Panduan Lomba Web Thn 2014

Kriteria Penilaian

No Kriteria Teknis Penelusuran
1 Presence, banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google. Presence merepresentasikan banyaknya aktivitas yang telah dilakukan oleh unit dan terdokumentasikan di situs web unit Penelusuran data dilakukan dengan cara :

  1. Membuka situs http://google.com
  2. Memasukkan kata kunci site:alamat situs
2 Impact, adalah menghitung semua tautan/link eksternal yang diterima oleh situs web yang dikelola dari pihak ketiga. Link tersebut merepresentasikan popularitas kelembagaan, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari situs web yang dikelola. Data link Impact dikumpulkan dari dua penyedia informasi ini yaitu: Majestic SEO dan ahrefs (Total Penjumlahan). Dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Hasil penelusuran Majestic SEO (External Backlink x Reffering Domain
  2. b.     Hasil penelusuran Ahrefs (Total Backlink x Reffering Pages)
3 Openness, yaitu jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan dan terindex di Google Scholar akademik yaitu file berekstensi : pdf, doc, docx, ppt yang dipublikasikan di website khusus untuk periode 2009-2014. Penelusuran data dilakukan
melalui halaman http://scholar.google.com dengan memasukkan kata kunci  pencarian melalui filetype : pdf/doc/docx/ppt untuk pilihan periode 2009-2014. Hasil penelusuran seluruh tipe file dijumlahkan untuk nilai Openness.
4 Excellence, makalah-makalah akademis yang diterbitkan dalam jurnal internasional ternama memainkan peran yang sangat penting dalam peringkat Universitas. Nilai ini dipergunakan untuk fakultas dan departemen dengan menghitung banyaknya karya ilmiah yang terindex Scopus/Scimago. Banyaknya karya ilmiah yang terindex Scopus/Scimago yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Inovasi kemudian ditambah dengan hasil penelusuran artikel masing-masing Fakultas dan Departemen yang ada di Repository IPB yaitu di alamat http://repository.ipb.ac.id dihitung banyaknya artikel per judul sampai data tahun 2014.
5 Rich Files adalah banyaknya file PDF, DOC, dan PPT dalam suatu domain yang diindeks oleh Google (www.google.com) Teknik penelusuran dengan menggunakan http://www.google.com kemudian untuk masing masing jenis file, lakukan pencarian dengan kata kunci berikut ini:

  1. file reader (*.pdf) site:[alamat domain][spasi]filetype:pdf
  2. file office powerpoint (*.ppt) site: [alamat domain][spasi]filetype:ppt
  3. file office dokumen (*.doc) site: [alamat domain][spasi]filetype:doc

 

6 Page Rank/Google PageRank merupakan peringkat yang diberikan Google PageRank dan merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer Data ditelusuri menggunakan tool dari situs http://www.prchecker.info dan mengisi nilai rangkingnya, jika pesan pencarian N/A maka nilainya 0.
7 Accessibility Level A adalah ukuran kemudahan mengakses situs dan kejelasan mendapatkan informasi dari situs web unit kerja terkait sesuai dengan standar World Contents Accessibility Guide (WCAG 2.0.) Level A. Penelusuran data melalui alamat : http://achecker.ca  pilih tab Web Page URL untuk memasukkan alamat situs, kemudian pada menu Guidelines to Check Against pilih WCAG 2.0 (Level A), nilai yang diambil adalah hasil penelusuran Known Problems. Knowsn Problem adalah kesalahan sintak yang sudah terdefinisi dan dapat langsung diperbaiki dalam kode html.
Rumus menghitung nilai accessibility : 10-((Jumlah/Nilai Maks Jumlah)*10)
8 Standard Compliance, memeriksa validasi dokumen website apakah sudah sesuai dengan ketetapan World Wide Web Consortium (W3C). Data ditelusuri melalui validator http://validator.w3.org/ . Semakin sedikit kesalahan ditemukan maka nilainya semakin tinggi. Rumus menghitung nilai standard compliance : 10-((Jumlah/Nilai Maks Jumlah)*10)
9 Responsive Web Design (RWD), adalah pendekatan desain web yang bertujuan untuk menampilkan layar yang optimal, mudah dibaca dan penggunaan navigasi yang minimal baik itu untuk resize, panning, scrolling, dan tampilan yang baik di berbagai perangkat (dari ponsel ke monitor desktop komputer). Memahami konsep RWD sebetulnya bukan hanya resolusi layar yang mudah menyesuaikan maupun objek gambar yang dimanipulasi ukurannya, tetapi lebih kepada pemikiran desain layout website secara keseluruhan. Seperti sifat cairan yang dapat menyesuaikan diri dalam media apa pun (fluid grid/fluid images) Teknis pengujian dilakukan dengan tools yang terdapat di halaman http://ipb.ac.id/rankipb/responsive/. Halaman diuji dengan menggunakan Layar 240 sampai 1024 pixel. Jika website menampilkan informasi secara proporsional maka bernilai  1 selainnya bernilai  0.
10 Browser Compatibility, website dapat diakses dengan baik menggunakan browser apapun yang banyak digunakan oleh pengguna akses internet. Dalam hal ini dibatasi untuk 3 browser yaitu Firefox, Chrome, dan Internet Explorer  versi terbaru. Teknis penilaian adalah jika tidak terjadi kerusakan tampilan website di setiap browser maka bernilai 1, selainnya dinilai 0. Nilai total didapatkan dari total penjumlahan 3 browser tersebut
11 Web Navigation sebagai petunjuk posisi dan arah perjalanan dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website.Ketersedian Link dalam bentuk Logo IPB atau Teks “Bogor Agricultural University (IPB)” ke halaman http://www.ipb.ac.id wajib tersedia di setiap halaman website di bawah domain ipb.ac.id . Hal-hal yang dinilai adalah sebagai berikut :

