Strategi Meningkatkan Peringkat Webometrics:
1. Peringkat Total
2. Scolar (Sc)
3. Rich Files (R)
4. Visibility (V)
5. Tentang Webometrics
6. Salah Benar
7. Mesin Pencari
8. Size (S)
Tentang Webometrics
Pemeringkatan dilakukan oleh Cubermetrics Lab, Spanyol, sejak tahun 2004
Misi Cybermetrics Lab adalah menerapkan metode kuantitatif untuk menganalisis perguruan tinggi dan mempromosikan OPEN ACCESS INITIATIVE
Cybermetrics Lab melakukan analisis kuantitatif dari Internet tentang ISI SITUS yang berhubungan dengan PROSES PEMBUATAN dan KOMUNIKASI ILMU PENGETAHUAN
Hal ini merupakan disiplin ilmu baru yang disebut CYBERMETRICS atau WEBOMETRICS
Indikator Webometrics adalah CONTENT (SIZE, RICH FILES, dan SCHOLAR) dan VISIBILITY
Pengukuran dilakukan dengan MESIN PENCARI Google, Yahoo, Bing, dan Exalead
Pembobotan: Size 20%, Rich Files 15%, Scholar 15%, Visibility 50%
Pengukuran indikator dilakukan dalam bulan Januari dan Juli
Pengukuran lebih dari satu kali dan diambil yang tertinggi
Peringkat diumumkan akhir bulan Januari dan Juli
Webometrics tidak menarik biaya pemeringkatan dan tidak menerima iklan
Webometrics selalu berusaha memperbaiki cara pemeringkatan
http://www.webometrics.info adalah Website Cybermetrics Lab CSIC, Aguillo, Isidro F. (2009)
Pendapat yang benar dan salah tentang Webometrics |
|
Salah | Benar |
Webometriks adalah pemeringkatan website | Isi website dan visibility digunakan sebagai indikator kemampuan global perguruan tinggi untuk menggambarkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, penghargaan internasional, hubungan dengan komunitas perguruan tinggi, sektor industri, dan ekonomi. |
Indikator webometrics tidak jelas | Indikator webometrics jelas yaitu size, visibility, rich files, dan scholar |
Jumlah kunjungan akan menaikkan peringkat webometrics | Peringkat webometrics ditentukan berdasarkan indikator webometric. Kunjungan tidak termasuk indikator webometrics. |
Peringkat indikator dianggap nilai indikator | Angka yang dicantumkan dalam pengumuman webometrics adalah peringkat dunia dan peringkat indikator, bukan nilai indikatorPeringkat yang lebih kecil adalah peringkat yang lebih tinggi |
Mesin Pencari
Mesin pencari yang digunakan dalam mengukur indikator webometrics adalah Google, Yahoo, Bing dan Exalead.
Proses indeks mesin pencari membutuhkan waktu 1 hari – 4 minggu.
Hasil mesin pencari kadang-kadang menyimpang sangat jauh.
Hasil mesin pencari bergantung pada parameter pencarian, parameter negara, atau posisi pencarian.
Webometrics IPB
Apakah Anda tahu tentang Webomatrics ?? (lihat http://www.webometrics.info/)
Berapakah peringkat IPB di kancah universitas nasional maupun internasional?
Webometrics merupakan salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui website.
Webometrics adalah karya dari Cybermetrics Lab, sebuah group penelitian dari Centro de Información y Documentacion (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council (CSIC), Spanyol. Mempublikasikan rangking universitas setiap enam bulan sekali yaitu bulan Januari dan Juli.
Webometrics merupakan perangkingan universitas yang dilihat dari sisi Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Penghitungan dan pembobotannya adalah dengan menggunakan Rumus:
Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)
31 Juli 2011-Survei yang dilakukan Webometrics di jagad pendidikan tinggi tidak hanya berkisar pada biaya pendidikan, kualitas kurikulum dan prospek lulusannya mendapat pekerjaan, namun juga dari segi publikasi universitas melalui laman.
Empat komponen yang menjadi indikator dari penilaian Webometrics adalah size dengan kuota persentase 20%. Size merupakan jumlah halaman website yang tertangkap search engines seperti google, yahoo dan live search (bing). indikator selanjutnya, visibility (50%) berupa total tautan eksternal unik yang diterima dari situs lain (inlink), yang diperoleh dari yahoo Search, live search dan exalead.
Selain itu, rich files yang merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Mirosoft Powerpoint (.ppt) dinilai dengan kuota 15%. Scholar berupa jumlah paper dan jumlah sitasi (kutipan) yang tertangkap di Google Scholar untuk setiap dokumen laman perguruan tinggi pun dinilai15%.
Webometrics adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui laman resmi perguruan tinggi. Dalam setahun, lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol ini mengeluarkan daftar peringkat pada bulan Januari dan Juli. Pembobotannya menggunakan Rumus: Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc). Informasi lebih lanjut dapat mengakses http://www.Webometrics.info
Daftar Peringkat 10 Besar Laman Perguruan Tinggi di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2011:
http://dikti.kemdiknas.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2326:layanan-informasi&catid=143:berita-harian
Kriteria Penilaian Lomba Website di IPB
Kriteria penilaian lomba website di IPB berdasarkan peringkat yang dicapai masing-masing situs web melalui beberapa parameter.
