Dalam seminar nasional kearsipan pada tanggal 7 November 2013 yang baru lalu, saya tertarik sekali dengan presentasi Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar, MSc yang berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Kearsipan”.

Perhatikan gambar tentang Penelusuran Arsip Interaktif  dibawah ini:

penelusuran_arsip_interakif

Disini dijelaskan bagaimana menggunakan IT (Teknologi Informasi) dalam mengelola arsip dengan cara mengasosiasikan/mengkaitkan dokumen dengan dokumen lain.

Misalnya kita mau mencari tentang hama yang bernama Phytoplasma, maka kita klik GAMBAR BINATANG/HAMA nya, maka akan terlihat bentuk hama yang dimaksud, lalu jika ingin melihat narasinya atau keterangan tentang hama ini maka kita klik link NARASI, lalu jika kita ingin melihat seperti apa bentuk tanaman jika kena hama ini maka kita klik GAMBAR POHON nya, jika kita ingin melihat tampilan video bentuk tanaman yang terserang maka kita klik VIDEO, serta jika kita ingin mendengarkan suara dari hama ini kalau sedang menyerang tanaman maka tinggal klik AUDIO SOUND.

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa

Sistim seperti ini sudah ada dan saya lihat di kantor ANRI Jakarta.  Disana ada museum sejarah bangsa Indonesia namanya Diorama yang bisa dikunjungi oleh siapapun tanpa dipungut bayaran (gratis).

Saya kagum sekali menyaksikan penyajian Sejarah Perjalanan Bangsa Indonesia di Diorama ini, terutama suara pidato proklamasi yang konon katanya asli dan satu lagi yang membuat saya berdecak kagum adalah adanya tampilan surat permintaan ma’af  Presiden Suharto kepada seluruh rakyat Indonesia sebelum beliau meletakkan jabatannya.

Alamat Diorama ANRI:  Jl. Ampera Raya, No. 7, Jakarta Selatan 12560, telp. 021-7805851 (ext. 111, 807).  Email : info@anri.go.idAlamat website http://www.anri.go.id

Jadwal Kunjungan Diorama
Senin – Jumat :09.00-15.00 WIB
Sabtu – Minggu :09.00-13.00 WIB

Diorama ini diresmikan oleh Presiden SBY pada tanggal 31 Desember 2009. Dibagi menjadi 8 Hall, Diorama Sejarah Perjuangan Bangsa menceritakan perjalanan Bangsa Indonesia, berdasarkan arsip yang ada di ANRI.

Diorama Anri Jakarta

Diorama berisi Sejarah Perjalanan Bangsa, menceriterakan rangkaian peristiwa yang didasarkan kepada arsip, dimulai dari Masa Kejayaan Nusantara, Perjuangan Melawan Penjajahan, Kebangkitan Nasional, Proklamasi Kemerdekaan, Masa Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan, Masa Reformasi, yang diakhiri dengan perenungan di dalam ruang teater.

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa menggunakan ruanganseluas 750 m2 terdiri atas 8 hall, masing-masing memuat petikan peristiwa pada episode tertentu. Sajian peristiwa ditampilkan dengan berbagai teknik, perpaduan antara seni dan teknologi.

Arsip Simpul Pemersatu Bangsa

Penelusuran arsip interaktif (yang menjadi cita-cita), dalam hal ini:

  1. Menggunakan lintasan logika kebutuhan pengguna arsip untuk penelusuran bebas
  2. Menyediakan berbagai bentuk sajian arsip sesuai dengan sifat dan jenisnya.
  3. Dilakukan secara on-line tanpa batas waktu dan tempat

Arsip adalah suatu hal yang penting, memiliki nilai guna serta memiliki siklus hidup yang terus menerus sehingga  perlu pengelolaan secara serius.  Contohnya arsip surat pemilikan tanah dan gedung, arsip sejarah pendirian sebuah perguruan tinggi dan lain sebagainya.

Pengelolaan arsip yang didukung dengan IT bukanlah suatu hal yang sederhana perlu komitmen semua fihak yang terkait untuk mewujudkannya.

Sudah waktunya pengelolaan arsip didukung dengan IT agar masyarakat bisa mengakses arsip tanpa harus melakukannya secara fisik atau datang ke satu kantor untuk mencari data arsip yang diperlukan.

Dulu, arsip berwawasan ruangan (terbatas pada waktu dan tempat). Kini dengan dukungan teknologi, arsip berwawasan screen (tidak terbatas pada waktu dan tempat).

 

Penulis: Anita Handayani


FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLineShare/Bookmark