Hari ini, Rabu tanggal 19 September 2012, pukul 09.00 – 13.00 WIB bertempat di Auditorium Gd. Andi Hakim Nasution Kampus Darmaga Bogor para tenaga pendidikan khusus unit kerja di lingkungan Rektorat menghadiri pertemuan dengan tema “Sosialisasi dan Penjaringan Bakal Calon Rektor (BCR) IPB”, undangan dari Sekretaris Eksekutif IPB yaitu Dr. Ir. Bonny P.W. Soekarno.

Disampaikan oleh Sekretaris Panitia yaitu Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi bahwa Persyaratan Utama Calon Rektor (menurut Pasal 28 PP 154 Tahun 2000 dan Pasal 42 Tap MWA No 17/MWA-IPB/2003), yaitu:
1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2. Berkelakuan Baik
3. Berkewarganegaraan Indonesia;
4. Sehat jasmani dan rohani;
5. Berpendidikan Doktor;
6. Memiliki kompetensi, integritas, komitmen, dan kepemimpinan yang tinggi;
7. Memiliki jiwa kewirausahaan;
8. Berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi;
9. Berusia tidak lebih 60 (enam puluh) tahun pada saat jabatan Rektor sebelumnya berakhir.

Kesepakatan tentang cara pemilihan BCR lumayan seru dan memakan waktu cukup lama, akhirnya setelah molor cukup lama karena panitia tidak tegas dan menyerahkan kepada floor, disepakati adanya pemilihan BCR oleh semua peserta yang hadir, satu orang satu suara.

Hasil pemilihan didapat 3 nama yang terbanyak untuk menjadi BCR yaitu:
1. Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc mendapatkan 228 suara
2. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc mendapatkan 34 suara
3. Prof.Dr.Ir.H. Yonny Koesmaryono, MS. mendapatkan 16 suara

Tenaga Kependidikan di Unit Kerja Rektorat meliputi:
1. Sekretaris Eksekutif (Sekretariat Rektor, WR AK, WR SP, WR RK, WR BK, Humas)
2. Sekolah Pascasarjana
3. Direktorat TPB
4. Direktorat Diploma
5. University Farm
6. Direktrat Riset Kajian Strategis
7. Perpustakaan
8. Direktorat Sumber Daya Manusia
9. Direktorat Keuangan
10. LPPM
11. Unit Layanan Pengadaan
12. Kantor Audit Internal
13. Kantor Manajemen Mutu
14. Direktorat Komunikasi dan Sitem Informasi
15. Direktorat PPPA
16. Direktorat Fasilitas dan Properti
17. Direktorat Karir dan Hubungan Alumni
18. Direktorat Kemahasiswaan
19. Direktorat Administrasi Pendidikan
20. Kantor Hukum dan Organisasi
21. Unit Keamanan Kampus
22. Magister Bisnis (MB)
23. Direktorat Perencanaan dan Pengembangan
24. Kepala Pengelola BP Asrama TPB-IPB
25. Kepala Pengelola Kampus IPB Baranangsiang
26. Kepala Pengelola Kampus IPB Taman Kencana
27. Direktorat Kerjasama dan Program Internasional
28. Direktorat Bisnis dan Kemitraan
29. UPT Bahasa
30. MKDU
31. Poliklinik
32. Senat Akademik
33. Dewan Guru Besar
34. Dewan Audit / MWA
35. Unit Olah Raga dan Seni


Agenda Pemilihan Rektor IPB 2012-2017

NO KEGIATAN WAKTU
1 Permintaan sosialisasi dan penjaringan Bakal Calon Rektor (BCR) di unit-unit kerja IPB dan Himpunan Alumni 11 Sept
2 Sosialisasi PILREK di tingkat Fakultas dan Rektorat 12 Sept – 18 Sept
3 Penjaringan BCR di tingkat unit-unit kerja IPB 19 Sept.
4 Pelaporan hasil penjaringan kepada MWA 20 Sept.
5 Pengiriman dokumen persyaratan kepada BCR 22 Sept.
6 Pengisian dokumen, penyusunan Rencana Strategi Pengembangan IPB dan penyerahan oleh BCR kepada Panitia Pemilihan Rektor (PPR) 22 Sept – 8 Okt
7 Verifikasi administrasi dokumen BCR 10 Okt – 13 Okt
8 Penyerahan Dokumen BCR oleh PPR kepada MWA 15 Okt
9 Penilaian BCR oleh SA untuk menetapkan 9 BCR 16 Okt – 22 Okt
10 Sosialisasi 9 BCR 22 Okt – 31 Okt
11 Pelaksanaan Partisipasi Civitas dan tenaga kependidikan dalam PILREK 31 Okt
12 Penghitungan, dokumentasi dan pelaporan hasil Partisipasi ke MWA 31 Okt – 1 Nov
13 Penetapan 6 BCR oleh SA 2 Nov
14 Pemilihan dan penetapan 3 Calon Rektor (CR) oleh SA 5 Nov – 7 Nov
15 Penyerahan 3 CR terpilih oleh SA kepada MWA 8 Nov
16 Pemilihan Rektor IPB oleh MWA 9 Nov – 16 Nov
  a. Pemaparan Rencana strategis dan program CR TBA
  b. Pemilihan Rektor TBA


Dasar Hukum

  1. TAP MWA No.115/2012 tentang Tata cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Rektor Institut Pertanian Bogor

  2. PP No.154/2000 tentang Penetapan IPB sebagai Badan Hukum Milik Negara

  3. TAP MWA No.17/2003 tentang Anggaran Rumah Tangga Institut Pertanian Bogor

  4. TAP MWA No.116/2012 tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Rektor IPB 2012-2017

  5. Ketetapan SA tentang Dasar Penilaian Bakal Calon Rektor


Panitia Pemilihan Rektor 2012-2017

Ketua :
Prof. Dr. Toto Toharmat (MWA)

Wakil Ketua :
Prof. Dr. Hermanto Siregar (Rektorat)
Ir. Irama Badrianti (MWA)

Sekretaris :
Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi (SA)

Anggota :
Prof. Dr. Kukuh Murtilaksono (Faperta)
Dr. Trioso Purnawarman (FKH)
Dr. Nimmi Zulbainarni (Faperikan)
Dr. Despal (Fapet)
Prof. Dr. Wasrin Syafii (Fahutan)
Dr. Faiz Syuaib (Fateta)
Dr. Eng. Wisnu Ananta Kusuma (FMIPA)
Dr. Muhammad Firdaus (FEM)
Dr. Euis Sunarti (FEMA)
Ir. Suparman (Tenaga Kependidikan)
M. Dimas Arifin (Mahasiswa)
Dr. Arief Daryanto (Alumni)

Tugas SA adalah menilai, tugas MWA adalah memilih
Hak suara pada tanggal 31 Oktober 2012 (Tahap Partisipasi) hanya untuk PNS
PPR tugasnya hanyalah seleksi administratif
Senat Akademik (SA) bertugas Menetapkan Bakal Calon Rektor
Perwakilan Tenaga Kependidikan di SA adalah Sumarlinah
Perwakilan Tenaga Kependidikan di MWA adalah D. Iwan Riswandi
Tidak ada kampanye dan tidak ada baleho
18 Desember 2012 Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc berakhir jadi Rektor
Tidak menerima pesan lewat email
Yang jadi banyak perdebatan oleh teman2 adalah keputusan MWA yang isinya suara tenaga kependidikan yang diterima adalah 10 : 1 padahal ditahun sebelumnya pernah 5 : 1