Panduan Lomba Web Thn 2015

Tata cara pengukuran di Google yaitu harus keluar dulu dari seluruh akun google lalu gunakan google.com

Tata cara pengukuran di Google yaitu harus keluar dulu dari seluruh akun google lalu gunakan google.com

JADWAL KEGIATAN LOMBA WEBSITE TAHUN 2015

No

Waktu

Kegiatan

1

September

Penyusunan Skema Penilaian Lomba Web 2015

2

19-26 Oktober

Persiapan Konsinyasi dan Undangan Peserta

3

30-31 Oktober

Sosialisasi Lomba Web

4

23-27 November

Penjurian

5

Akhir Desember

Pengumuman dan Pengambilan Hadiah

6

Januari

Penganugerahan Rektor
Seo Factor (Rankings): Link, Optimize, Keyword, Update

Seo Factor (Rankings): Link, Optimize, Keyword, Update

Dalam penilaian kinerja website IPB poin penting yang harus diperhatikan adalah Search Engine Optimization (SEO) atau mengoptimalkan peran search engine dalam hal ini Google. Selalu menuliskan judul yang berbeda dari setiap artikel, menambahkan kata kunci dan menambahkan subject dalam meta data halaman website, bertukar link dengan website dari eksternal domain dan selalu melakukan internal linking dengan internal domain (ipb.ac.id), dan secara berkala melakukan peremajaan (update) terhadap konten website institusi akan berdampak pada posisi perangkingan dunia dan tentunya kinerja website menjadi optimal.

Pada tahun 2014 Kriteria Penilaian yaitu :

  1. SEO
  2. Impact
  3. Presence
  4. Openness
  5. Excellence
  6. Rich Files
  7. Page Rank
  8. Accesibility
  9. Standard Compliance
  10. Responsive

Sedangkan pada tahun 2015 Kriteria Penilaian yaitu :

  1. Presence
  2. Openness
  3. Page Rank/Google PageRank
  4. Responsive Web Design (RWD)
  5. Web Navigation
  6. Content Relevancies
  7. Update Information
  8. Social Media Integration
  9. Promotion tools
  10. Service

Pada tahun 2015 peserta lomba web yaitu dari :

  1. Fakultas
  2. Departemen
  3. Program Studi Pascasarjana
  4. Kantor dan Direktorat
  5. Pusat Penelitian
  6. Lembaga Kemahasiswaan
  7. Blog Dosen
  8. Blog Staff
  9. Blog Student

 

Kriteria Penilaian

No

Kriteria

Teknis Penelusuran
1 Presence, banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google. Presence merepresentasikan banyaknya aktivitas yang telah dilakukan oleh unit dan terdokumentasikan di situs web unit Penelusuran data dilakukan dengan cara :

  • Membuka situs http://google.com
  • Memasukkan kata kunci site:alamat situs
  • Hitung jumlah halaman yang terindex
2 Openness, yaitu jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan dan terindex di Google.com untuk seluruh file berekstensi : pdf Penelusuran data dilakukan dengan cara :

  • Membuka situs http://google.com
  • Memasukkan kata kunci site: alamat situs <spasi> filetype:pdf
  • hitung jumlah halaman yang terindex
3 Page Rank/Google PageRank merupakan peringkat yang diberikan Google PageRank dan merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer Data ditelusuri menggunakan tool dari situs http://www.prchecker.info dan mengisi nilai rangkingnya, jika pesan pencarian N/A maka nilainya 0.
4 Responsive Web Design (RWD), adalah pendekatan desain web yang bertujuan untuk menampilkan layar yang optimal, mudah dibaca dan penggunaan navigasi yang minimal baik itu untuk resize, panning, scrolling, dan tampilan yang baik di berbagai perangkat (dari ponsel ke monitor desktop komputer). Memahami konsep RWD sebetulnya bukan hanya resolusi layar yang mudah menyesuaikan maupun objek gambar yang dimanipulasi ukurannya, tetapi lebih kepada pemikiran desain layout website secara keseluruhan. Seperti sifat cairan yang dapat menyesuaikan diri dalam media apa pun (fluid grid/fluid images) Teknis pengujian dilakukan dengan tools yang terdapat di halaman http://ipb.ac.id/rankipb/responsive/. Halaman diuji dengan menggunakan Layar 240, 320, 480, 768, 1024 pixel. Setiap layar bernilai 1, jika tampilan website terlihat proporsional pada setiap layar maka nilai kriteria ini adalah 5.
5 Web Navigation sebagai petunjuk posisi dan arah perjalanan dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website.

