Pengalaman mengikuti Lomba Canon PhotoMarathon 2016

Saya bersama Mbak Wina Van Dijk, yaitu kakak kelas di Canon School Photography

Saya bersama Mbak Wina Van Dijk, yaitu kakak kelas di Canon School Photography

Juara Umum Lomba Foto Canon PhotoMarathon Indonesia Tahun 2016

Juara Umum Lomba Foto Canon PhotoMarathon Indonesia Tahun 2016

Canon Photomarathon Indonesia 2016, dilakukan di 3 kota yaitu

  1. Surabaya
    Tanggal: 2016-10-22
    Waktu: Pk. 10.00 – 21.00
    Lokasi: Lenmarc Mall
  2. Yogyakarta
    Tanggal: 2016-10-30
    Waktu: Pk. 10.00 – 21.00
    Lokasi: Hartono Mall
  3. Jakarta
    Tanggal: 2016-11-12
    Waktu: Pk. 10.00 – 21.00
    Lokasi: Epiwalk, Epicentrum

Manfaat mengikuti Canon PhotoMarathon 2016:

  1. Ikut Lomba foto berhadiah Kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip Photo Clinic ke Jepang
  2. Ada hunting foto bareng
  3. Ada games berhadiah
  4. Ada Seminar Fotografi dibawakan oleh para fotografer ternama
    1. SURABAYA, oleh Justin Mott
    2. YOGYAKARTA, oleh Yulianus Ladung
    3. JAKARTA, oleh Misbachul Munir & Evy Aryati
  5. Ada Free Sensor Cleaning pada kamera
    (yaitu membersihkan debu yang menempel di sensor kamera DSLR)

    Sensor Cleaning

    Sensor Cleaning

    Sensor CMOS merupakan salah satu bagian penting pada Kamera Digital tipe SLR. Fungsi sensor ini seperti lembaran film pada Kamera Manual (Film Base Camera). Jika pada permukaan Sensor CMOS terdapat debu/kotoran yang melekat, maka bentuk debu/kotoran ini akan terlihat pada hasil image/ foto saat preview atau ketika dicetak dengan printer. Tentu hal ini sangat tidak diharapkan oleh fotografer manapun. Oleh karena itu Pembersihan (cleaning) perlu dilakukan.  Ini yang paling menarik, karena kalau diluar harganya bisa Rp. 300.000 per satu kali melakukan sensor cleaning lho :)
    Camera  Canon 6D saya yang baru 2 tahun yang lalu saya beli (6 April 2014), setelah mendapat service Sensor Cleaning  ternyata  foto yang dihasilkan menjadi bening banget beda dengan sebelumnya.  Terimakasih buat panitia yang menyediakan jasa ini, free pula.

  6. Ada free buku produk kamera terbaru
  7. Ada toko yang menjual perlengkapan kamera dengan harga lebih murah
  8. Ada jasa cetak foto dengan harga murah

Biaya pendaftaran sebesar Rp 153.571 per orang yang di transfer ke rekening :
BANK CENTRAL ASIA (BCA)
a/n SINTRA
a/c 1062273466

Setelah pembayaran terverifikasi, maka Anda akan menerima email konfirmasi berisi NOMOR PESERTA yang terdiri dari 5 huruf.  Nomor peserta saya 37781 , saya ikut yang di Jakarta.

Canon Photomarathon ini sangat unik jika dibanding lomba photo yang pernah ada. Selain pemotretan atau hunting photo dilakukan hari itu juga, seluruh foto yang dihasilkan para peserta Canon Photomarathon Indonesia 2016 ini akan dinilai dewan juri hari itu juga dan diumumkan siapa pemenangnya hari itu juga.

Satu tema diberikan waktu 1,5 jam untuk hunting foto.  Mikirin/menentukan mau motret apa  sesuai tema itu yang sulit buat pemula karena dibatasi waktu yang amat singkat.  Tapi heran sekali saya karena para juara bisa tahu ada kuburan dan orang yang bawa kerupuk di kampung padahal acara dilakukan di Mall Epicentrum Jakarta.

Selain itu, Canon Photomarathon Indonesia 2016 ini juga bisa dipakai sebagai sarana silaturahmi, ajang perkenalan, networking dan mendapatkan trik-trik baru dari pakar fotografi yang tidak pelit dalam berbagi ilmu fotografi. (Note: menurut saya penyampaian seminar ini kurang optimal dan gak banyak manfaatnya karena tidak didukung dengan sound sistem yang bagus, sehingga suaranya pecah tidak jelas terdengar).

Untuk Canon Photomarathon Indonesia 2016 ini bagian dari Canon Photomarathon Asia. Di 2016 ini, Canon Photomarathon Asia ini diselenggarakan di 11 negara, Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, India, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Taiwan, Sri Lanka, dan Brunei.

Mereka yang memenangkan photo kontes dari 11 negara tersebut akan diambil mewakili negaranya masing-masing kemudian dikumpulkan untuk mengikuti Trip Photo Clinic.

Juara umum dari Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta mewakili Indonesia untuk kemudian dikumpulkan dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2016 lainnya.

Para peserta photo clinic tersebut, akan dibawa ke sebuah tempat yang eksotis di Jepang yang selama ini dikenal sebagai destinasi para fotografer dengan didampingi mentor berkaliber internasional.

Canon Photomarathon Indonesia sudah tercatat di Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai acara lomba dan hunting foto dengan peserta terbanyak.

Ini hasil foto saya yang saya kumpulkan pada acara Canon Photomarathon Jakarta tanggal 12 November 2016 yang lalu:

Tema 1 : Saling Menghargai

Tema 1 : Saling Menghargai

Tema 2 : Sangat Bernilai

Tema 2 : Sangat Bernilai

Tema 3 : Bersinar melalui Kegelapan

Tema 3 : Bersinar melalui Kegelapan

Hehe…. lumayanlah bisa ngumpulin foto sesuai tema.  Kedepannya saya harus belajar lebih banyak lagi tentunya jika ingin menang :)

Data Exif Bola Kristal

Ini adalah Data Exif motret Bola Kristal, salahnya dimana ya?

Saran Pak Arief Basuki (juara umum Canon PhotoMarathon Surabaya 2016):

  1. Bukaan F nya tidak perlu sampai 22, dibawah 10 akan lebih tajam,  misalnya f/8.
  2. Speed 1 detik (1 sec = 1″) yang saya pakai itu kelamaan katanya, karena dapat menyebabkan shaking (goyangan), sebaiknya pakai speed 1/60 detik saja.
  3. Pakai lensa normal saja, gak perlu pakai lensa tele.
  4. Jangan terlalu kaku dengan teori motret (nah saran yang ini nih yang harus saya ingat).

Penulis: Anita Handayani