Anita's Personal Blog

Kegiatan Arsiparis | Komputer | Fotografi

Kursus Stir Mobil

pengalaman kurusus stir mobil manual

Kursus Stir Mobil
dan Tip’s Mengemudikan Mobil

Update 31 Juli 2016
stir mobil honda jazz 2005 manual

gambar bagian dalam stir mobil honda jazz 2005 manual
dibawah stir ada 3 pedal, yaitu pedal kopling, pedal rem, dan pedal gas

 

Disini saya ingin membagikan pengalaman saya ketika belajar stir mobil, semoga bermanfaat buat pemula yang sedang belajar stir mobil !

 

Mobil saya adalah Honda Jazz manual tahun 2005 warna silver metalic.

 

Pada tahun 2005 bulan Oktober tanggal 26 saya selesai kursus stir mobil di “Dirgantara Jaya”. Saya mengambil kursus private 10 x pertemuan @ 1 jam = Rp. Rp. 500.000,-. Setiap kursus harus kasih tip ke guru stirnya Rp. 5000/jam.

smile

 

Biaya membuat SIM Rp. 350.000 pada tanggal 29 Oktober 2005.

 

Yang paling susah adalah menumbuhkan feeling, untuk itu maka perlu sering2 stir mobil.

 

Ternyata lekukan pada wiper mobil itu sangat membantu buat kita mengetahui posisi mobil kita terutama jika malam hari atau jika sedang berada dalam gang sempit lalu berpapasan dengan mobil lain.

Perhatikan lekukan yang diberi tanda lingkaran merah adalah lekukan wiper yang bisa digunakan dalam mengendarai mobil agar selalu berada dalam jalurnya terutama di malam hari dimana melihat pinggiran jalan dengan kaca spion lumayan sulit.

Perhatikan lekukan yang diberi tanda lingkaran merah adalah lekukan wiper yang bisa digunakan dalam mengendarai mobil agar selalu berada dalam jalurnya terutama di malam hari dimana melihat pinggiran jalan dengan kaca spion lumayan sulit.

Lekukan yang kiri untuk melihat pinggiran jalan sebelah kiri, dan lekukan yang kanan untuk patokan jarak yang aman jika berpapasan dengan mobil lain terutama malam hari, karena melihat kaca spion lumayan sulit apalagi kalau cuca sedang hujan lebat.

Komentar Aan Submitted on 2016/07/21 at 02:35:

Untuk wipper sebagai mata ketiga apakah maksudnya begini Bu?

Misalnya saya akan menyalip becak. Jika dilihat dari tempat duduk kita nyetir, jika dilekukan wiper sebelah kiri becaknya di luar lekukan wiper berarti kita aman menyalipnya? Dan untuk lekukan kanan maka aman jika mobil dari arah sebaliknya terletak di luar wiper?

Jawaban saya: Ya benar sekali.

Jenis Latihan

1

Penjelasan instruktur mengenai pokok2 yang harus diketahui oleh seorang pengemudi

Perkenalan instrumen mobil dan cara penggunaanya

2

Penguasaan Teknik Kendaraan

a

Start

b

Oper gigi

c

Berhenti

d

Belok kiri / kanan

3

Memberhentikan mobil secara mendadak atas perintah instruktur tanpa ada kekeliruan / mesin mati

4

menghadapi problem lalu lintas:

a

Berjalan dengan sempurna di jalan raya, cara2 berbelok ke kanan / ke kiri dengan cara melewati persimpangan

b

Tetap berjalan di belakang kendaraan yang sedang berjalan lambat

c

Mengejar dan melewati kendaraan lain dengan cara yang benar

d

Waktu Latihan di jalan umum harus mentaati dan memperhatikan segala peraturan lalu lintas

5

Latihan ketrampilan ( di lakukan di lapangan)

a

Jalan mundur lurus sejauh 50 meter

b

Memutar kendaraan di tempat yang terbatas (diantara 2 bh mobil)

6

Latihan Ujian

a

Parkir kiri kanan

b

Mundur lurus 50 meter

c

Parkir paralel

d

Tanjakan, maju/mundur

teknik menyetir mobil manual

Sikap mengemudikan mobil haruslah seperti gambar ini, yaitu kedua tangan memegang stir, dan jangan lupa pakai seal belt.

ball

Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian)

ball

Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol

1

Pasang tali / sabuk pengaman

2

Putar kunci untuk menghidupkan mesin

3

Hidupkan AC

4

Turunkan Rem Tangan

5

Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1

6

Angkat kopling pelan2

7

sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak

ball

Memundurkan mobil Honda Jazz 2005 tampak samping belakang ——>>>

1

Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R

2

Angkat kopling pelan2

Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur

Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan ½ kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati)

ball

Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)

1

Injak kopling habis

2

Angkat gas

3

Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki

4

Angkat kopling pelan2

5

Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya

6

Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja

ball

Jika melalui polisi tidur

1

Angkat gas, tempel pedal rem

2

Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1

3

Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai ½ kopling

atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya

4

jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur

5

Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2

ball

Menambah/mengurangi gigi

1

Injak kopling habis

2

Angkat gas

3

Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki

3

Tempel gas

4

Angkat kaki dari kopling pelan2

ball

Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat

1

Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti

2

Injak kopling habis

3

Pindahkan gigi ke gigi 0

4

Angkat rem tangan

ball

Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem

1

Injak kopling habis

2

Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)

3

Pindahkan gigi ke gigi 1

3

Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap

atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya

ball

Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya

1

Injak kopling habis

2

Tempelkan kaki di rem

3

Pindahkan gigi ke gigi 1

3

Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap

4

atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya

5

Tempel kaki di gas

Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)

Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku

Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap

ball

Belok balik (berputar balik 180o) ke kanan П

1

Jika mobil melaju terlalu cepat, tempel gas

2

Injak kopling habis

3

Angkat gas

3

Pindahkan gigi ke gigi 1

4

Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak perlahan), dan injak kopling sekuku kalau ingin mengurangi jalan merayapnya mobil, lihat jalur apakah bebas jika ada mobil yang ingin lewat maka injak lagi kopling sekuku sambil menempel rem atau menempel gas (sebaiknya dipilih memberhentikan mobil dengan menempel gas agar jika mau jalan lagi tinggal lepaskan gas dan angkat kopling saja sekuku). Jika jalur sudah bebas hambatan, angkat kopling sekuku (mobil merayap maju)

5

Putar stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat jangan memutar stir dalam keadaan mobil diam/berhenti, bisa merusak komponen mobilnya nanti) (lihat jalur apakah bebas atau tidak)

– Jika jalur aman, jalankan/belokkan mobil dengan mengangkat kopling sekuku (mobil akan maju merayap),
kurangi laju jalannya mobil dengan menginjak kopling sekuku

– Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengangkat kopling sekuku dengan menempel rem

(biasanya jika kopling diangkat sekuku akan terasa mobil bergetar sedikit)

– Jika jalur sudah bebas kembali ankat kopling sekukumkembali (mobil akan merayap maju kembali)

6

Setelah mobil berhasil belok dan dirasa sudah lurus, segera putar balik stir 2x ke kiri sambil mobil maju merayap

– Jika mobil sudah lurus, tempel gas (sesuaikan dengan kondisi lalu lintas), angkat kopling perlahan, jika sudah sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil hanya diatur oleh gas (gunakan gigi 1, 2, dan 3 saja jika berada di dalam kota)

ball

Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2

1

Jangan panik !

