Panduan Lomba Web IPB Tahun 2016

Latar Belakang

Penilaian situs web perguruan tinggi merupakan salah satu tolak ukur dalam perangkingan perguruan tinggi (Isidro Aguillo, 2003). Indikator utama penilaian adalah kelengkapan komponen informasi yang ada dalam sebuah web perguruan tinggi. Informasi ini meliputi profil, kinerja, publikasi, kemahasiswaan, pengajaran, kegiatan, pendukung, dan hal-hal lainnya yang mencerminkan sebuah perguruan tinggi. Lebih jauh lagi, informasi tersebut haruslah mudah ditemukan oleh pencari informasi, karena hal ini juga merupakan sarana publikasi dan promosi keunggulan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang efektif dan efisien kepada masyarakat luas.

Situs web IPB dan unit-unit di dalamnya telah ada dan sebagian besar telah memenuhi kelengkapan informasi yang sesuai standar IPB. Standar IPB ini selalu dimutakhirkan untuk mengikuti standar perguruan tinggi internasional yang ada, sehingga dalam hal ini situs web IPB berikut unit-unit di dalamnya pun harus selalu melakukan pemutakhiran agar sesuai dengan perkembangan dunia. Selain itu, upaya ini juga dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah agar perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, khususnya IPB, agar dapat bersaing secara internasional dan memiliki posisi yang cukup tinggi dalam World Class University Ranking.

Pada saat ini, Webometrics merupakan salah satu perangkingan yang cukup mempengaruhi pencitraan suatu perguruan tinggi di dunia. Perangkingan ini menitikberatkan pada kriteria visibility (50%), excellence (30%), presence (10%), dan openness (10%). (http://www.webometrics.info diakses 25 Oktober 2016) .

Dalam Lomba Situs Web Unit Kerja di Lingkungan IPB Tahun 2016, penekanan penilaian berbasis pada konten sehigga diharapkan dapat memperkaya konten website IPB. Terutama kelengkapan data internasionalisasi yaitu yang berkaitan dengan data prestasi akademik, mobilitas dosen dan mahasiswa, keikutsertaan dalam seminar atau kegiatan nasional dan internasional, pengalaman sebagai penyelenggara kegiatan seminar nasional maupun internasional, data alumni dan prestasinya, prestasi sertifikasi/akreditasi nasional dan internasional, karya tulis ilmiah dan sitasinya.

Penggunaan logo IPB yang sesuai dengan statuta IPB tahun 2013 juga merupakan inti dari penilaian lomba web IPB 2016.

Sedangkan pada Lomba Situs Web 2016, penilaian berdasarkan visibility, excellence, presence, openness, content relevancies, update information, dan social media share. Penilaian ini dikompilasi dari beberapa kriteria Webometrics dan World University Rangking, serta lainnya yang dianggap relevan.

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi serta keberlanjutan pembaharuan situs web unit-unit kerja di IPB. Hal ini juga mendukung upaya mencapai world class university dan menjadikan web sebagai media untuk publikasi dan promosi keunggulan IPB.

Lingkup Kegiatan

Kegiatan penilaian lomba situs web IPB Tahun 2016 meliputi situs web unit-unit kerja, lembaga kemahasiswaan, dan blog civitas (mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan) IPB. Periode penilaian mulai bulan Januari sampai dengan bulan Nopember 2016.

Syarat dan Ketentuan

Peserta

Peserta adalah situs web yang berada di bawah domain ipb.ac.id dan akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kategori , yaitu:

  1. Fakultas

  2. Departemen

  3. Program Studi Pascasarjana

  4. Kantor, Biro, Direktorat, Sekretariat, Unit Kerja

  5. Pusat Studi dan Lembaga Penelitian

  6. Lembaga Kemahasiswaan

  7. Blog Dosen

  8. Blog Staff

  9. Blog Student

Pemenang

  • Pemenang adalah peserta yang dinilai oleh Panitia Lomba Web IPB 2016 berdasarkan kriteria penilaian lomba yang telah ditentukan dengan nilai terbaik untuk setiap kelompok kategori serta pertimbangan khusus lainnya.

