Berhasil !!!

Pada saat ini saya dihadapkan dengan pekerjaan yang harus menggabungan beberapa kolom yang berisi text menjadi satu kolom saja di dalam Microsoft Excell 2002.

Bentuknya seperti gambar dibawah ini:

Masalah

Masalah

Saya ingin mengabungkan text pada kolom O9 + P9 + Q9 +  Nomor + E9 + tentang R9

Lumayan saya mulanya bingung sekali.  Lalu saya searching di internet, ketemu disini Menggabungkan dua kolom atau lebih menggunakan satu fungsi, bentuk scripnya seperi ini:

=CONCATENATE(“The “, A2, ” Family”, CHAR(10), B2, CHAR(10), C2, “, “, D2, ” “, E2)

Hasil Searching di Internet

Hasil Searching di Internet

Ketemu nama fungsinya adalah CONCATENATE

Lalu saya berfikir jika di aplikasikan ke lembar kerja saya berarti scripnya seperti ini:

=CONCATENATE(O2,” “,P2,” “,Q2,” “,”Nomor”,” “,E2;” “,”tentang”,” “,R2)

Tapi begitu di aplikasikan atau ditekan Enter ternyata error, alias gagal.  Tampilannya menjadi gambar dibawah ni:

Error

Error

Saya utak atik lalu tiba2 saya lihat ada pop up dari MS Excell nya tentang format yang harus saya buat, lalu saya coba2 sendiri, akhirnya berhasil. Horeeee!!!!

Ternyata yang benar buat memisah sel dalam fungsi adalah memakai tanda titik koma (;) bkan tanda koma (,).

Oleh sebab itu saya ingin berbagi kepada teman2 pengunjung blog saya ini, semoga bemanfaat.

Cara Menggabungkan Beberapa Kolom Berisi Text di MS Excell:
  1. Buka file MS Excell yang ingin digabungkan beberapa kolom berisi text menjadi satu
    Contoh:

    Masalah

    Masalah

  2. Perhatikan bahwa sel yang mau pertama kali diisi berada di sel S2
  3. Masukkan code dibawah ini pada kotak fungsi (fx)
    =CONCATENATE(O2;” “;P2;” “;Q2;” “;”Nomor”;” “;E2;” “;”tentang”;” “;R2)
  4. Lalu Tekan tombol Enter
  5. Maka hasilnya adalah sebagai berikut:

    Berhasil !!!

    Berhasil !!! menggabungkan beberapa text pada kolom yang berbeda

  6. Di kolom S2 sekarang sudah muncul penggabungan text dari beberapa kolom ditambah satu text tambahan
    Kolom O2 berjudul “Media Arsip” yang berisi text: “Surat”
    Kolom P2 berjudul “Tingkat Perkembangan 1” yang berisi text: “Salinan”
    Kolom Q2 berjudul “Jenis Nasah” yang berisi text: “Keputusan Rektor IPB”
    Kolom R2 berjudul “Nama Fiile” yang berisi text: “Pemberhentian Sebagai Mahasiswa Program Sarjana Institut Pertanian Bogor Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010”
    Kolom E2 berjudul “Nomor Surat” yang berisi text: “003/I3/PP/2011”
    Setelah dimasukan Code tersebut maka pada
    Kolom S2 berjudul “Deskripsi” sekarang secara otomatis muncul tulisan:
    “Surat Salinan Keputusan Rektor IPB Nomor tentang Pemberhentian Sebagai Mahasiswa Program Sarjana Institut Pertanian Bogor Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010”
  7. Sekarang kita bisa secara otomatis mengisi molom dibawahnya dengan cara klik tombol kanan mouse di sel S2/Pilih Copy

    Copy

    Copy

  8. Lalu klik menu Edit/Pilih Paste

    Paste

    Paste

  9. Maka secara otomatis tanpa perlu bersusah payah mengetikkan satu2 maka sekarang kolom deskripsi sudah terisi data yang kita mau
    Hasilnya

    Hasilnya

    Masalah

    Masalah