Foto bersama peserta Sosialisasi Pemutakhiran Konten Website Unit Kerja dan Lomba Web IPB 2015 pada Jum’at-Sabtu tanggal 30-31 Oktober 2015 bertempat di The Sahira Hotel, Bogor

Foto peserta dan panitia Sosialisasi Pemutakhiran Konten Website Unit Kerja IPB 2015.

Pada Jum’at-Sabtu tanggal 30-31 Oktober 2015, Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Konten Website Unit kerja IPB. Bertempat di The Sahira Hotel, acara ini dihadiri penanggungjawab website dan penanggung jawab konten web dari masing-masing unit kerja.

Pada hari pertama yaitu tanggal 30 Oktober 2015, pembicara atau narasumber membawakan materi sebagai berikut :

  1. Idat Galih Permana (2015) Peningkatan Pengelolaan Web Institusi dalam rangka menuju World Class University.pdfKutipan materi yang disampaikan oleh Pak Idat Galih Permana tersebut saya tulis disini: Responsive Web Design dan Daftar Hadiah Lomba Blog Staff dari tahun 2010-2015.
  2. Siti Nuryati (2015) Teknik Penulisan Konten Website 30-31 Oktober 2015.pdf

    Rumus Kunci Berita yaitu 5W+1H+1W:

    What, Who, When, Where, Why, How, WOW.…..

    Contoh template Penulisan Berita yang baik:

    Departemen………Gelar Workshop………………Pada…….Departemen……..menggelar acara…….bertempat di…………dengan menghadirkan narasumber………….Acara ini diselenggarakan untuk…………….Pada kesempatan tersebut, Dr……….selaku narasumber mengatakan, “……………………………” Lebih lanjut Dr………menjelaskan bahwa…………….

    WOW itu adalah tulisan disajikan menarik minat pembaca sehingga pembaca akan terus tertarik untuk membaca sampai selesai berita yang ditulisnya.

  3. Kusumastuti, Yatri Indah (2015) Tata Kelola Informasi Berbasis Web 30-31 Oktober 2015.pdf.

    Informasi yang dicari oleh Calon Mitra Kerjasama:

    1.Inovasi, layanan (laboratorium, outlet)
    2.Fasilitasyang dapat dimanfaatkan dalam konteks kerjasama

    Informasi yang dicari oleh Siswa SMA dan orang tua:

    1. Kurikulum
    2. Peluangkerja/usaha
    3. Fasilitas
    4. Dosen

    Jadi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan Tata Kelola Informasi Web adalah:

    1.Menambahkan informasi sesuai yang dibutuhkan (info peluang kerja, teknologi, hasil riset, kehidupan kampus, alumni)
    2. Menambahkan content visual untuk memperkuat fakta (gambar aktivitas, foto formal pimpinan)
    3. Menambahkan content audio visual (bila memungkinkan, max 3 menit)
    4. Gunakan logo, identitas standar institusi
    5. Keserasian template (belajar dari website sejenis)
    6. Tata layout – sudah sesuai? nyaman dilihat?
    7. Pilihan font dan warna

  4.  Elkana Pariwono (2015) Sosialisasi Hosting Migrasi Server Cloud 30-31 Oktober 2015. pdf

    Arsitektur hosting yang baru:

    1. Menggunakan teknologi virtualisasi server
    2. Server berada di Cloud Telkom.
    3. Hosting untuk Kandir dan Pusat didistribusikan ke 12 server berbeda
    4. Hosting untuk departemen dibagi per-fakultas

    Sehingga kendala di arsitektur sebelumnya tidak ada lagi, seperti:

    1. Spam
    2. Salah satu web Error menyebabkan Web lain pada server yang sama error juga.  Error yang sering dirasakan adalah adanya  “Error Establishing Connection to The Database
    3. High load website menghabiskan resource server sehingga menghabiskan resource bagi website lain pada server yang sama
    4. Jumlah website terus bertambah sedangkan penambahan resource server sulit dilakukan karena server yang digunakan adalah Physical Server

