GANGGUAN PENYALAHGUNAAN OBAT dan ALKOHOL


Adiksi dan Habitusi adalah keadaan bergantung secara fisik pada suatu jenis obat bius.Ketergantungan psikologis itulah yang kemudian disebut sebagai habituasi. Dan keadaannya ditandai dengan adanya toleransi. Habitusi (ketergantungan psikologis) mengacu kepada kebutuhan yang berkembang melalui belajar.

1. Penyalahagunaan Obat (Drug Abuse)
Menurut Chaplin (1995) adalah penggunaan obat bius samapai derajat sedemikian rupa . kecanduan obat bius (Drug addiction) adalah penggunaan obat bius sebagai kebiasaan yang disertai dengan ketergantungan npsikologis dan fisiologis.

2. Penggolongan obat bius
a. Obat Penawar
Mencakup alcohol,barbiturate / obat bius tidur (Phenobarbital,Nembutal,seconal), hidrat khoral, brimidal. Dan digunakan untuk merangsang istirahat, relaksasi,tidur,mengurangi/menghilangi kecemasan dan meredakan kejang-kejang / ketegangan.
b. Opiate narcotics
Mencakup candu opium , morfin, kodein,obat-obat sintesis,Demerol,dan methadon. Dan dapat menimbulkan keadaan euphoria (perasaan senag + keenakan), rasa muak + kantuk, dan apati dan latorgi (kelesuan). Dapat mengurangi rasa sakit. Dan yang kecanduan menjadi amat kuat dan sukar untuk disembuhkan.
c. Stimulus (obat perangsang)
Mencakup nikotin (tembakau), kafein (the + kopi), amphetamine (benzedrine,dexedrine,mathadrine), dan kokain. Amphctamine digunakan untuk mengobati narkolepsi, depresi, obesitas, dan anak hiperaktif. Dan efek sampingnya menenangkan,menekan/menghilangkan rasa lapar,insomania dan euphoria.
d. Obat penenang (Tranquilizers)
Mencakup Perantara anti psikotik (chloramazine,reserpine,dan garam lithium), dan obat anti kecemasan (valium,miltoun,equanil).Berfungsi untuk mengurangi / menghilangkan ketegangan, menekan delusi,halusinasi,dan menyembuhkan gejala-gejala psikosis. Dan banyak digunaka di rsj dan dalam tarf yang ringan di masyarakat luas.
e. Halusinogen (psychedclies)
Mencakup LSD (Lysergic acid diethymide) , mescaline ( kaktus peyote) , psilocybio (jamur mexico) , hashish (rami-rami Indian) , marijuana ( cannabis sativa).Dan dapat menimbulkan atau mempertnggi gambaran visual,meningkatkan kesadaran sensoris dan kecemasan, terganggunya koordinasi, dan dalam beberapa kasus menimbulkan perasaan yang tergantungan.

3. Alkoholisme
Diartikan sebagai kekacauan dan kerusakan kepribadian yang disebabkan karena nafsu untuk meminum yang bersifat kompulsif.
4. Tahap-Tahap dalam Alkoholisme
a. Pra Alkoholik
Minum bersama-sama teman sebaya dan terkadang minum agak banyak untuk meredakan ketegangan dan melupakan masalah yang dialaminya.
b. Prodomal
Minum secara sembunyo-sembunyi masaih sadar dan relative koheren,tetpia kemudian dapat mengingat kejadian yang pernah dialami.
c. Gawat
Semua kendali hilang dan seseorang akan minum sampai dia pingsan atau sakit.
d. Kronis
Hidup oenderita hanya untuk minum,minum terus-menerus tanpa berhenti.karena tubuh sudah terbiasa dengan alcohol.

 

Sumber:  http://hackz-zone.blogspot.com/2010/03/gangguan-penyalahgunaan-obat-dan.html