Anita's Personal Blog

Kegiatan Arsiparis | Komputer | Fotografi

Hasil Sunting Wikipedia yang Gagal

Hasil Sunting Wikipedia yang Gagal

Hasil Sunting Wikipedia yang saya lakukan sebagai PJ Web kemarin gagal.  Karena ternyata tampilan  hasil sunting  di  wikipedia yang kemarin saya tulis (https://id.wikipedia.org/wiki/UF_IPB) sudah tidak ada lagi sekarang, tampilannya sekarang berubah menjadi seperti ini:

Halaman UF IPB telah dihapus oleh Bonaditya yaitu Petugas Editor, Pengembali revisi (rollbacker), Pengurus (sysop), Pengawas (oversight), Pemeriksa (checkuser) Wikipedia

Halaman UF IPB telah dihapus oleh Bonaditya yaitu Petugas Editor, Pengembali revisi (rollbacker), Pengurus (sysop), Pengawas (oversight), Pemeriksa (checkuser) Wikipedia

Ini artinya Suntingan Wikipedia yang saya lakukan pada  acara Pemutakhiran Web Unit Kerja hari Selasa, 20 September 2016 bertempat di Auditorium Hadiwijaya yang diadakan oleh Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi ternyata gagal total.

Menurut saya tutorial cara sunting Wikipedia yang diberikan, alamatnya http://Bit.ly/tutorialwikipedia tidak lengkap dan ada kekeliruan tentang pengertian manfaat Wikipedia.

Peserta menyimpan Alamat Simpan Hasil Sunting Wikipedia disini:  http://Bit.ly/hasilsuntingwiki.  Di daftar ini sampai hari ini Senin 10 Oktober 2016, baru 3 unit kerja di Lingkungan IPB yang sudah menuliskan data link hasil suntingnya di wikipedia yang dilakukan oleh PJ WEB UF, ULP dan Departemen Manajemen FEM.

Daftar Hasil Sunting Wikipedia 2016
Daftar Hasil Sunting Wikipedia 2016

 

Setelah saya tanyakan pada Bonaditya langsung ketika saya mengikuti WikiLatih hari sabtu, 8 Oktober 2016 kemarin bertempat di Kantor Wikimedia Indonesia Jl. Pati No.1, Menteng, Jakarta Pusat, inilah alasannya kenapa halaman UF IPB di Wikipedia dihapus:

  1. UF IPB bukan kata yang terkenal jadi tidak boleh membuat halaman baru.  Tidak terkenal artinya belum ada prestasinya yang diakui oleh orang lain secara Nasional maupun Internasional
  2. Dalam penulisan tidak boleh mencantumkan VISI MISI
  3. Tidak boleh memberi tautan link keluar ke alamat url yang tidak populer dan tidak diakui keberadaannya oleh orang banyak.  Sangat disarankan memberi link hanya ke internal link wikipedia saja
  4. Menulis di Wikipedia cukup singkat dan padat saja, jangan sekali2 menggunakan kata2 dengan ejaan bahasa Indonesia yang tidak benar
  5. Menulis halaman baru haruslah merupakan artikel ensiklopedia dan merupakan cakupan Wikipedia
  6. Wikipedia adalah ensiklopediaWikipedia bukan tempat promosi, jadi usahakan jangan membuat link ke url yang tidak poluler.  Kalau ini dilakukan sudah pasti akan kena delete
  7. Gaya penulisan diharapkan memakai gaya jurnalis

Menurut Bonaditya, ia sudah lama mengirim surat ke Humas IPB agar dapat diundang dalam pertemuan Pemutakhiran Web Unit Kerja untuk melakukan WikiLatih.  Namun sampai ia bertemu dengan saya, menurtnya belum ada undangan padanya untuk mengadakan penjelasan tentang cara sunting wikipedia di IPB.