Parameter yang akan dinilai yaitu: visibility, size, rich files, scholar, Google Page Rank.
(Panduan lomba lebih lengkap dapat diunduh di http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/43325)
TEKNIK PENELUSURAN
1. Visibility (V)
= adalah banyaknya link dari luar ke suatu domain yang di indeks oleh mesin pencari Yahoo
= adalah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain, diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead.
Cara Mengukur Visibility:
1. Masuk ke url : http://search.yahoo.com
2. Pada input pencarian, ketik kata berikut :
linkdomain:[alamat domain][spasi]-site:[alamatdomain] lalu tekan enter
3. Cara menentukan peringkat :
Dihitung berdasarkan perhitungan visibility tertinggi .
Strategi Meningkatkan Visibility (V):
1. Mengisi website anitanet dengan materi yang dapat menjadikan rujukan sehingga website lain membuat link ke website anitanet
2. Mengusahakan agar teman2 membuat link ke website anitanet dari blog mereka
3. Mengusahakan agar teman2 membuat link ke website anitanet saat memberi komentar di blog atau forum lain
4. Mengusahakan agar warga kampus mencantumkan link website mereka atau link website http://ipb.ac.id saat melakukan transaksi internet, atau diskusi online.
Faktor G: Link dari 1000 Besar Dunia
Link Unik: Beberapa link dari satu halaman hanya dihitung satu link
Link Permanen: Satu link menjadi satu link yang stabil
Link Semu: Satu link menjadi banyak link, lama kelamaan menjadi satu link yang stabil;
2. Size (S)
adalah Banyaknya halaman dalam dalam suatu domain yang di indeks oleh
mesin pencari Google (G), Yahoo (Y), Bing (B) dan Exalead
Cara Mengukur:
1. masuk ke : http://google.com kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain]
2. Masuk ke : http://yahoo.com kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain] hasil akan di-direct ke yahoo site explorer Cari kata kunci:
Kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain] hasil akan di-direct ke yahoo site explorer
didapat : 101 result
3. Masuk ke : http://bing.com kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain]
4. Masuk ke : http://exalead.com/search kemudian ketik kata berikut site:[alamat domain]
Contoh Cara Mengukur Size:
Strategi Meningkatkan Size (S):
1. Menyatukan semua website unit menjadi satu domain
2. Membuat blog untuk unit, staf, mahasiswa, alumni
3. Sotware WordPress Multi User
4. Memberi otonomi pada pengelola blog
5. Membuat forum
3. Rich Files (R)
adalah banyaknya file PDF, PS, DOC, dan PPT dalam suatu domain yang diindeks oleh Google.
Cara Mengukur : Masuk situs http:// google.com (pastikan tidak di-direct ke http://google.co.id)
lalu untuk masing masing jenis file, lakukan pecarian dengan kata kunci berikut ini:
- file adobe reader (*.pdf) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:pdf
- file postscript (*.ps) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:ps
- file office word (*.doc) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:doc
- file office powerpoint (*.ppt) site: [alamat domain] [spasi]filetype:ppt
Strategi Meningkatkan Rich Files (R):
1. Buat blog lalu masukkan file PDF, DOC, PPT, PS
2. Optimalkan nilai dengan pengaturan distribusi jenis file
3. Membuat file bertipe PDF atau PS
Dowload Software PDF Creator: http://sourceforge.net/projects/pdfcreator/
4. Scolar (Sc) adalah banyaknya karya ilmiah dalam suatu domain yang diindeks oleh Google Scholar semenjak 2006.
Cara Mengukur :
1. Masuk ke url: http://scholar.google.com
akan tampil Google Cendikia
2. Ketikan parameter berikut: site:[alamat domain]—> parameter : articles and patents,
since 2006, dan includes citations
Cara Mementukan Peringkat:
Hasilnya dinormalisasikan ke 1 untuk nilai tertinggi
Urutkan dari nilai terendah untuk menentukan peringkat setiap domain
Strategi Meningkatkan Scolar (Sc):
1. Memasukkan karya ilmiah ke software OJS (Open Journal System) dan Software EPrints
2. Studi Kasus
3. Membuat file bertipe PDF atau PS
5. Page Rank
Google PageRank merupakan peringkat yang diberikan Google PageRank dan merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Untuk melakukan pengecekan bisa menggunakan tools dari situs http://www.prchecker.info
Total Perhitungan:
Visibility | Size | Rich Files | Scholar | PageRank | Total | |
Beserta Scholar | 35% | 20% | 15% | 15% | 15% | 100% |
Tanpa Scholar | 45% | 20% | 20% | 0% | 20% | 100% |
Penilaian Scholar hanya dilakukan untuk web Pusat Penelitian, web Departemen dan Blog Dosen:
1. Pusat Penelitian
2. Departemen
3. Blog Staf
Penilaian Scholar tidak dilakukan untuk web:
1. Kantor/Direktorat (KanDir)
2. Fakultas
3. Blog Staff
4. Lembaga Kemahasiswaan
5. Blog Student
6. Program Studi Pascasarjana
Leave a Reply