Ketersedian Link dalam bentuk Logo IPB atau Teks “Bogor Agricultural University (IPB)” ke halaman http://www.ipb.ac.id wajib tersedia di setiap halaman website di bawah domain ipb.ac.id .

Hal-hal yang dinilai adalah sebagai berikut :

  1. Ketersedian hyperlink dalam bentuk Logo IPB/Teks ke halaman official website IPB.
  2. Ketersediaan Tautan Beranda dan breadcrumb disetiap halaman
  3. Ketersediaan Site Map (peta situs)
  4. Ketersediaan Fitur Pencarian Lokal yang dapat diakses di setiap halaman web
  5. Error Warning, ketersediaan halaman Error untuk tautan yang tidak tersambung (broken link)

Nilai ketersediaan adalah 1 untuk setiap poin penilaian, selainnya bernilai 0. Nilai Web Navigation adalah total penjumlahan seluruh nilai dalam kriteria ini adalah 5

6 Content Relevancies yaitu ketersediaan informasi Profil Unit Kerja, Reputasi Akademik, Reputasi Alumni, Jumlah Publikasi dan Artikel Ilmiah, dan Daftar Internasionalisasi Menghitung jumlah ketersediaan daftar konten berikut ini :

  1. Profil Unit Kerja (profil dosen dan staf, jumlah mahasiswa dan kegiatannya, penelitian, kegiatan, fasilitas, daftar dosen dan mahasiswa inbound/outbound, daftar mahasiswa asing dan daftar International Faculty) – (6)
  2. Reputasi Akademik (daftar tamu asing, daftar kerjasama, keaktifan menjadi anggota dalam asosiasi PT dunia, jumlah faculty member yang menjadi reviewer jurnal internasional, menjadi tuan rumah event internasional)
  3. Reputasi Alumni (daftar lulusan yang bekerja di Multinasional Enterprise, international joint research, posisi penting lulusan di internasional)
  4. Jumlah Publikasi dan Artikel Ilmiah (jumlah publikasi internasional yang memiliki reputasi, jumlah HKI, jumlah jurnal terindeks Scopus dan Thomson Reuters, jumlah sitasi tiap faculty member)
  5. Daftar Internasionalisasi (jumlah international faculty, international student, inbound students, outbound student
7 Update Information yaitu secara berkelanjutan mengisi dan meremajakan konten situs web setiap hari baik berupa data statis maupun data kegiatan

(6 nilainya) nilai per 2 bulan.

Last Update nilai berdasarkan bulan terakhir, per dua bulan (Januari-Desember Tahun 2015), website yang update terakhirnya tahun 2014, 2013, dst maka bernilai 0.
8 Social Media Integration terbagi menjadi : Ketersediaan banyaknya social media yang aktif di website unit kerja
  • FaceBook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Academia
  • Mandeley
9 Promotion tools yaitu ketersediaan perangkat promosi keunggulan dan fasilitas unit kerja untuk meningkatkan citra IPB dan menambah pengunjung lebih banyak. Penempatan fitur Promotion Tools tersebut harus terlihat jelas dan mudah ditemukan oleh pengunjung. Ketersediaan media sebagai berikut :

  • Terdapat film/animasi berdurasi pendek yang menceritakan keunggulan unit kerja/personal
  • Terdapat Gallery Foto yang berisi kegiatan-kegiatan unit
  • Terdapat Halaman yang menyediakan informasi keunggulan unit/personal contohnya peluang kerja lulusan dan kegiatan kewirausahaan yang dapat diciptakan, data lulusan yang berprestasi, kepakaran dosen, atau kompetensi/keahlian personal.
10 Service adanya bentuk layanan informasi interaktif antara pemilik website dengan pengunjung. Hal-hal yang dinilai adalah adanya ketersediaan fitur sebagai berikut :

  1. Kontak (Alamat Fisik, URL, Email, Kontak Personal)
  2. Lokasi (View Google Map)
  3. FAQ
  4. FeedBack (contoh : buku tamu, kotak saran)

Ketersediaan setiap fitur bernilai 1, selainnya 0.