2

Injak kopling habis

3

Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan

– Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit

– Jika mobil sedah bergerak stabil, angkat kaki dari kopling, jalankan mobil hanya dengan gas saja

ball

Macet di jalan tanjakan

1

Gigi dalam posisi gigi 1 (sebaiknya selalu gunakan gigi 1 kalau jalanan macet)

2

Injak kopling habis

3

Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan

Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit

Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem

Jika mobil di depan mulai bergerak sedikit di jalan tanjakan , angkat kopling perlahan sampai ½ kopling (rasakan sampai mobil bergetar)(agar mobil tidak mundur ketika melapas rem), baru lepaskan rem, tempel gas

Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, injak pedal rem, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sekuku sampai mobil terasa bergetar sedikit (agar mobil tidak mundur), tempel gas

ball

Tanjakan tanpa menggunakan rem

1

Gigi dalam posisi gigi 1

2

Injak kopling

3

Angkat kopling sekuku (mobil akan bergerak maju perlahan, MOBIL BERJALAN)

4

Injak kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas sedikit (mobil akan berhenti, MOBIL BERHENTI)

5

Angkat kopling sekuku (mobil akan merayap maju kembali, MOBIL BERJALAN)

Untuk berjalan atau dan berhenti dalam posisi ini hanya menggunakan kombinasi injak dan angkat koling sekuku

ball

Tiba2 ada orang menyeberang

1

Angkat gas

2

Injak rem

3

Injak kopling habis

ball

Macet di jalan rata

1

Gigi dalam posisi gigi 1

2

Injak kopling habis

3

Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan

Jika mobil di depan berhenti tiba2, injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku sambil injak gas sedikit

Kombinasi kopling dangan gas ketika mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik digunakan sehingga kalau mobil di depan maju tinggal angkat kopling sambil tempel gas. Jadi maju dan berhentinya mobil hanya menggunakan kombinasi kopling dan gas !

Jika mobil di depan mulai bergerak maju sedikit, injak kopling habis, lalu angkat kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap

Jika mobil di depan mulai berhenti perlahan, angkat kopling sekuku, injak gas (rasakan sampai terasa mobil berhenti perlahan)

Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sampai terasa mobil maju jika perlu boleh tambahkan dengan menginjak gas

ball

Macet di jalan turunan

1

Gigi dalam posisi gigi 0

2

Mainkan rem saja tak perlu gas karena mobil akan berjalan dengan sendirinya tanpa di gas

ball

Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap

1

Injak rem perlahan

2

Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1

3

Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap

4

jika mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling lalu angkat sedikit kombinasikan dengan menginjak gas sampai mobil terasa berhenti perlahan, atau injak kopling dan tempel rem

ball

Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan

1

Injak kopling habis

2

Tempelkan kaki di rem, rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan menginjak rem terlalu cepat)

3

Pindahkan gigi ke gigi 0

3

Angkat rem tangan

ball

Parkir di depan tempat kursus di Bojongsari yang ada disebelah kiri jalan dari arah Parung

1

Injak kopling habis

2

Lepaskan gas

3

Pindahkan gigi ke gigi 1

4

Putar habis stir ke kiri (putar 2 x )

5

Angkat kopling sekuku (mobil bergerak maju perlahan)

6

Atur mobil hingga parkir dengan ban lurus ke depan, gunanya agar power stering tidak cepat aus/rusak

ball

Memutar mobil 180o di depan tempat kursus Mobil (putar melawan arah jam, nanti mulut mobil di kiri dan pantat mobil di kanan)
Mobil nanti terparkir dengan depan mobil mengarah ke jalan raya

1

Injak kopling habis

2

Putar stir habis ke kanan

3

Pindahkan gigi ke gigi R

4

Angkat kopling sekuku (mobil bergerak mundur perlahan dengan buntut mobil ke kanan)

5

Jika posisi sudah lumayan lurus, injak kopling sekuku (untuk memberhentikan laju mobil) kemudian lihat dari kaca spion ruangan di belakang mobil apakah ada jarak atau tidak antara pantat mobil dengan tempat sampah dibelakangnya)

6

Jika posisi aman, artinya ada jarak antara pantat mobil dengan tempat sampah itu, maka angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur kembali)

7

Setelah mobil lurus dan cukup buat memutar mobil kembali, injak habis kopling, pindahkan gigi ke gigi 1

8

Putar habis stir ke kiri ( 2 x putaran)

9

Angkat kopling sekuku (mobil mulai bergerak maju merayap lagi)

10

Jika masih belum dapat, injak lagi rem

11

injak kopling, pindahkan gigi ke R

12

Angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur)

13

Karena ada tangga 1 tingkat dan kita akan meletakkan buntut mobil diatas tangga tersebut, injak gas agak banyak

14

Setelah mobil dapat melewati tangga, injak kopling habis

15

injak rem

16

Luruskan stir agar posisi ban atau posis parkir menjadi lurus

ball

Parkir mundur di garasi bagain kiri jalan

1

Posisi belakang mobil sedikit sebelum tonggak pagar

2

Injak kopling habis, pindahkan gigi ke R

3

Mundurkan mobil hanya dengan menggerakkan kopling sedikit,caranya: injak kopling habis, angkat kopling sekuku, tahan biarkan mobil merayap, injak lagi sekuku, tahan

4

Putar stir mobil 2 x ke kiri (putar habis)

5

Mobil luruskan (ban luruskan) dengan cara putar balik stir 2 x putaran ke kanan

6

Mundurkan lagi mobil sedikit agar mobil menjadi lurus

ball

Berhentikan mobil ketika mundur

1

Angkat gas

2

Injak rem perlahan2

3

Injak kopling habis

ball

Melambatkan jalannya mobil ketika mundur (Mobil berjalan merayap)

1

Posisi gigi di R, angkat gas, tempel rem

2

Injak kopling, angkat/lepas rem

3

Angkat kopling sekuku

ball

Perhatikan ! Jika sudah dapat berhenti dengan ½ kopling + tempel gas, maka jika gas ditambah sebesar apapun mobil tak akan bergerak

ball

Parkir maju

1

Lewati mobil ½ badannya

2

Belokin stir

3

Jalankan mobil pelan2 kopling diangkat pelan2 sekuku

ball

Mundur/parkir ke kanan

1

Putar stir habis ke kanan

2

Mundur merayap

3

Putar balik stir

4

Mundur lurus

ball

Parkir mundur ke kanan Honda Jazz 2005 tampak depan samping —->>>

1

Injak kopling habis

2

Pindahkan gigi ke R

3

Tempel rem

4

Mundur lurus

5

Jalankan mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan – berhenti – jalan – berhenti -jalan dengan cara: Injak kopling sekuku, tahan, lalu angkat lagi kopling sekuku, tahan