  • Hak pemenang dapat dicabut suatu waktu jika ternyata pada kemudian hari terdapat perihal-perihal khusus yang tidak dipenuhi/dilakukan berdasarkan pertimbangan Panitia Lomba Web IPB 2016

Agenda Kegiatan

No

Waktu

Kegiatan

1

1 September 2016 Penyusunan skema penilaian lomba web 2016

2

17 – 18 November 2016 Sosialisasi Lomba Web

Agenda Materi : Teknik Menyunting Artikel di Wikipedia

  • Narasumber dari Wikipedia, dan Sosialisasi Kriteria Lomba Web 2016
  • Narasumber Ketua Panitia

3

21 November – 07 Desember 2016 Periode Penjurian

4

12 Desember 2016 Pengumuman dan Penyerahan hadiah

5

Januari 2017 Penganugerahan Rektor

Hadiah

Hadiah berupa sertifikat dan uang senilai:

  1. Juara Terbaik Fakultas : Uang Tunai 2.500.000

  2. Juara Terbaik Departemen : Uang Tunai 2.500.000

  3. Juara Terbaik Program Studi Pascasarjana : Uang Tunai 2.500.000

  4. Juara Terbaik Pusat Studi dan Lembaga Penelitian : Uang Tunai 2.500.000

  5. Juara Terbaik Kantor, Direktorat, Sekretariat, Unit Kerja : Uang Tunai 2.500.000

  6. Juara Terbaik Lembaga Kemahasiswaan : Uang Tunai 2.000.000

  7. Penghargaan Blog Dosen :
    – Juara 1 : Uang Tunai 2.000.000
    – Juara 2 : Uang Tunai 1.500.000
    – Juara 3 : Uang Tunai 1.200.000

  8. Penghargaan Blog Staf :
    – Juara 1 : Uang Tunai 2.000.000
    – Juara 2 : Uang Tunai 1.500.000
    – Juara 3 : Uang Tunai 1.200.000

  9. Penghargaan Blog Mahasiswa :
    – Juara 1 : Uang Tunai 2.000.000
    – Juara 2 : Uang Tunai 1.500.000
    – Juara 3 : Uang Tunai 1.200.000

Tabel Bobot

Kategori Visibility
(%)
Excellence
(%)
Presence
(%)
Openness
(%)
Content
Relevancies
(%)
Update
Information
(%)
Social Media
Share
(%)
Fakultas 30 15 15 10 15 10 5
Departemen 30 15 15 10 15 10 5
Program Studi Pascasarjana 30 20 20 15 N/A 10 5
Kantor, Direktorat,
Sekretariat, Unit Kerja
15 N/A 30 N/A 30 20 5
Pusat Studi dan Lembaga
Penelitian
35 N/A 35 N/A 15 10 5
Lembaga Kemahasiswaan 35 N/A 35 N/A N/A 25 5
Blog Dosen 25 25 10 25 N/A 10 5
Blog Staff 35 N/A 35 N/A N/A 20 10
Blog Student 35 N/A 35 N/A N/A 20 10
Ket :

N/A = Not Applicable (Tidak Berlaku)

Kriteria Penilaian

No

Kriteria

Teknis Penelusuran

1 Visibility, adalah menghitung semua tautan/link eksternal yang diterima oleh situs web yang dikelola dari pihak ketiga.  Link tersebut merepresentasikan popularitas kelembagaan, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari situs web yang dikelola.

