PEDOMAN PENCARIAN ARTIKEL
JURNAL SCIENCE DIRECT  

Jenis Jurnal Online

            Pada dasarnya jurnal online yang ditawarkan kepada berbagai pihak saat ini ada dua jenis, yaitu jurnal online yang untuk mengaksesnya menggunakan username dan password, dan jurnal online yang untuk mengaksesnya harus melalui IP (internet provider) address tertentu. Dengan akses melalui username dan password pengguna bisa mengakses jurnal online dari mana saja. Sedangkan jurnal online yang harus diakses dari IP address tertentu tidak bisa diakses dari sembarang tempat. Contoh dari jurnal online yang demikian adalah Science Direct. Contoh dari jurnal online yang bisa diakses dari mana saja, tetapi harus menggunakan username dan password adalah ProQuest, EBSCO, dan lain-lain. Username dan password itu bisa berganti setiap bulan, bisa juga diganti sekali selama satu tahun.

            Sebenarnya ada satu jenis jurnal online lagi yang benar-benar berbeda dari kedua jenis jurnal online di atas, yaitu jurnal online yang dilanggan satu-per-satu judul. Pedoman ini akan membahas jurnal online yang dilanggan dalam bentuk database bernama  Science Direct.

A. Pedoman Umum

            Perlu diingat bahwa jurnal online ini biasanya berbentuk database dengan jumlah judul jurnal yang banyak sekali, sehingga sudah pasti jumlah artikelnya jauh lebih banyak. Oleh karena itu dalam melakukan penelusuran pada jurnal online harus diingat beberapa hal, seperti:

a.  Pada awal pencarian gunakan kata atau istilah yang spesifik. Jangan masukkan kata atau istilah pencarian yang sangat umum, karena akan memberikan hasil pencarian yang sangat banyak untuk diperiksa satu demi satu. Barulah bila kata yang spesifik tidak memberikan hasil pencarian yang diinginkan, masukkan kata atau istilah yang merupakan sinonim dari kata yang digunakan sebelumnya. Bila beberapa sinonim sudah digunakan tetapi hasil pencarian belum memenuhi kebutuhan, maka gunakan kata yang lebih umum secara bertahap. Dengan demikian, untuk menelusur jurnal online ini diperlukan thesaurus, agar diperoleh berbagai kata atau istilah sinonim, kata yang berkaitan, kata yang bermakna lebih luas, atau lebih sempit yang dapat sangat membantu dalam menelusur jurnal online.

b.  Selain menggunakan strategi kata atau istilah untuk mempersempit pencarian, pelajari juga apakah pada jurnal online tersebut tersedia sarana untuk mengarahkan pencarian fokus ke masalah yang dicari. Hal tersebut penting mengingat database berisi informasi yang terlalu banyak, sehingga untuk mempercepat penemuan terhadap informasi yang dicari, Anda perlu mencari berbagai cara untuk dapat mencapai hasil yang diinginkan.

B. Pencarian Informasi

            Seperti telah disebutkan di atas, Science Direct adalah salah satu contoh jurnal online yang menggunakan IP address tertentu untuk bisa mengakses informasi yang dimiliki Science Direct. Provider ini memiliki banyak sekali kelompok jurnal dari berbagai bidang ilmu yang disebut sebagai database. Jadi, ketika sebuah perpustakaan akan melanggan jurnal-jurnal yang ada pada Science Direct, perpustakaan itu harus memilih database yang mana yang akan dilanggan. Setiap database itu sudah ditentukan judul-judul jurnal yang dicakup. Alamat Science Direct adalah: //www.sciencedirect.com

a.       Pencarian untuk Topik Khusus

            Dalam pencarian artikel dengan topik khusus disarankan mengklik tombol “Search” yang berada di bagian atas halaman web Science Direct (Gambar 1). Setelah halaman web baru terbuka, mengingat judul-judul jurnal yang tercakup dalam Science Direct begitu banyak, maka pencarian artikel dibatasi pada judul-judul jurnal yang dilanggan Perpustakaan IPB menjadi pilihan yang lebih baik. Dengan demikian Anda akan mengurangi temuan yang tidak bisa diakses full text-nya. Untuk itu, pada kotak “Sources” Anda harus memilih “Subscribed sources” (Gambar 2). Kemudian ketikkan satu atau lebih kata yang ingin dicari pada kotak “Search” yang tersedia. Barulah klik tombol “Search” yang ada di bagian bawah halaman web


Download:  pedoman-pemanfaatan-science-direct_maret-2011.pdf