6

Mata lihat ke kaca spion

7

Perhatikan: Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar

Jika pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan tempat parkir maka Injak kopling

8

Putar stir habis kekanan 2 x putaran

9

Angkat kopling sekuku

10

Jika jalan menanjak bantu tenaga mobil dengan menginjak gas

11

Jika kira2 mobil sudah masuk, luruskan mobil dengan cara injak kopling

12

Putar balik stir 2 x ke kiri

13

Angkat kopling sekuku agar mobil bisa masuk pas ke dalam tempat parkir

Jika ingin parkir tepat di pinggir maka mobil dibelokkan kurang sedikit pantat mobil dari ujung jalan (lebih kurang sebesar 1 x badan manusia)

Jika ingin parkir agak ke tengah (jika tempat parkir agak besar) maka start mobil di belokkan pas di ujung jalan belokan itu

14

Injak kopling

15

Tempel rem

16

Pindahkan gigi ke gigi 0

17

Angkat rem tangan

18

Lepaskan kaki dari kopling dan pedal rem

19

Matikan AC, copot sealt belt, matikan mesin mobil, ambil kunci dan simpan, gembog stir mobil, buka pintu

ball

Jika kita salah perhitungan ketika membelokkan mundur mobil, maka

1

Injak kopling

2

Pindahkan gigi ke gigi 1

3

Majukan mobil sedikit, jika kira2 sudah lurus (kontrol dengan cara mengatur ban mobil agar lurus dengan cara putar balik stir)

4

Mundurkan mobil dengan cara Injak kopling, pindahkan ke gigi R, angkat kopling sekuku tahan, angkat lagi sekuku tahan, injak sekukuku taha, begitu seterusnya sampai posisi mobil benar2 masuk

Jangan lupa melihat kondisi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang melalui kaca spion

ball

Perhatian :

1

Stir tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban dan poros ban

2

Kalau jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak dapat merusak mekanik kopling

3

Rem kaki tidak boleh diteka terus tapi harus dengan pola angkat, injak, angkat, injak (misalnya ketika turunan) sebab dapat menyebabkan rem terbakar

4

Pakailah selalu gigi 1 jika melalui jalan yang berlubang2

5

Untuk perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1 dan 2 saja

6

Kuasai emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat

7

Gigi 1, 2, 3 untuk jalan lambat dan tanjakan

8

Gigi 4,5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan

9

Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak dan sekaligus

10

½ kopling berguna untuk jalan menanjak, macet, belok, start awal berjalan, mundur, belok/memutar mobil, dan parkir

11

Gigi 3 untuk jalan raya besar

12

Gigi 2 untuk jalan raya kecil/sempit

ball

TIPS :

1

Bagian mobil yang tidak boleh kena air ketika mencuci mohbil: tempat busi, dan tempat injection

2

Mesin hendaknya dibersihkan dengan minyak tanah jangan dengan air, karena mesin cepat karatan jika kena air

3

Jika mengganti oli minta dibersihkan juga: busi, saringan udara minta disemprot sebab saingan udara yang kotor berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar

4

Sampai jalan 50.000 km mobil baru masih aman karena service masih ditanggung dealer

5

Jika stir ngebuang maka harus di balanching dan di spooring

6

Seminggu sekali sebaiknya ganti air aki

7

Tun up jangan terlalu sering

8

Saringan bensin dibersihkan dengan ditiup agar tidak cepat kotor

9

Bensin jangan dibiarkan sampai habis karena kotoran bisa naik

10

Mencuci mobil jangan memakai rinso tapi pakailah shampoo mobil

11

Setelah jalan 75.000 km biasanya ban harus diganti

12

Jangan terlalu banyak main setengah kopling jika lampu merah pakai rem tangan saja karena dapat membuat mesin panas !

Sebab bisa membuat kanvas kopling tipis sehingga mobil akan terasa kurang tenaga meskipun sebenarnya mesin baik2 saja.
Output mesin akan terbuang sia2 karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik.
Jika penipisan pada kanvas kopling sudah amat parah maka mobil tidak bisa melaju sama sekali.

Fungsi kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (tansmisi)

Menginjak kopling setengah memang perlu sebagai penyeimbang agar mesin mobil tidak mati saat di-rem atau waktu pertama kali kendaraan melaju. Cuma, seharusnya jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Satu lagi, begitu selesai perpindahan gigi, langsung lepas pedal kopling.

Yang sulit dihindari adalah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih memilih menginjak pedal kopling setengah ketimbang cara lain. Salah satu cara yang kami sarankan adalah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai pun terpaksa harus berhenti karena antrian mobil, lebih baik posisikan netral sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling bisa dibebaskan.

Ketika kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus sehingga praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda. Digeber-geber pun laju kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan menekan kanvas sehingga power dari mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak menuju persneling.

Pada saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel yang diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga setengah menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan antara kanvas kopling – fly wheel – matahari. Gesekan-gesekan ini yang akan mempercepat tipisnya kanvas kopling

13

Biasakan menggunakan oli merk PRIMA (beli di pertamina)

14

Mobil di tempat kursus biasa pakai oli merk ADNOC (warna hijau) karena mobilnya dipakai terus menerus

15

Panaskan mobil tiap hari selama 10 menit

16

Merk cat mobil dihapalin, minta contoh cat ke dealer atau minta secukupnya

17

Bila mobil garet sedikit, hilangkan dengan autan pada tempat yang kena lalu cuci pakai shampoo

18

Jika mengelap kaca harus sampai kering

19

Saringan udara dan busi original bekas simpan saja jangan dibuang

20

Pakailah lap mobil merk CANEBO, lap ini full terbuat dari karet, jiak ditarik akan terasa melar

21

Harga kunci stir kira2 Rp. 50.000,-

22 Jangan pernah sekalipun menyetir dalam keadaan mengantuk atau lelah. Saya pernah mengalami memaksakan diri menyetir dalam keadaan mengantuk, akibatnya mobil saya menabrak fondasi rumah orang ketika sudah mau sampai rumah (posisi kopling di gigi 1), akibatnya mobil saya rusak berat tidak bisa jalan karena ban depan melesak ke dalam dan untuk memperbaikinya butuh waktu 1 bulan di body repair.

 

Artikel ini bisa di download dalam bentuk file PDF disini: PENGALAMAN-KURSUS-STIR-MOBIL-MANUAL.pdf

Note:
Mobil sekarang gak perlu pakai Anti karat karena seluruh bodi mobil sekarang sudah dilapisi anti karat ketika proses pembuatannya. Tapi jika ada cat nya tergompel, cepat2 tutupi , jangan sampai plat mobil berhubungan langsung dengan udara bebas karena akan menimbulkan korosi atau karat.

