, spyware) yang dapat mencuri bahkan merusak data di computer, serangan e-mail sampah (spam)penipuanpelanggaran privasi hingga  pelecehan seksual.

 

Hanya dengan pemahaman yang cukup tentang internet serta didukung kedewasaan para perempuan dalam memilih maupun memilah hal yang baik dan buruk, maka perempuan dapat memaksimalkan dampak positif internet dan sekaligus meminimalkan dampak negatifnya.

LineScreenshot Fanpage Fagebook KEB LineLineScreenshot Follow Twitter KEBLine

*Tulisan ini dibuat dalam rangka seleksi tahap II #50FinalisSB2014 yang diselenggarakan oleh KEB.

Situs Pribadi Anita Handayani yang bekerja di Institut Pertanian Bogor, berisi profil dan keluarganya, juga berisi kumpulan kegiatan arsiparis, komputer, dan fotografi serta berbagai artikel yang bermanfaat.

98 Comments on “Perempuan dan Internet

  1. OOT, Jeng Anita. Aku suka cangkir dan tempat susu yang berlogo IPB. Hihi. Ayahku, aku, suami dan anakku kuliah di IPB soalnya jadi lucu juga kalau punya satu set cangkir itu…

  2. Benar sekali Mak, dengan internet perempuan dibebaskan sekaligus diberi tanggung jawab moral untuk mengendalikan penggunaannya. Mari kita raih manfaat sebanyak-banyaknya dari penggunaan internet. Mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan, hasta karya, finansial dsb.

  3. Wow… ternyata kita satu almamater ya? Aih senang nya saya AGB16, sudah tiga nih yang aku tahu sama almamaternya dengan kita yaitu Cucuth Echa FKH lalu Utari Evy Cahyani AGB41, dan dirimu. Dulu Mak Dina angkatan berapa dan ambil program studi apa?

  4. Mak Anita ^^ salam kenal yaa..
    perempuan bisa lebih pintar karena memanfaatkan internet sebagai media belajar..
    mak Anita tulisannya okeee..

  5. Selamat ya kenaikan pagerank-nya. saya paling ngiri sama Alexa-nya yg seramping itu. 36.038… ckckck…. diet saya gagal terus…. alhasil ya bengkak aja.
    komentar OOT. xixi.. tapi saya baca kok. pengen belajar cara bikin artikel efektif agar dijadikan favorit google.

  6. Suka sama fotomodelnya 🙂
    Hari ini aku nginstal ulang netbuk yg kena virus..hiy kapok deh nginstal program dari internet 🙁
    Semoga sukses untuk Mak Anita ^_^

  7. mak Anita keren euy,
    baca profilnya juga wowww

    berinternet itu perlu kedewasaan ya, agar tidak galau buka sana sini 😉

  8. Baru pertama kesini Mak Anita…langsung kagum dengan Mak Anita…sukses untuk langkah selanjutnya Mak.. 🙂

  9. ada raffi digendong dibelakanggg hihiihi
    yup, mari kita mengambil isi dan konten positif dari internet mak ^^
    semoga menang mak sukses :*

  10. Keasyikan berinternet akan terganggu jika ada virus dan spam ya Mak…
    Tapi memang, yang penting adalah perempuan kudu cerdas dan bijaksana dalam memanfaatkan internet 🙂
    Sukses ya Mak

  11. datang berkunjung mba anita, internet itu memeberikan dua sisi ya postif dan negatif, apalagi kita perempuan harus pandai2 menggunakannya dngn tepat :), postingan cihuy maju terus smpai babak selanjutnya:)

  12. Manfaat internet harus banyak di share ke banyak orang terutama perempuan, karena mereka lebih dekat pada generasi penerus… semoga makin banyak yang tercerahkan ya mak 🙂

  13. Ya benar Mak Reni Judhanto, Perempuan memang kudu cerdas dan bijaksana dalam memanfaatkan internet. Terimakasih atas kunjungannya

  14. Eh iya…. ada Raffi digendong dibelakanggg hihihi. Ya benar kita harus mengambil isi dan konten positif dari internet. Terimakasih atas kunjungan Mak Echa

