Cara Menggunakan Vloolup Excell

Kasus: Kita ingin memasukkan nilai sesuai dengan daftar urutan yang kita mau

Caranya memasukkan nilai dengan menggunakan Vlookup Excell sehingga nilai2 yang kita entry bisa langsung masuk ke table sesuai denganurutannya:

  1. Kita menggunakan program Vlookup Excell, berikut adalah contoh Daftar Isian yang akan diisi nilai sesuai dengan urutan yang kita mau, nama file nya Form SIMAK

    Cara menggunakan Vlookup Excell

    Cara menggunakan Vlookup Excell

  2. Pada lembar worksheet bernama Form Simak, kolom D9 kita letakkan kursor, lalu kita tuliskan:    =VLOOKUP (
    lalu klik klom B9, lalu ketikkan simbol  —–> ;
  3. lalu kita pindah ke lembar worksheet bernama Form Nilai dari Dosen
    lalu sorot dari B6 sampai dengan terakhir yaitu D8
  4. kembali ke lembar worksheet Form Simak
    lalu tambahkan tulisan di D9 nya, yaitu kurung tutup dan titik koma  —–>   );
  5. lalu hitung berapa kolom yang ada dari NIM sampai kolom Huruf Mutu di Form Nilai dari Dosen
    ternyata ada 3 kolom
    lalu di kolom D9 tambahkan tulisan angka 3 titik koma dan tulisan FALSE    —->    3;FALSE)
  6. Kemudian sebagai penutup tekan tombol ENTER pada keyboard
  7. Jadi coding yang ditulis pada D9 di Form Simak (Form yang kita mau) adalah
    =VLOOKUP(B9;'[Form Nilai dari Dosen.xls]Sheet1′!$B$6::$D$8;3;FALSE)
  8. Kemudian kita copy kan coding D9 ke D10 dan D11
  9. Selesai……

Sumber data yang diterima dari luar, nama filenya Form Nilai dari Dosen:

Cara menggunakan Vlookup Excell

Cara menggunakan Vlookup Excell

Terimakasih pada Bu Sulis (KTU MSP FPIK) dan Mbak Widaryanti (pegawai akademik MSP FPIK) yang sudah sharing ke saya tentang cara menggunakan Vlookup dalam program Excell tersebut


FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInWhatsAppLineShare/Bookmark