Copyright © Anita Handayani

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya.
Boleh banget titip komen
tapi gak perlu mencantumkan url blog kamu di badan komen.
Cukup isi nama dan url blog kamu di bagian name and url.
Otomatis keliatan dan akan saya BW kembali.
Sering-sering mampir, ya!
A happy reader is one of my excitement of being blogger.
Terimakasih atas kunjungannya.


83 Comments

  1. maaf mengganggu…

    apakah transmisi mobil manual jika berada di posisi gigi R, mobil bisa berjalan sendiri tanpa pedal GAS di injak……

    terimakasih…..

  2. @Cika: Transmisi mobil manual jika berada di posisi gigi R, mobil akan diam jika rem tangan di aktifkan atau jika mobil parkir di tempat yang datar. Tapi kalau mobil berhenti ditanjakan, lalu Cika meletakkan posisi tansmisi pada gigi R maka dapat dipastikan mobilnya akan berjalan sendiri walau pedal gas tidak diinjak 😀

  3. Terimakasih banyak,karena sangat membantu saya yang baru ingin belajar mobil (lagi kursus).

  4. @Mastumuju: Terimakasih kembali sudah bersedia mengisi kotak komen nya selalgi berkunjung dan membaca artikel ini

  5. AsyikSekali ™

    09/10/2015 at 01:40

    Jika dalam posisi gigi 1, lepas kopling, tanpa gas, apakah mesin mobil tidak mati?

  6. Penjelasannya panjang lebar dn sangat lengkap, tapi jd bikin sy tambah takut stir mobil. Berasa rumit skali ya…tapi tmpat kerja jauh mau g mau hrus blajar mobil. Tapi senang dpt tulisan dr sesama perempuan dn berhasil stir mobil. Gmna ya menghilangkan hambatan psikologis, spt takut dn merasa stir mobil itu sulit ? Trmksh byk sblmny.. :)

  7. @Asti: Pada awalnya semua orang khususnya perempuan pasti takut dan merasa sulit ketika belajar stir mobil. Yang sulit itu sebenarnya adalah memunculkan feeling bahwa mobil kita enggak bakal nabrak di parkiran atau di jalan sempit misalnya karena kita kan berada di dalam yang sama sekali gak bisa ligat sisi luar mobil kita. Biasanya diawal2 belajar stir mobil keluar keringat dan duduknya pun maju kedepan mendekati stir :) Tapi lama2 tidak demikian, setelah feeling muncul kita mnyetir jadi santai tidak keluar keringat lagi dan duduknya pun sudah gak tegak lagi. Feeling dapat muncul kalau Mb Asti sering2 menyetir mobil dan ketika Mb Asti sudah bisa menggunakan kaca spion dan lekukan weaper sebagai mata ketiga kita.

  8. @Asyik Sekali: Ya gak lah, mobil akan berjalan melambat (mobil bergerak memakai lumpsum nya ). Tehnik ini bagus kalau kita mau melewati undukan polisi tidur.

  9. saya juga sedang ingin melajar menyetir mobil, namun masih agak takut. Pdahal kemauan saya besar untuk bisa mengendarai mobil.

  10. @Lita: Biasa itu, saya dulu di awal2 belajar mobil juga takut bahkan sampai keluar keringat sebesar-besar jagung. Tapi lama2 juga hilang dan bisa tidak takut lagi :)

  11. tulisan ibu sangat lengkap, emang terlihat banyak tahapan yah utk memulai.

    ibu mohon penjelasan maksud lekukan wiper jadi mata ketiga itu bagaimana fungsinya yah dan apa ada triknya?

    kalau saya belajar setir yg otomatic apa kelebihan dan kekurangannya?

    lebih bagus mana memilih mobil yg memiliki moncong atau tdk dlm belajar stir mobil

    yang ke empat, doakan saya yah bu, semoga dlm waktu dekat ini saya bisa membeli mobil yang saya impikan..aamiin 😀

  12. @Sriadi:
    1.”Lekukan wiper jadi mata ketiga” maksudnya adalah mata pertama adalah mata yang ada di diri kita, mata kedua adalah kaca spion, nah…. mata yang ketiga adalah lekukan pada wiper itu. Maksudnya jika kita membawa mobil pada malam hari ditempat sempit kan susah tuh melihat kaca spion karena gelap, nah…. lekukan wiper ini bisa menjadi mata atau pedoman buat kita agar bisa menjalankan mobil dengan baik di gang sempit yang ada gotnya. Jadi kalau lekukan wipernya masih berada di luar got berarti posisi mobil kita aman.
    2. Belajar setir otomatic itu kelebihannya kaki enggak capek nginjak kopling setiap mau ganti gigi. Pedal kopling biasanya lebih berat daripa pedal gas. Kekurangan setir yang otomatic adalah kalau lupa mengembalikan kopling keposisi nol, maka kalau kita menghidupkan mobil nantinya akan loncat cukup jauh kemungkinan akan membentur dinding depan kalau jaraknya sempit. Satu lagi kekurangan setir otomatic yaitu kalau tiba2 mobil kita mogok dijalan, maka untuk menghidupkannya kembali tidak bisa dipaksa dengan cara di dorong.
    3. Lebih bagus memilih mobil yang ada moncongnya, karena jika terjadi kecelakaan lebih aman.
    4. Amin…. semoga do’anya terkabul :)

  13. Dear Ibu Anita Handayani,

    Terima kasih bu atas infonya yang sangat lengkap ini. Saat ini saya sedang belajar stir mobil. Sudah pertemuan yang ke 5 tapi masih belum lancar juga sampai sekarang. Dikarenakan masih ada rasa takut. Takut menabrak dan suara klakson dari mobil dan motor yang ada dibelakang mobil saya. Saya langsung print artikel ini. Semoga dapat membantu saya.

    Terima kasih.

    Widya

  14. @Widya: Terimakasih kembali. Semoga cepat lancar Belajar Stir Mobilnya dibantu dengan artikel saya ini, Pengalaman Kursus Stir Mobil :). Takut menabrak dan takut mendengar suara klakson mobil atau motor yang ada dibelakang mobil kita apalagi kalau kita berada di tanjakan adalah hal yang biasa dialami semua pemula belajar stir mobil, karena mungkin kita terlalu lama menjalankan mobilnya hehehe…. Jadi jangan takut, nanti juga terbiasa dan tidak akan ada lagi bunyi klakson yang mengganggu itu :).

  15. Terimakasih, sangat membantu sekali karyanya.

  16. @Efu: Terimakasih kembali :)

  17. Saya jg baru belajar menyetir mobil. Tp bingung jg sih klu jalan mundur kan posisi gigi di R trus angkat kopling sedikit n rem kaki. Klu rem kaki sy lepas malah mobil terasa mundur agak cepat krn posisi areanya agak turun sedikit. Akhirx sy injak rem penuh n kopling ttp sy injak penuh tp yg sy angkat sedikit2 itu rem kakix. Itu pengruh ke kopling apa tidak ya. Terima kasih infonya :)

  18. @Dian: Selama kopling diinjak, pastilah pengaruh ke kopling. Makanya agar koplingnya awet jangan sering menginjak setengah kopling jika tidak terpaksa.