Data link Visibility dikumpulkan dari dua penyedia informasi ini yaitu: Majestic SEO dan ahrefs (Total Penjumlahan). Dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Hasil penelusuran Majestic SEO (Trust Flow, Citation Flow, External Backlink, dan Reffering Domain dari trusted site).
  2. Hasil penelusuran Ahrefs (Social Metrics dan Crawled Pages dari trusted site).
2 Excellence, makalah-makalah akademis yang diterbitkan dalam jurnal internasional ternama memainkan peran yang sangat penting dalam peringkat Universitas. Nilai ini dipergunakan untuk fakultas dan departemen dengan menghitung banyaknya karya ilmiah yang terindex Scopus. Banyaknya sitasi karya ilmiah yang terindex Scopus. Penilaian dihitung dengan melakukan penelusuran pada Author Search di https://www.scopus.com/.
Penelusuran dilakukan dengan cara:

  • Membuka situs https://www.scopus.com/
  • Melakukan penelusuran berdasarkan nama dosen yang bersangkutan
  • Menghitung jumlah sitasi dari karya ilmiah yang sudah terindex scopus.
3 Presence, banyaknya halaman dan file .pdf dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google.  Presence merepresentasikan banyaknya aktivitas yang telah dilakukan oleh unit dan terdokumentasikan secara digital di situs web unit kerja.

Penelusuran data dilakukan dengan cara :

  • Membuka situs http://google.com
  • Memasukkan kata kunci site:alamat situs
  • hitung jumlah halaman yang terindex
  • hitung jumlah file .pdf
  • Dijumlahkan seluruh nilai hasil penelusuran
    tersebut.
4 Openness yaitu jumlah ketersediaan data dosen/peneliti/hasil penelitian di Google Scholar
Citations Institutional Profiles. Melalui kriteria ini diharapkan seluruh dosen di IPB memiliki google scholar citation profil dan h-Index yang tinggi.

Penelusuran data dilakukan dengan cara :

  • Membuka situs http://scholar.google.com
  • Melakukan penelusuran berdasarkan nama dosen yang bersangkutan
  • Menghitung jumlah sitasi dari karya ilmiah yang sudah terindex google scholar.
5 Content Relevancies yaitu ketersediaan konten standar sesuai dengan kegiatan pemutakhiran website unit kerja yang rutin dilaksanakan selama tahun 2016 Menghitung jumlah ketersediaan daftar konten standar unit kerja. Untuk fakultas dan departemen meliputi informasi mengenai Profil, Organisasi, Akademik, Penelitian, Pengabdian, Fasilitas, Kemahasiswaan, Promosi, Alumni, Admisi, Agenda, Sosial Media, Kontak, dan Other Link. Sedangkan untuk kakandir, unit, dan pusat studi meliputi Profil, Organisasi, Tupoksi, Fasilitas & Layanan (kakandir), Penelitian & Pengabdian (pusat studi), Kegiatan, Promosi, Agenda, Sosial Media, Kontak, dan Other Link.
6 Update Information yaitu secara berkelanjutan mengisi dan meremajakan konten situs web setiap hari baik berupa data statis maupun dinamis untuk berbagai informasi unit kerja selama tahun 2016, total nilai kegiatan 12. Dalam setiap artikel/informasi halaman web yang di update, berikan keterangan sebagai berikut:  Published Date : 23-Oct-2016 Diharapkan ditampilkan keterangan update konten setiap kali melakukan peremajaan konten di halaman website. Jumlah last update setiap bulan dinilai 1, total penilaian 12, jika tidak ada update maka nilai penelusuran 0.
7 Social Media Share Tools. Kriteria ini sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah visibilitas informasi unit kerja yang disebarkan melalui berbagai sosial media yang di rekomendasikan sebagai berikut :

Social Media

Penilaian yang dilakukan berdasarkan :

  1. Ketersediaan shareable tools ke social media
  2. Tidak broken link dan langsung terkoneksi ke social media yang relevan
  3. Tersedia di setiap halaman statis (contoh: profil, organisasi, dll)
  4. Tersedia di setiap halaman dinamis (contoh: artikel, news, dll)

Kontak Panitia 

Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi
Institut Pertanian Bogor, Tlp : 0251-8623936
Email : ict@apps.ipb.ac.id , Website : http://lombaweb.event.ipb.ac.id

Penulis: Anita Handayani