  5. Irman Hermadi (2015) Outstanding Achivement 30-31 Oktober 2015.pdf

    Tampilkan data sejak tahun 2010-2015

    yang meliputi:

    •Reputasi Akademik

    1. Daftar Tamu Asing:
    (Tanggal, Nama, Instansi, Negara, Tujuan)
    2. Daftar Kerjasama (Nasional/Internasional)
    (Nama, Bentuk Kerjasama, Tanggal Mulai, Tanggal Selesai)
    3. Keaktifan menjadi anggota dalam asosiasi PT dunia: (Nama, Unit Kerja, Asosiasi, Tanggal Mulai Aktif, Tanggal Selesai)
    4. Jumlah faculty member yang menjadi reviewerjurnal internasional (Nama, Jurnal/Konferensi/Seminar, asosiasi, tempat, tanggal)
    5. Menjadi tuan rumah event internasional (Tanggal, Nama Kegiatan, Tempat, Sponsor, Asosiasi), dll.
    6. Profil Dosen, Staf Tenaga Kependidikan, Staf lainnya (NIP, Nama, Unit Kerja, Alamat, Foto)
    7. Jumlah mahasiswa (NIM, Nama, Departemen, Angkatan, Tahun Akademik, Jumlah Mahasiswa)

    •Publikasi Ilmiah

    1. Jumlah Publikasi Internasional yang memiliki reputasi (Judul Artikel , Edisi/Volume, Tahun, Authors, Penerbit)
    2. Jumlah HKI  (Judul Artikel , Edisi/Volume, Tahun, Authors, Penerbit)
    3. Jumlah jurnal terindeks Scopus dan Thomson Reuters  (Judul Artikel , Edisi/Volume, Tahun, Authors, Penerbit)
    4. Jumlah publikasi ilmiah nasional (Judul Artikel , Edisi/Volume, Tahun, Authors, Penerbit)
    5. Jumlah jurnal terindeks Google Scholar (Judul Artikel , Edisi/Volume, Tahun, Authors, Penerbit)
    6. Jumlah sitasi tiap faculty member (Judul Artikel , Edisi/Volume, Tahun, Authors, Penerbit)

    •Data Alumni

    1. International joint research
    2. Daftar lulusan yang bekerjadi Multi-national Enterprise (Nama, Posisi/Jabatan, Perusahaan/Instansi,Departemen, Tahun Lulus, Tahun Mulai Bekerja, Tahun Selesai Bekerja)
    3. Daftar posisi penting lulusan/alumni di internasional (Nama, Posisi/Jabatan, Perusahaan/Instansi, Departemen, Tahun Lulus, Tahun Mulai Bekerja, Tahun Selesai Bekerja)

    •Lain-lain

    1. Logo IPB Warna Biru sesuai STATUTA IPB 2013
    2. Ketersedian hyperlink dalam bentuk Logo IPB/Teks ke halaman official website IPB (ipb.ac.id)
    3. Ketersediaan Tautan Beranda dan breadcrumbs di setiap halaman
    4. Ketersediaan Site Map (peta situs)
    5. Ketersediaan Fitur Pencarian Lokal yang dapat diakses di setiap halaman web
    6. Error Warning, ketersediaan halaman Error untuk tautan yang tidak tersambung (broken link)
    7. Terdapat film/animasi berdurasi pendek yang menceritakan keunggulan unit kerja/personal
    8. Terdapat Gallery Foto yang berisi kegiatan-kegiatan unit
    9. Kontak (Alamat Fisik, URL, Email, Kontak Personal)
    10. Daftar Fasilitas unit kerja yang menunjang pembelajaran
    11. Daftar Prestasi Unit Kerja
    12. Daftar Sertifikasi Nasional/Internasional/ISO dll.

Pada hari kedua yaitu tanggal 31 Oktober 2015, membawakan materi sebagai berikut :

  1. Firman Ardiansyah (2015) Menuju Perankingan Webometrics 2016.pdf

    Kutipan materi yang disampaikan oleh Pak Firman Ardiansyah tersebut saya tulis disini: Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia.

Penulis: Anita Handayani