  19. Dwi Lestari S

    09/01/2016 at 19:52

    bu Anita..Terimakasih banyak artikelnya..semoga jadi amal kebaikan dan manfaat bagi yang membutuhkan

  20. @Dwi Lestari S: Terimakasih kembali. Amin….

  21. Masih tetap belum ngerti apa maksudnya .wiper jadi mata ketiga…wiper kan ada dikaca.bu..terus kalau got masih.dilekukan wiper??? Masih.bingung bu…gimana maksudnya…hehehehe
    .

  22. @Praptono: Maksudnya gini, kamu sering setir mobil kan? nah kalau kamu lagi nyetir mobil malam hari yang gak ada penerangan lampu jalan terutama, kamu gak bisa lihat kaca spion kan? semua seperti gelap saja. Nah kamu harus ada patokan agar gak nyemplung ke got roda mobilnya. Iya kan? Nah…. disini fungsi lekukan yang ada di wiper yang nempel di kaca depan bisa kamu gunakan sebagai ancer2 saja sehingga ban mobil kamu gak nyemplung ke got pinggir jalan. Caranya lihat dari bangku kamu nyetir, jika lekukannya masih belum melewati pinggiran got berarti posisi mobil kamu masih aman. Sekian penjelasan dari saya, semoga bisa difahami.

  23. Sip…sudah mengerti sekarang. Terima kasih ibu…

  24. @Praptono: Okey…. Terimakasih kembali :)

  25. roby.doank

    23/01/2016 at 15:29

    Bu…bagaimana mobil avanza saya mau nyalip motor supaya gak kesenggol motornya di jalan raya.. tolong penjelasan rincinya. Tksh

  26. @roby.doank: kalau saya pakai ilmu wiper itu , kalau nyalipnya malam hari. Kalau nyalipnya siang hari juga bisa dan dikombinasikan dengan melihat kaca spion kiri. Jika ujung kaca spion kiri belum menyentuh motor yang mau di salip berarti aman. Kalau mau pakai ilmu wiper, selama lekukan wiper belum menyentuh body motor berarti aman buat nyalip. Semoga Anda mengerti penjelasan saya ini :)

  27. kalok mobil keadaan gigi N stir belok belok sendiri itu apanya

  28. @Indra: Gigi N? saya gak tau itu Gigi buat apa ya?

  29. Ibu anita, terima kasih banyak, artikelnya sgt membantu, sy baca berulang ulang, terutama soal lekukan wiper, skrg sdh mulai mengerti, tinggal prakteknya, kbetulan pakai mobil jadul, jd trauma mobilnya mogok d jln aja, terima kasih bu

  30. Klo start awal dgn 1/2 kopling caranya gmna ya, trima kasih sblumnya..

  31. Klo start awal dgn 1/2 kopling, caranya gmn ya? Mksh sblumnya..

  32. Sangat membantu

  33. @Ocha: Cara Start awal 1/2 kopling itu yaitu injak kompling penuh lalu masukkan gigi 1, setelah itu pedal kopling yang Anda injak angkat pelan2 sambil pedal gas di injak pelan2 (Pedal Kopling cukup diangkat sampai setengahnya saja), maka akan terasa mobil bergerak maju pelan2.

  34. Gan mau nanya.
    klo pas pertma kan injak kopling terus madukan gigi 1. Kemydian lepas perlahan .mobil akan bergerk jalan
    pertanyaanya.
    1.saat mobil bergerak jalan kemudian di rem tanpa injak kopling apakah mobil madih bs bergerak jalan stelah remnya dilepas.atau mobilnya mati atau bethenti
    2. Masi diposisi yg sama yaitu gigi 1. Terus direm tanpa injak kopling kemudian rem diangkat/lepas terus injak gas, mobil berhenti apa betgetak apa mati?

  35. @Smail: Saya perempuan, jadi jangan dipanggil Gan ya…. :)
    Wow pertanyaan nya seperti lagi nge test nih
    Ok saya jawab satu1 ya
    1. Kalau mobil dalam posisi gigi 1 di rem tanpa injak kopling, maka mesin akan mati dan mobilnya berhenti
    2. Kalau mobil dalam posisi gigi 1 tanpa injak rem tapi injak gas maka mobil tetap bergerak pelan gak bisa cepat karena kalau gas diinjak banyak maka mobil akan berbunyi.

  36. Punten mba bu… lp klo prempuan
    jawabn nomer 2.masi blum paham
    Saya coba ulang pertinyiinya ya bu..

    2. Masi diposisi yg sama yaitu gigi 1. Terus direm tanpa injak kopling kemudian rem diangkat/lepas terus injak gas, mobil berhenti apa betgetak apa mati?
    jd dalam posisi gigi 1, lepas kopling trus direm tanpa injak kopling kemudian rem diangkat kembali..terus injak gas apakh mobil akan berhenti ataukah tetap bergerak jalan atau medin malah mati

  37. @Smail: hehehe….
    1. Jika Masi diposisi yg sama yaitu gigi 1. Terus direm tanpa injak kopling kemudian rem diangkat/lepas terus injak gas, mobil berhenti apa betgetak apa mati?
    Jawab: Jika dalam posisi gigi 1 lalu injak rem tanpa injak pedal kopling maka mobilnya akan mati alias gak bisa jalan.
    2. Jika dalam posisi gigi 1, lepas kopling trus direm tanpa injak kopling kemudian rem diangkat kembali..terus injak gas apakh mobil akan berhenti ataukah tetap bergerak jalan atau medin malah mati
    Jawab: Mobil kan sudah mati tuh mesinnya, jadi walau kemudian injak gas gak ada pengaruh apa2 karena mobilnya mati :)
    Jadi mobilnya harus dihidupkan dulu dalam posisi masih dalam gigi 1 ya, lalu injak gas maka mobilnya jalan maju lurus.
    Semoga bermanfaat dan Smail mengerti jawaban saya.

