Anita's Personal Blog

Kegiatan Arsiparis | Komputer | Fotografi

Modul Pengurusan Surat Menjadi Arsip

Pengurusan Surat Menjadi Arsip

pengurusan_surat_menjadi_arsip


2 Comments

  1. Rita Ariani

    24/03/2016 at 10:33

    Perkenalkan saya rita dari yogyakarta, ingin mendapat penjelasan lebih lengkap dalam pengurusan surat menjadi arsip
    Atas perkenannya saya haturkan terimaksih.

  2. @Rita Ariani:
    Pengurusan surat menjadi arsip adalah sebagai berikut:
    1. Petugas surat yang ada di sekretariat menerima surat masuk
    2. Buka isi surat
    3. Beri cap penerimaan di belakang surat atau beri kertas disposisi
    4. Catat surat yang masuk ke Buku Masuk dan ke komputer. Tuliskan kwalitas informasi, pengolah dan keterkaitannya dengan arsip lain
    5. Distribusikan surat tsb ke unit kerja
    6. Surat tsb kembali lagi lalu serahkan ke Petugas arsip (Arsiparis) untuk memprosesnya
    7. Simpan surat tsb dimap gantung yang disimpan di filling cabinet (lemari arsip) sesuai dengan Klasifikasi Surat. Sekarang surat sudah disimpan di Filling Cabinet dan menjadi Arsip Dinamis.
    8. Setelah 1 tahun surat tersebut keluarkan dari Filling Cabinet, lalu simpan di Box arsip serahkan ke Record Center. Sekarang surat sudah disimpan di Box Arsip yang disusun di Lemari Arsip disebut Record Center dan menjadi Arsip Inaktif.
    9. Setelah 10 tahun surat tersebut di nilai kembali sesuai dengan JRA kearsipan oleh Petugas Arsip (Arsiparis)
    10. Surat yang bernilai sejarah serahkan ke Pusat Arsip organisasi untuk disimpan dan dilestarikan. Sekarang surat sudah disimpan di Box Arsip dan di susun di Lemari Arsip di Pusat Arsip dan menjadi Arsip Statis.
    Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*