Hadiah

  1. Juara Terbaik Fakultas : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  2. Juara Terbaik Departemen : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  3. Juara Terbaik Program Studi Pascasarjana : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  4. Juara Terbaik Pusat Studi dan Lembaga Penelitian : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  5. Juara Terbaik Kantor, Direktorat, Sekretariat, Unit Kerja : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  6. Juara Terbaik Lembaga Kemahasiswaan : Uang Tunai 1.500.000 + Sertifikat
  7. Penghargaan Blog Dosen : Uang Tunai @1.500.000 + Sertifikat (untuk 3 pemenang)
  8. Penghargaan Blog Staf : Uang Tunai @1.500.000 + Sertifikat (untuk 3 pemenang)
  9. Penghargaan Blog Mahasiswa Terbaik : Uang Tunai 1.500.000 + Sertifikat

Penghitungan

Setelah data hasil penelusuran didapatkan, kemudian data dinormalisasi dengan cara membaginya dengan nilai maksimal. Setelah itu nilai dikalikan dengan bobot masing masing kriteria. Nilai terbesar menduduki rangking tertinggi.

Daftar Pembobotan Kriteria sebagai berikut :

Nilai Pembobotan Kriteria :

Kategori Unit Kerja Pre sence Open ness Page Rank Respon sive Web Design (RWD) Web Navi gation Con tent Rele vancies Up date Infor mation Social Media Integ ration Promo tion tools Service
Fakultas 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Departemen 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Program Studi Pascasarjana 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Kantor/ Direktorat (Kandir) 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Pusat Penelitian 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Lembaga Kemahasiswaan 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Blog Dosen 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Blog Staf 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5
Blog Student 15 15 5 10 5 30 5 5 5 5

 

Tentang Lomba

Latar Belakang
Salah satu tolak ukur yang digunakan dalam perangkingan suatu perguruan tinggi adalah penilaian terhadap situs webnya (Isidro Aguillo, 2003). Seberapa lengkap sebuah situs web perguruan tinggi dapat memberikan informasi mengenai profil, kegiatan, publikasi dan aspek lainnya, dan yang paling penting adalah apakah informasi situs tersebut mudah ditemukan oleh pencari informasi. Situs web IPB dan unit-unit di dalamnya telah ada namun masih perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan standar internasional yang ada. Upaya ini dilakukan untuk mendukung tujuan IPB agar termasuk dalam World Class University. Selain itu, situs web merupakan sarana publikasi dan promosi keunggulan IPB yang efektif kepada masyarakat luas.
Perangkingan yang sampai saat ini sangat mempengaruhi pencitraan suatu perguruan tinggi di dunia adalah Webometrics, yaitu merupakan metodologi yang digunakan untuk melakukan perangkingan seluruh universitas di dunia. Perangkingan tersebut menitikberatkan pada kriteria Visibility dan Activity melalui kinerja website setiap universitas di dunia. (Isidro Aguillo. [online] ada di http://www.webometrics.info [Diakses 2013]).

Berdasarkan teori WebQual, terdapat tiga dimensi yang mewakili kualitas suatu website, yaitu kualitas desain situs/kegunaan (Site Design Quality/Usability), kualitas informasi (information quality) dan interaksi layanan (Interaction Quality), maka hal ini tidak sejalan dengan tujuan perangkingan webometrics yang mengesampingkan faktor kegunaan, aksesibilitas, konten, maupun popularitas dalam melakukan perangkingan terhadap kinerja website universitas di dunia. Sedangkan menurut Rektor IPB dan ITB untuk menuju World Class University perlu ditunjang oleh penggunaan ICT dalam hal ini optimalisasi kinerja website sebagai media informasi yang paling relevan.

Dalam Lomba Situs Web IPB 2015 ini akan ada penggabungan aspek kriteria webometrics, usability, accessibility, layanan interaksi dan optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization) sebagai kriteria dalam melakukan perangkingan terhadap kinerja website di Lingkungan Institut Pertanian Bogor. Selanjutnya perangkingan akan menerapkan metode Fuzzy yaitu Simple Additive Weighting (FSAW) sehingga didapatkan hasil akhir website unit kerja di lingkungan IPB yang paling berpotensi dan memberikan kontribusi terhadap perangkingan universitas di dunia.

Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi serta keberlanjutan pembaharuan situs web unit-unit kerja di IPB. Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi standar World Class University dan menjadikan web sebagai media untuk publikasi dan promosi keunggulan IPB.

Lingkup Kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi serta keberlanjutan pembaharuan situs web unit-unit kerja di IPB. Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi standar World Class University dan menjadikan web sebagai media untuk publikasi dan promosi keunggulan IPB.

Syarat dan Ketentuan
Peserta

  • Peserta adalah situs web yang berada di bawah domain ipb.ac.id dan akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kategori , yaitu:

1. Fakultas
2. Departemen
3. Program Studi Pascasarjana
4. Kantor, Direktorat, Sekretariat, Unit Kerja
5. Pusat Studi dan Lembaga Penelitian
6. Lembaga Kemahasiswaan
7. Blog Dosen
8. Blog Staff
9. Blog Student

Pemenang

  • Pemenang adalah Peserta yang dinilai oleh panitia lomba berdasarkan kriteria penilaian lomba yang telah ditentukan dengan nilai terbaik untuk setiap kategori.
  • Hak pemenang dapat dicabut jika pada kemudian hari terdapat perihal-perihal khusus berdasarkan pertimbangan Panitia Lomba Web IPB 2015

Keberlanjutan:

Lomba ini diadakan setiap tahun sebagai upaya menciptakan iklim pembaruan situs web yang berkelanjutan dan memenuhi standar bagi unit-unit kerja di IPB.

Kontak:

Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi
Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 2 Institut Pertanian Bogor
Telp. : +62 251 8623936ext. 101, 213
Fax. : +62 251 8623936
email : ict@ipb.ac.id
situs: http://lombaweb.event.ipb.ac.id

Personalia Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi:

Direktur : Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.

Kasubdit Sistem Informasi : Asep Mulyana, S.Kom, M.Kom.

Anggota Sub Direktorat Sistem Informasi :

1. M. Adi Sujiwo
2. Frans Rudolf Banjarnahor
3. Pangudi Citraning Putra
4. Nabil
5. Panggrayta Dido
6. Lugas Zulfikar
7. Ihsan Arif Rahman
8. Afif Munandar
9. iKhaerul Umam
10. Rivo Riski Maulana
11. Biyanto Daru Wicaksono
12. Deden Miptahudin
13. Wadudi Muthahari
14. Unggul Arlin Wiryanto
15. Ahmad Luky Ramdani
16. Mulia Bangun Ritonga
17. Viedya Ayu Prameshwarie
18. Raden Asri Ramadhina Fitriani
19. Alin Nur Alifah
20. Maygres Romi

Kasubdit Integrasi Data : Irman Hermadi, S.Kom, M.Si.

Anggota Sub Direktorat Integrasi Data :

1. Yulia Dwi Indriani
2. Rohmad
3. Hanif Affandi Hartanto
4. Muhammad Rizki Nugraha
5. Pradhitya Bayu Putranto
6. Asep Denda
7. Rika Sulastri
8. Lina Herlina Tresnawati
9. Siti Munawaroh
10. Intan Multiana Permata Sari

Kasubdit Infrastruktur dan Jaringan : Drs. Mahfuddin Zuhri, M.Si

Anggota Sub Direktorat Infrastruktur dan Jaringan :

1. Hasan Rohim
2. Ahmad Kurnia
3. Komarudin
4. Imanto
5. Priyo Puji Nugroho
6. Elkana G. Pariwono

Bagian Administrasi Kepegawaian dan Keuangan :

1. Yuniarti Yusuf
2. Dewi Sarah
3. Ita Nuraita
4. Euis Kodariyah Watab

Bagian Cyber Mahasiswa :

1. Apip Nugraha
2. Ade Rusdiana
3. Hamdani
4. Reni Oktaviani
5. Sukarsih

Bagian Pelayanan Perkantoran :

1. Jeni Dahlan
2. Herman Pelani
3. Rohmi
4. Asti