  38. Haaaiii nyetir mobil untuk pertama kalinya memang bikin jantung deg-deg-an.. Hehehe semuanya butuh kemauan dan tekat yang kuat biar bisa belajar dengan cepat.. Feeling juga diperlukan untuk penguasaan teknik.. Hehehe

    Untuk info lebih lanjutnya nih buat yang ada disekitar fatmawati, pondok labu, lebak bulus, cilandak dan cipetee.. Bisa langsung hubungin bapak wiwiek.. Dia berpengalaman banget buat ngajar.. Orangnya sabar banget, dan baik.. Tempat kursusnya ada di rumah-nya sendiri.. Tepatnya di belakang cilandak townsquare.. Rumahnya juga ngga susah buat dicari.. Recomended bgt! Sekarang aku udah bisa nyetir keluar kota.. Hehehe.. Nomer telf pak wiwiek itu 08980868802 .. Dijamin ngga nyesel! Hehehe

    Oh iyaaa nomer tlf rumah pak wiwiek itu 0217657322

    Dijamin deh ngga nyesel! Sekarang saya sudah bisa bawa mobil keluar kota.. Bulan lalu saya berdua teman saya roadtrip ke jogja, dan saya bergantian bawa mobil berdua.. Hehehhee.. Akhirnyaaa saya bisa lancar bawa mobil walaupun kadang masih suka deg-deg-an.. Hehehe.. Good luck buat yang lagi belajar yaaa!

  39. Dear ibu anita.
    Artikelnya sangat membantu,sy jg sedang belajar stir mobil. Ada pertanyaan sedikit bu :
    Waktu dilampu merah,saya lepas gas,kemudian injak kopling penuh,itu posisi gigi nol,pas lampu mw nyala ijo,masih diposisi injak kopling saya masuk gigi 1,angkat kopling pelan pelan mobil jalan,baru lepas kopling tambah gas dikit. Teknik ini diajarkan sama pelatih sy yg pertama.
    Kemudian sy cb minta ganti pelatih, posisi masih sama dilampu merah,kl sm yg pelatih kedua ini,kopling sama diinjak penuh tp posisi gigi 1,pas lampu ijo angkat kaki dr kopling sedikit smp berasa bergetar,dan mobil jalan pelan.
    Untuk kedua cara diatas apakah sudah benar bu ? Terima kasih jawabanya

  40. @Tatik: Yang bagus adalah jika di lampu merah dan berhentinya lama, sebaiknya injak kopling penuh, lalu pindahkan ke gigi nol (pedal gas jangan diinjak) dan tarik rem tangan (agar kanvas kopling nya tidak cepat aus atau rusak, kanvas kopling ini lumayan mahal harganya). Begitu lampu sudah hijau, turunkan rem tangan , lalu injak kopling penuh, masuk ke gigi 1, angkat pelan2 pedal kopling atau angkat setengah kopling lalu injak gas sedikit demi sedikit lalu rasakan mobil bergerak maju pelan2, setelah mobil mulai melaju baru lepas kaki dari pedal kopling, pedal gas diinjak seperlunya, kalau jalannya sudah mau cepat baru pindahkan ke gigi 2, kemudian gigi 3. Demikian Bu penjelasan saya semoga bermanfaat dan cepat muncul fillingnya dalam menyetir mobil :)
    Menurut saya cara pengajar pertama itu lebih tepat, kalau pengajar kedua kurang tepat karena ibu akan pegal injak kopling yang lumayan berat itu.

  41. Dear ibu anita
    Trm kasih penjelasannya bu. Sangat bermanfaat. :)

  42. @Tatik: Sama2 Bu.

  43. malam bu, ibu hebat bisa menyetir mobil saya saja masih suka takut kalau di jalanan tanjakan pegunungan kalau lagi padat apalagi kalau ketemu macet,
    saya paham maksud mbak @tatik,mungkin penjelas ibu juga sudah baik. tapi saya cuma menambahkan saja..mungkin bisa untuk saling berbagi untuk sesama yg baru belajar mobil seperti saya ini.
    – Waktu dilampu merah,saya lepas gas,kemudian injak kopling penuh,itu posisi gigi nol,pas lampu mw nyala ijo,masih diposisi injak kopling saya masuk gigi 1, angkat kopling pelan pelan mobil jalan, baru lepas kopling tambah gas dikit. Teknik ini diajarkan sama pelatih sy yg pertama.
    * sebaiknya kalau berhenti dan sudah digigi nol kopling dilepas untuk memperpanjang umur kopling atau biar lebih awet.
    -Kemudian sy cb minta ganti pelatih, posisi masih sama dilampu merah,kl sm yg pelatih kedua ini,kopling sama diinjak penuh tp posisi gigi 1,pas lampu ijo angkat kaki dr kopling sedikit smp berasa bergetar,dan mobil jalan pelan.
    Untuk kedua cara diatas apakah sudah benar bu ?
    *mungkin pelatih mengajarkan pas nyampai di lampu merahnya sebentar lagi mau hijau kan biasanya suka ada hitungan detiknya.

    *jika lampu merah lama seperti yang dijelaskan ibu, sebaiknya setelah berada atau memindahkan tranmisi ke gigi 0 atau di netralkan lepas pedal kopling dan pakai rem tangan.
    jika sudah lampu hijau injak pedal pedal kopling masukkan ke gigi 1 angkat pelan” atau 1/2 kuku biasanya menyebutnya sampai mobil terasa begetar sedikit lalu lepas rem tangan pelan-pelan, ini untuk berjaga-jaga jika jalan tidak rata atau agak menanjak sedikit supaya tidak melorot mundur. kalau prosesnya lepas rem tangan (tanpa menginjak rem kaki) injak pedal kopling masukkan gigi 1 angkat kopling pelan-pelan di iringi menginjak pedal gas pelan-pelan maka pada waktu melepas rem tangan mobil bisa mundur. itu jika jalanan tidak rata. 😉

  44. Ibu Anita, trimakasih banyak ilmu nya, doakan saya segera lancar ya bu,
    Sy ijin save ya bu.

  45. Mohon Maaf Bu. mau tanya tentang cara belok di gang sempit.
    mulai mutarnya stir itu berapa meter dari ujung gang. apa PATOKANNYA di ujung gang, stir sudah diputar penuh???
    makasih

  46. wiper ittu apa ya? yg di sebelah mana si.. kalo malem soalnya ga ada patokan buat ngeliat ban yg di belakang

  47. luar biasa..gk nyangka wanita hebat jg.ku kira yg nulis ini pria, gk taunya wanita.hebat.salut.

  48. luar biasa..gk nyangka wanita hebat jg.ku kira yg nulis ini pria, gk taunya wanita.hebat.salut..n trs berkarya unt membagikan ilmu2 n pengalamannya unt org lain.

  49. @anita : Maksudnya lekukan wiper yg bagian mana bu? Saya kurang paham. Bukankah seharusnya perhatikan lekukan kaca mobil?

  50. @Ryo: iya, maksud saya lekukan wiper yang ada diatas kaca depan mobil ^_^

  51. @Heriyanto: hehehe…. saya asli wanita Pak yang senang sharing ilmu dan pengalaman.

