Sariawan merupakan penyakit yang sering dialami oleh siapapun. Pada umumnya sariawan terjadi karena kekurangan Vit. C pada tubuh, sehingga menyebabkan sariawan.

 

Sariawan bukanlah penyakit yang berbahaya atau bisa menimbulkan kematian. Akan tetapi sariawan dapat membuat kita susah makan, susah minum dan susah berbicara.

 

Selain itu sariawan akan mengakibatkan rasa sakit dan perih pada tempat adanya penyakit tersebut, bisa di mulut dan bisa juga di lidah. Sakitnya lumayan mengganggu…. terutama kalau lagi sikat gigi, waduhhh sakit banget kalau sikat gigi mengenai sariawan yang ada di mulut (tergelincir sementara menyikat), atau jika mengunyah makanan yang yang rasanya asin, pedas atau asam.

 

Sariawan, bahasa inggrisnya adalah Mouth ulcers.

 

Sariawan (disebut pula seriawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang cukup mengganggu di sekitar mulut.


Sariawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.


Selama sariawan hindari segala bentuk es, kopi, dan jaga kebersihan mulut.

Dalam kebanyakan kasus, sariawan tidak berbahaya dan menyelesaikan dengan sendiri dalam beberapa hari tanpa perlu perawatan medis.



Penyebab
Sariawan:

  1. Luka tergigit

  2. Mengkonsumsi makanan atau minuman panas

  3. Alergi

  4. Kekurangan Vit. C dan Zat Besi

  5. Kelainan pencernaan

  6. Kebersihan mulut tidak terjaga

  7. Faktor psikologi (stres)

  8. Kondisi tubuh yang tidak fit


Cara Men
gobati Sariawan:

  1. Minum yogurt
    Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

  2. Oleskan luka dengan bawang dan pepaya
    Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

  3. Bilas mulut dengan obat tradisional
    Bilas mulut dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

  4. Minum vitamin
    Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.

  5. Baking soda
    Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

  6. Berkumur dengan air garam

  7. Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

  8. Jambu Air
    Ambil kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang masih muda), cuci dan tumbuk halus tambah 1/2 gelas air matang, saring. Gunakan air saringan tersebut untuk kumur.

  9. Air Kelapa
    Ambil air kelapa, jika ada air kelapa hijau. Gunakan untuk kumur dan bisa juga ditelan.

  10. Kopi Bubuk
    Ambil sedikit bubuk kopi kemudian oleskan pada bagian yang sariawan, biarkan beberapa menit, kemudian kumurlah dengan air bersih. Hingga sembuh. Insaalah akan sembuh kira-kira 2 – 3 hari.

  11. Hindari makanan pedas dan asam sampai sariawan sembuh.

  12. Minum banyak cairan

  13. Menjaga kebersihan mulut

  14. Ambil nyeri-membunuh obat, seperti parasetamol

  15. Gunakan obat kumur seperti Enkasari

  16. Mengobati sariawan oral dengan obat anti-jamur seperti Kenalog, Albothyl atau Gum.

Temui dokter jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, atau jika kita mulai terganggu dengan rasa perih dimulut.

Ketika sariawan saya pergi ke dokter, dan mendapatkan obat dengan resep seperti berikut (pengalaman pribadi):

  1. Obat antibiotik 10 bh tablet dengan merk Sanprima diminum 2 x sehari

  2. Vit. C sebanyak 12 tablet dengan merk Ester C diminum 2 x sehari

  3. Obat oles di tempat lesi yaitu Kenalog

Setelah 2 xminum obat dokter ini rasa sakit karena sariawan langsung hilang.

 

Sumber: pengalaman pribadi dan http://tipsku.info/cara-mengobati-sariawan