  15. Ya benar Mak Olive, bahwa berinternet itu perlu kedewasaan agar tidak galau buka sana buka sini. Makanya saya berusaha menulis artikel di blog ini yang bermanfaat bagi Emak2 dan Anak2

  16. Ya Mak Ida Nur Laila. Saya setuju kalau KEB menjadi wadah perubahan wanita dari obyek menjadi subyek. Hidup KEB !!!! Terimakasih Mak atas kunjungannya

  17. Terimaksih Mak Susindra atas kuunjungannya. Buattlah artikel yang unik, jangan copas, maka pasti akan djadikan favorite google

  18. Saya hobby menulis di blog, untuk berbagi pengetahuan kepada pengunjung. Terimakasih Mak Nia Haryanto atas kunjungannya. Amien…..

  19. Salam kenal juga buat Mak Arifah Abdul Majid. Ya benar Mak bahwa perempuan bisa lebih pintar jika memanfaatkan internet sebagai media belajar. Terimakasih Mak atas kunjungannya

  20. uhuukkk…. ada neng irma di sinih *blushing. xixixiii…neng, itu muka jutex benerr :)))

    Ayo tetep semangat hingga garis akhir mak, kalian memang emak-emak hebat… bangganya bisa berada diantara emak2 ini bersama klrg besar KEB *grouphug

  21. Aih senangnya dapat kunjungan Makmin Irma Susanti. Terimakasih Mak atas kunjungannya. Foto Mak disini aku suka, nenurutku cantik…

  22. Makin banyak perempuan mengakses internet lewat gadget, yang masih paling banyak diakses sepertinya socmed terutama Facebook. Masih ada yang kelepasan curcol masalah sensitif di socmed dan seperti yang Mak Anita tulis, harus hati-hati juga dengan ancaman pelanggaran privasi dan pelecehan di internet, ini banyak terjadi di socmed. Tapi di internet & socmed juga banyak memberikan manfaat, seperti komunitas KEB dimana saya bisa kenal para Emaks keren seperti Mak Anita. Semoga makin banyak perempuan Indonesia bisa menebar manfaat lewat internet 🙂

  23. Perempuan harus dewasa dalam menggunakan internet ya Mak .. sip.
    Ulasannya mantap 🙂
    Sukses yaa 🙂

  24. Setuju mba…makanya saya selalu berusaha ‘bijak’ menggunakan internet..tidak menjadi budaknya, tapi bisa terus merasakan manfaatnya…dan ternyata ngg mudaah..karena nyanduuu hehehehe…TFS et sukses SB 2014 ya mnaaa….

  25. Ya benar Mak Mugniar, jika perempuan tidak dewasa dalam menggunakan internet maka akan kebablasan dan melupakan tugas2 nya di dunia nyata. Terimakasih atas kunjungannya.

  26. Benar sekali Mak Heni Puspita, internet semakin mudah untuk dijangkau karena lewat gadget saja sudah bisa update status hehehe….. (Sssstt…. lihat tuh Makmin Irma Susanti lagi update status)

  27. haii mak salam kenal yaa 🙂
    suka sekali tulisanmu mak..perempuan memang hrs pinter2 dlm menggunakan internet krn memang tak semuanya bermanfaat..
    sukses utkmu mak 🙂

  28. Salam kenal juga buat Mak Enny Mamito. Ya benar, perempuan memang harus pinter menggunakan internet karena tidak semuanya bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

  29. Siapkan teh manis hangat dan cemilan buat makpan…… Selamat bertugas Makpan semoga sukses dalam menjalankan tugas. 💡 Terimakasih atas kunjungannya.

  30. hooh mak aku benar survey itu aku di rumah internetan pake PC, lebih enak ktimbang pk laptop, hp atau tab, tapi ngga enaknya ga bisa sambil tidur2an hehe

  31. Iya Mak Rahmi, aku juga lebih enak internetan pakai PC, lebih gampang buka banyak window daripada pakai laptop, hp, atau tab. Walaupun kelemahannya tidak bisa dilakukan sambil tiduran hehehe…. 🙂

  32. Penjelsannya runtut banget, Mba. Keterbatasan lokasi akses kadang masih menjadi kendala utama. Apalagi yang dipelosok, jaringannya ncip2. Hihihi

    Semoga lolos tahap berikutnya ya, Mba. 🙂

  33. Ya benar Mbak Idah Ceris, lambatnya akses internet masih menjadi kendala utama di Indonesia. Bahkan kalau di daerah pegunungan sama sekali kita tidak mendapat signal, ini pengalaman saya ketika pulang kampung ke Medan kemarin, signal internet benar2 nol. Aduh capek deh….. Terimakasih Mbak atas kunjungannya.