  52. Bu, lekukan wiper itu apa ya?

  53. Bu sy msi susah mutar mobil d tempat sempit dan parkir mobil yang lurus dan tepat .soalnya saya menggunakan mobil triton

  54. bu, sy bru belajar menyetir di kursus udah selesai slma 6 x. setelah itu saya bljr dirumah pakai mobil sendiri(baleno) saya dsuruh oleh ppa saya untuk bljar majumundur dan putar putar dipekarangan rumah saya. yg saya lakukan yaitu idupkan mesin, pijak kopling abis ,pindah gigi 1, lepas kopling pelanpelan tpi tidk dilepaskan (karna klo dilepaskan sya takut kecepatan) tpi ppa saya malah bilang kalo majummundur kopling lepas pelan,lalu gas pencet sedikit jalan agar jalan dan tidak mati mesinnya, tapi saya slama kursus tidak diajarkan begitu.sy malah kena marah oleh, papa. trus saya masih sering mati mesin bu, tolong dijawab yaa.makasi sebelumnya hehehe :)

  55. saya maju/mundur selalu memakai kopling gantung bu,tidk pernah memakai gas. saya takut mobilnya kecepatan. sya jadi malas bljr nyetir krna ppa saya tidak sabar,trus mesin nya juga sering mati bu kalo udah mati rasanya langsung down lupa semuanya, ppa saya bilang bagaimana kamu bisa kejalan kalo dirumah saja susah,kurang kuat mentalnya.
    tolong saran ya bu.

  56. @Affa: Belajar nyetir mobil yang paling sulit adalah memunculkan feeling, untuk itu maka perlu sering2 nyetir mobil. Karena yang ahli saja kalau feeling nyetirnya lagi drop pasti nyenggol mobil lain hehehe….. Benar sekali, menyetir mobil itu diperlukan mental yang kuat, tidak cepat nyerah dan cepat sedih jika gagal. Biar saja mobil nya penyok atau ke garet yang penting Anda selamat. Ini lah sebuah proses, biasanya jika habis nyenggol mobil lain maka feeling Anda akan semakin kuat. Mesin mati karena pedal gas terlalu sedikit Anda injak. Jika Affa sedang belajar mobil, maka Papa kamu gak boleh ngomel jika kamu gagal. Karena jika diomelin, maka orang yang sedang belajar mobil maka feelingnya akan berkurang, lama2 jadi hilang.

  57. @Affa: Hallo…. tetap semangat ya belajar mobilnya. Benar skalai kata papa kamu kalau maju atau mundur harus lepas pelan2 kaki dari pedal kopling berbarengan dengan injak pelan2 pdal gas agar mobilnya tidak mati 😀 Bilangin sama Papa kamu jangan suka marah2 kalau kamu sedang belajar mobil agar kamu jadi kuat dan berani nyetir mobil di tempat sepi atau di tempat ramai. Belajar jalan lurus di tepi trotoar di jalan yang rata saja dulu, agar rasa percaya dirimu muncul sedikit demi sedikit.

  58. @Mesta: Belajar mobil itu harus sering2 sampai muncul feeling kamu dalam menyetir mobil. Mutar mobil di tempat sempit memang susah. Parkir mobil lurus memang agak sulit, tapi lama2 kalau sudah biasa maka akan menjadi mudah.

  59. @Herman: windscreen wiper adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Yang dimaksud dengan lekukan wiper sudah saya simpan di artikel diatas, silahkan dilihat.

  60. @Ibnu: Tulisan saya tentang Pengalaman Kursus Stir Mobil sudah saya perbaiki (update), pertanyaanmu sudah saya jawab disana. Silahkan dibaca kembali :)

  61. Awesome. Sangat detail. Lebih detail dari instruktur sy. Kebetulan sy baru belajar 2 hari ini. Untuk wipper sebagai mata ketiga apakah maksudnya begini Bu?

    Misalnya saya akan menyalip becak. Jika dilihat dari tempat duduk kita nyetir, jika dilekukan wiper sebelah kiri becaknya di luar lekukan wiper berarti kita aman menyalipnya? Dan untuk lekukan kanan maka aman jika mobil dari arah sebaliknya terletak di luar wiper?

  62. @Aan: 😀 Anita gitu loch. Betul sekali Pak Aan itulah maksud saya dengan lekukan wiper sebagai mata ketiga. Komen Pak Aan saya tambahkan di artikel ini ya…. 💡 Terimakasih atas komen nya yang bagus sekali. Semoga Pak Aan cepat mahir mengemudikan mobil nya ❗

  63. Kemarin nyoba susah juga ternyata. Susah menentukan lekukanya yg mana. Beda mobil kan beda wiper hehe.. semoga nanti bisa menemukan polanya. Untuk berbelok enaknya pakai teknik menyilang (hand over) atau teknik push and pull ya Bu?

  64. @Aan: Oh… iya ya, beda mobil beda tipe wipernya hehehe…. sorry, saya fikir sama. Nanti kalau sudah ketemu pola nya kasih tau saya ya… biar saya sempurnakan artikel ini.
    Sebentar saya baru tau nih ada nama khusus untuk tehnik belokin mobil.
    Teknik memutar setir dengan system tarik dan dorong (pull-push) adalah teknik dimana membuat pengemudi untuk menarik satu sisi lingkar kemudi dan mendorong sisi lainnya untuk membuat kendaraan berbelok, misalnya jika berbelok ke kanan, maka tangan kiri mendorong lingkar kemudi ke atas dan tangan kanan menarik ke bawah sisi sebelahnya, atau saat menikung ke kanan posisi tangan tetap pada jam 10 dan jam 2 lalu belokkan kemudi mengikuti jalan dengan menarik ta­ngan kanan sehingga posisi tangan kanan berubah di jam 4 dan tangan kiri berubah di jam 11.
    Teknik memutar setir dengan system menyilang (hand over) adalah tehnik berbelok yang membiarkan tangan menyilang diantara jam 9-3, teknik ini dianggap aman karena selain manuver mobil terjaga, tangan pun tetap berada di lingkaran kemudi.
    Okey saya jawab ya….
    Saya hampir tidak pernah memakai teknik menyilang (hand over) ketika pertama mau belok. Saya lebih sering pakai tehnik tarik dan dorong (push and pull) yang mana kalau beloknya banyak nanti tangan kita akan menyilang dengan sendirinya. Jadi menurut saya enakan pakai tehnik push and pull. :)

  65. @Hartini: Ya benar, buat belok di gang sempit, patokannya di ujung gang setir sudah diputar penuh.

  66. @Ponqua: Terimakasih kembali. Semoga cepat lancar belajar strir mobilnya. Silahkan kalau mau save, tapi jangan lupa cantumkan asal link nya ya….