Halaman baru yang dibuat oleh PJ Web Departemen Manajemen fem ipb (https://id.wikipedia.org/wiki/Departemen_Manajemen_fem_ipb) juga kena hapus, tampilannya sepertiini sekarang:

Halaman Departemen Manajemen FEM IPB telah dihapus oleh Raymond Sutanto dan Albertus Aditya yaitu Pengguna dan Ketua Umum WikiMedia.

Halaman Departemen Manajemen FEM IPB telah dihapus oleh Raymond Sutanto dan Albertus Aditya yaitu Pengguna dan Ketua Umum WikiMedia.

Logo Wikimedia

Logo Wikimedia

Bonaditya, Raymond Sutanto dan Albertus Aditya adalah sukarelawan yang bekerja di Wikimedia Indonesia.  Sejak taun 2016, Biyanto Rebin menjabat sebagai  ketua umum Wikimedia Indonesia.

Wikimedia Indonesia adalah pengelola Wikipedia.  Wikimedia Indonesia adalah perkumpulan sukarelawan pendukung misi Bebaskan Pengetahuan!.

Wikimedia Indonesia adalah organisasi independen dan secara hukum tidak terkait dengan organisasi apapun juga. Walaupun berdiri sendiri, berdasarkan sejarahnya organisasi didirikan dengan misi pengetahuan bebas yang sama dengan asosiasi-asosiasi dibelahan dunia lain dan secara internasional yang mendukung misi ini.

Wikimedia Indonesia di tahun yang sama pendiriannya pada tahun 2008 diakui sebagai mitra lokal Wikimedia Foundation, Inc., sebuah yayasan nirlaba bebas pajak di Amerika Serikat, yang menaungi proyek-proyek kolaborasi wiki terbesar di dunia, termasuk Wikipedia, sebuah ensiklopedia daring yang bebas dan gratis. Wikimedia Indonesia mendukung tapi tidak menaungi proyek-proyek wiki Wikimedia Foundation dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang digunakan di Indonesia.  Walaupun memiliki tujuan yang seiring sejalan,

Wikimedia Indonesia bukanlah cabang dari Wikimedia Foundation, dan berdiri secara independen.  Wikimedia Indonesia resmi berdiri dan disahkan melalui akta notaris. Di akhir tahun 2010, revisi anggaran dasar dari pemerintah Indonesia melalui Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia diadopsi oleh organisasi dan disahkan pada tahun 2011.

Yang bekerja di Wikipedia murni sukarelawan.  Sukarelawan yaitu orang yang menyumbangkan tenagadan fikiran serta menyumbang uang tanpa meminta imbalan apapun.

Modul Cara Berkontribusi

Modul Cara Berkontribusidi Wikipedia dalam Bahasa Indoneisa, yang saya dapatkan dari Pak Biyanto Rebin, Ketua Umum Wikimedia Indonesia, yang saya dapatkan hari ini Rabu 12 Oktober 2016,  bisa di download dalam bentuk file pdf disini:
Modul_Pelatihan_1_-_Berkontribusi_di_Wikipedia_Bahasa_Indonesia.pdf

Yang bisa dilakukan oleh user’s  Wikipedia:
  1. Membuat Akun Wikipedia
  2. Menyunting Artikel
  3. Membuat Catatan Kaki

 

Pengurus, pemeriksa, dan pengawas Wikipedia bahasa Indonesia: Bonaventura Aditya Perdana
Surel: bonaditya@gmail.com
Telepon: +62-838-049-85348
Facebook: Bonaventura Aditya Perdana

Copyright © Anita Handayani

 


2 Comments

  1. Memasukan materi ke wikipedia tidak semudah yang dibayangkan ya mba. Saya beberapa kali mencoba membuat laman baru namun berakhir dengan suntingan dihapus dari bak pasirnya wikipedia. Namun sharing yang mba sampaikan sangat membuka wawasan, mudah-mudahan setelah ini dapat diterima jika mempost di wikipedia.

  2. @Ira Guslina: Benar sekali. Amin…. Kalau nanti berhasil tidak di hapus kasih tau caranya ya….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*