  34. halo mak… baru berkunjung nih. Setuju sekali mak, internet memang membuat penggunaan kertas bisa di minimalkan.Dan korespondensi jadi semakin cepat. Ya, menyenangkan bisa punya teman banyak lewat internet. Tapi ya itu tadi, harus bijak supaya nggak terjebak. Okey, mak.. sukses yaa. 🙂
    btw, salut dengan postingan list 50 calon finalis SB2014nya. Dalam kesibukan, mak Anita masih sempat menuliskannya. Keren deh. benar-benar bermanfaat. 🙂

  35. Ah, iya. Biaya akses internet ini emang masih jadi kendala bagi sebagian perempuan, ya Mbak. Kalau suaminya belum banyak menggunakan internet, istri kemungkinan besar juga bakalan terbatas juga aksesnya.

    Sukses buat srikandi bloggernya ya. 😀

  36. Mak Waya Komala, terimakasih atas kunjungannya. Ya Mak, jadi bisa mencegah penggundulan hutan. Berteman lewat internet memang harus hati2 jangan cepat percaya harus cek and ricek. Saya buat postingan list itu sampai jatuh sakit lho Mak karena lumayan siwer dan harus cek satu persatu yang datanya lumayan banyak, Itu saja masih saja ada 2 data twit nya yang salah, namun sekarang sudah saya perbaiki

  37. Benar sekali Mak Isnuansa, perempuan biasanya ngikut suami. Jadi kalau suami belum banyak menggunakan internet maka kemungkinan besar istri juga bakalan terbatas aksesnya 😀 Inilah kenyataannya…. (daripada berantem nantinya biasanya perempuan lebih memilih ngalah):(

  38. Aahh, mak anita, webnya kece nih.

    aku jg sebel bgt tuh mak klo ada spam di email. kadang email2 penting suka ga kebaca gara2 ketutup dan kehapus di spam :((

  39. Hai hai, Makjur mampir di sore hari 🙂

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  40. Senang sekali mendapat kunjungan dari Makjur Mira Sahid yang ayu, berwibawa dan baik hati. Terimakasih Mak atas kunjungannya. Saya buru2 kebelakang ambil minuman hangat dan cemilan buat menyambut kunjungannya 🙂

  41. Hai Mak Anita. Aku mampir. Nice postingan. Berdasarkan data memang perempuan yang punya akses ke internet kebanyakan, mereka yang berada di kawasan perkotaan. Itupun terkait dengan pekerjaan. Tapi kesadaran akan besarnya manfaat komunikasi, menjadikan internet sebuah alat. Positif atau negatifnya kembali kepada pengguna. Sayapun berpedapat sama.

  42. Artikel perempuan dan internet yang bermanfaat dan membuka wawasan ternyata masih sedikit kaum hawa yang menggunakanya

  43. Pemberdayaan perempuan untuk melek teknologi sangat bagus dan patut di apresiasi, sayangnya belum semua perempuan di negara kita”Indonesia” belum paham dan keterbatasan akses internet di daerah pedesaan,,,, untuk kedepannya bisa lebih maju lagi

  44. Artikel perempuan dan internet yang bermanfaat dan membuka wawasan ternyata masih sedikit kaum hawa yang menggunakanya

  45. Sekarang banyak juga perempuan menggunakan internet untuk memasang status galau di Facebook. Curhat isi belanga dan mengunggah sumpah serapah melalui ciutan di twitter.

  46. Perempuan harus bangkit. Memanfaatkan internet untuk menambah pengetahuan, mengasah keterampilan dan mengekpresikan diri.

    Panjang umur dan sehat selalu Bu Anita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*