  67. Andy Senpai

    08/08/2016 at 08:59

    @Mbak Anita. Saya kan baru belajar mobil, sudah 3 kali saya belajar mobil, namun hanya sebatas muter2 area rumah aja, itupun pelan2 dan tidak ada kendaraan ramai, bisa dibilang sudah lancar. Sampai saya memutuskan untuk turun ke jalan raya, dan mencoba dengan kecepatan yg lebih dari pada saat belajar di lingkungan komplek rumah. Namun yg terjadi, mobil tidak bisa lurus. dan sering kali terlalu minggir atau terlalu ketengah. Itu kenapa ya? Apa wajar kalau kita awal2 mengendarai mobil bisa seperti itu?
    makasih

  68. Untuk honda jazz generasi ke-3 apakah patokan wiper tersebut masih bisa ditetapkan?Sekarang saya sedang belajar dan kesulitan mengetahui posisi mobil,atau kah ada tips bagaimana cara mendapatkan patokan tersebut agar bagi yang seperti saya yang belum memiliki feeling bisa punya patokan?
    Terimakasih

  69. @Singgih: Wiper honda jazz generasi ke-3 seperti apa ya? #kepo 😀
    Untuk mengetahui posisi mobil banyak cara, salah satunya denga patokan lekukan wiper.
    Yang paling umum patokannya adalah kaca spion kiri dan kanan. Jika ujung kaca spion belum menyentuh pinggiran jalan atau belum menyentuh mobil yang berlawanan arah dengan kita berarti posisi mobil kita dalam keadaan aman.
    Feeling bisa di dapat jika kita sering menyetir mobil. Dan anehnya jika kita tabrakan atau menyenggol mobil lain maka feeling kita menjadi lebih kuat dan lebih baik lagi 😀

  70. @Andy Senpai: Hehehe… ya bedalah belajar di lingkungan perumahan yang relatif sepi, dan di jalan raya yang kendaraannya ramai. Wajar, kalau masih belajar memang demikian. Lama2 juga jalan mobilnya akan lurus dan tidak sering terlalu minggir atau ketengah. Tip’s nya sering2 lihat kaca spion kiri kanan kalau sedang nyetir mobil di jalan raya.

  71. Honda jazz generasi ke 3 itu yg keluaran 2014 bu, saya ucapkan terimakasih banyak,patokan wiper bisa diterapkan juga, saya yang sedang belajar jadi lebih pede,sebelumnya saya selalu ragu2x dgn bagian kiri mobil,karena ketika kursus menyetir,instruktur sering membelokkan stir saya karena saya terlalu mepet kekiri..tp dengan patokan wiper ini saya jadi lebih yakin posisi kiri mobil saya..terimakasih Ibu Anita..

  72. Utama putra bagas

    07/09/2016 at 11:05

    Bu mau tanya,kalo mobil masuk gigi 2 itu, tanpa di gas udah jalan sendiri belum?mksh sebelumnya.

  73. @Utama putra bagas: Jika mobil berjalan lambat, sebaiknya pakai gigi 1 saja, karena kalau pakai gigi dua akan muncul bunyi berdengung pada mesin dan kalau dibiarkan maka mobilmu akan cepat rusak. Jadi kalau mau menjalankan mobil tanpa gas sebaiknya dalam posisi gigi 1 karena kalau di gigi 2 kita tidak injak gas maka mesin mobil perlahan-lahan akan mati.

  74. saya juga 1 bulan ini lagi belajar mobil awalnya mau yg otomatis cmn suruh yg manual aja, nah yang jadi kendala itu susah bgt ketika mau oper gigi suka mati mesin nya, dan yg kedua itu belajar supaya lurus mobilnya gak belok kiri-kanan, nah dalam sebulan ini saya harus bisa ini.

    nah yang jadi pertanyaan saya bgaimana cara supaya bisa itu, apkah harus sering praktek kali ya.. cuman kalo kata instrukturnya saya terlalu tegang ketika nyetir, katanya nyetir mobil itu harus rileks biar cepat masuk pelajaran nya.

  75. @Singgih: Benar sekali Jazz saya keluaran tahun 2014 yang saya beli diakhir tahun 2015. Hehehe…. senang sekali ilmu wiper tsb bisa kamu terapkan dengan baik sehingga berguna.

  76. @Surya: Kalau sudah injak kopling masukan gigi 1 dan segera injak gas pelan2 maka mobil tidak akan mundur, kecuali kalau telat injak pedal gasnya (mungkin karena gugup ditambah suara klakson dari mobil dibelakangnya hehehe….) maka mobil akan mundur sedikit. Maka untuk menghindari mobil mundur terutama ketika ditanjakan yang curam sebaiknya pakai rem tangan ketika mobil berhenti cukup lama. Lalu ketika mau jalan lagi, masukkan kopling dulu posisikan ke gigi 1 lalu turunkan rem tangan penuh sambil injak gas pelan2.

  77. @Enas Nasrudin: Benar sekali kata instrukturmu, kalau nyetir harus rileks. Tapi biasa koq, kalau lagi belajar stir mobil memang bawaannya stress dan tegang, saya juga dulu gitu. Karena takut nabrak atau nyerempet hehehe…. Jika mau oper gigi mesin mati itu artinya gas kurang diinjak. Jadi jika oper gigi pedal gas harus cukup menginjaknya ya….(seberapa banyak menginjak gas, biasanya bisa terasa berdasarkan pengalaman). Mengendarai mobil biar lurus gak belok kiri atau kanan, setir biarkan posisinya jangan diputar kiri kanan, lalu lihat kaca spion atau wiper pastikan jarak pandangnya ke tepi jalan tetap dan tidak berubah.

  78. Bu anita… Saya sudah sebulan ini bawa mobil sendiri, & udah beberapa hari ini gak ada mati mesin.. Eh tadi siang pas di tanjakan yang biasa saya lewati memang selalu padat merayap&saya selalu sukses lewatinnya,cuma tadi pas lagi jalan saya di gigi 3 trus rem-netral-gigi 2 ternyata mobil depan berhenti lagi saya pindahin ke gigi 1 eh pas mau maju mati mesin T_T
    Dan hari ini 3x mati mesin…rasanya besok2 jadi tegang stress lagi huhu…

    Baca artikel ini sangat detail&bikin saya yakin kalo saya pasti bisa gak mati mesin lagi hahaa.. Doakan ya buu…

  79. @Liakirana: Hehehe…. biasa tuh kalau ditanjakan suka gitu, mati mesin sehingga jadi stress. Biar gak mati mesin pas mau jalan, tambahkan sedikittt saja injakan kaki di pedal gas, biar gak ragu sambil injak gas sampil lepas pedal kopling pelan2, Semoga makin mahir belajar stir mobil di tanjakan :)

  80. Maaf mau tanya apakah ruang di tengah2 tanda merah di wiper itu bisa jadi ukuran posisi letak mobil yg kita kendarai ? Terima kasih

  81. Bu saya mw tanya
    Gimana cara belok di gang sempit biar gk menyerempet ke tembok

  82. @Fahmi: Cara belok di gang sempit agar tidak nyerempet tembok, lihat ujung depan mobil, gunakan feeling kamu (yaitu feeling ketika kamu parkir di garasi rumahmu yang sempit) atau jika masih kelihatan ada jarak antara dinding depan dengan mobil kamu berarti kamu aman buat belok. Dalam menyetir mobil menciptakan feeling memang yang paling susah, tapi bisa didapat jika kamu sering menyetir mobil.

  83. @Bayu: ya bisa saja Pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*