Cara Membuat Leaflet/Brosur dengan CorelDRAW (Pemula)

Seringkali kita bingung tentang bagaimana cara mengedit sebuah design leaflet atau brosur yang berextension cdr.  Saat ini saya ingin membagikan pengetahuan tentang cara mengedit leaflet berextension cdr dengan program design grafis CorelDraw 12 yang baru saja saya lakukan, yaitu setting layout buat leaflet SEMINAR NASIONAL KEARSIPAN yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Nov 2012 yang akan datang di Botani Square IPB ICC Bogor. Semoga bermanfaat !

Mengapa harus dengan program CorelDraw, karena CorelDraw mengkhususkan kegunaannya di bidang publishing bussiness.  Pihak percetakan hanya mau menerima format bahan cetakan dalam format CorelDraw :)

  1. Contoh bosur/leaflet yang mau dibuat seperti dibawah ini:
    (jika mau lihat lebih jelas bisa diklik di gambar nya)
  2. Buka program CorelDraw 12
    kita akan menjadikannya seperti ini:
  3. Perhatikan hal ini:
  4. Lihat, bahwa judul leaflet berwarna biru dan ber border (outline) kuning. Keterangan tentang hal ini ada disudut kanan bawah kalau kita pilih tulisan yang dimaksud.
    Mengganti warna text judul: klik warna yang ada di samping kanan.
    Mengganti warna text: klik icon outline pen (gambar ujung pen), maka akan muncul window seperti dibawah ini, maka warna outluine text siap untuk diganti dengan cara klik tombol panah kebawah pada kolom Color. Akhiri dengan klik tombol OK.
  5. Cara mumbuat text tegak lurus (vertikal): Klik icon Pick Tool (gambar tanda panah) lalu tunjuk text yang mau di putar, lalu putar
  6. Cara memasukkan gambar atau peta ber ext jpg
    Tandai tempat yang mau di beri gambar
    lalu klik menu File/Import/ambil gambar yang dimaksud/OK
  7. Jika mau mengganti text yang ada di dalamnya: Klik icon Text Tool (gambar huruf A) lalu kilk pada text yang mau di edit, maka text siap di edit.
  8. TIPS:
    - Sebaiknya pilih jenis huruf yang tidak berkaki (mis. Calibri) menurut orang percetakan. Tapi disini saya lebih suka memakai font Times New Roman 10 pt, karena kelihatannya lebih elegan dan lebih ramping sehingga lebih banyak jumlah karakter bisa dimuat.  Untuk judul leaflet/brosur saya memakai font Arial 24 pt.
    - Perhatikan lipatan kanan dan atas harus benar2 simetris agar leaflet kita nanti dapat terlipat dengan baik dan sempurna.
  9. Selesai !, Selamat Mencoba.  Jika anda kesulitan bisa bertanya di bukutamu nanti saya jelaskan lebih detail langkah2nya edit brosur ini :)
  10. Cara melipat nanti setelah dicetak seperti ini:

 


2 thoughts on “Cara Membuat Leaflet/Brosur dengan CorelDRAW (Pemula)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>