  1. Ketersedian hyperlink dalam bentuk Logo IPB/Teks ke halaman official website IPB.
  2. Ketersediaan Tautan Beranda dan breadcramb disetiap halaman
  3. Ketersediaan Site Map (peta situs)
  4. Ketersediaan Fitur Pencarian Lokal yang dapat diakses di setiap halaman web
  5. Error Warning, ketersediaan halaman Error untuk tautan yang tidak tersambung (broken link)

Nilai ketersediaan adalah 1 untuk setiap poin penilaian, selainnya bernilai 0. Nilai Web Navigation adalah total penjumlahan seluruh poin ketersediaan.

12 Content Relevancies yaitu 3 artikel terkini di halaman utama yang memiliki nilai share terbanyak di media sosial. Menghitung jumlah share dari 10 artikel terkini yang di share ke media sosial.
13 Update Information yaitu secara berkelanjutan mengisi dan meremajakan konten situs web setiap hari baik berupa data statis maupun data kegiatan Last Update nilai berdasarkan bulan terakhir, Nilai 1 sampai 12 (Januari-Desember Tahun 2014), website yang update terakhirnya tahun 2013, 2012, dst maka bernilai 0.
14 Social Media Integration terbagi menjadi : Penilaian Popularitas untuk FB dan Twitter, dan  Ketersediaan tautan (backlink) ke domain IPB pada fitur profil di FB, Twitter, dan Google+
  • FaceBook FanPage: Jumlah Like dan Friends
  • Twitter: Jumlah Follower+Tweet
  • Link IPB pada – Contact Information di FaceBook
  • Link IPB pada  – Profile  Twitter
  • Link IPB pada  – Profil Google+
15 Legal yaitu tidak mengunggah artikel/file ilmiah yang hak ciptanya bukan milik unit /personal  untuk menghindari terjadinya pelanggaran hak publikasi. Untuk menghindari hal itu harus dilakukan tahapan penyeleksian setiap file yang akan diunggah, dan memastikan penulisnya adalah benar berasal dari unit kerja tersebut. Untuk posting artikel di blog harus menambahkan hak cipta (copy rights) jika menukil dari karya orang lain. Penelusuran menggunakan http://www.google.com dengan kata kunci site:(nama situs) filetype:pdf. Pada 10 tautan pertama hasil penelusuran dihitung jumlah tautan artikel yang legal.
16 Cleanness yaitu memastikan situs web bebas dari konten/komentar yang mengandung kata-kata yang mempromosikan pornografi, online gambling, produk obat-obatan seperti : Viagra, Cialis, Lottery, Loans, Casino. Penelusuran menggunakan www.google.com dengan kata kunci site:(nama situs) casino lottery viagra cialis. Pada maksimal 10 tautan pertama hasil penelusuran dihitung jumlah tautan artikel yang tidak memiliki keterkaitan informasi dengan unit tersebut dilambangkan dengan /n/. Perhitungan nilai  menggunakan rumus Cleanness=10-n.
17 Promotion tools yaitu ketersediaan perangkat promosi keunggulan dan fasilitas unit kerja untuk meningkatkan citra IPB dan menambah pengunjung lebih banyak. Penempatan fitur Promotion Tools tersebut harus terlihat jelas dan mudah ditemukan oleh pengunjung. Ketersediaan media sebagai berikut :

  • Terdapat film/animasi berdurasi pendek yang menceritakan keunggulan unit kerja/personal
  • Terdapat Gallery Foto yang berisi kegiatan-kegiatan unit
  • Terdapat Halaman yang menyediakan informasi keunggulan unit/personal contohnya  peluang kerja lulusan dan kegiatan kewirausahaan yang dapat diciptakan, data lulusan yang berprestasi, kepakaran dosen, atau kompetensi/keahlian personal.
18 Service adanya bentuk layanan informasi interaktif antara pemilik website dengan pengunjung. Hal-hal yang dinilai adalah adanya ketersediaan fitur sebagai berikut :

  1. Kontak (Alamat Fisik, URL, Email, Kontak Personal)
  2. Lokasi (View Google Map)
  3. FAQ
  4. FeedBack (contoh : buku tamu, kotak saran)

Ketersediaan setiap fitur bernilai 1, selainnya 0.

19 Search Engine Optimization, hal yang dinilai adalah on page optimization yang terhitung melalui tools Screaming Frog untuk penelusuran format URL bersahabat, judul yang berbeda disetiap halaman, meta description, dan meta keyword. Hasil yang ditampilan melalui tools screaming frog untuk jumlah halaman yang berbeda di setiap halaman, jumlah meta description yang terisi dan meta keyword yang terisi kemudian dilakukan normalisasi dan dijumlahkan.

Sumber: http://lombaweb.event.ipb.ac.id/kriteria-penilaian/

Hadiah

  1. Juara Terbaik Fakultas : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  2. Juara Terbaik Departemen : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  3. Juara Terbaik Program Studi Pascasarjana : Uang Tunai 2.000.000 +  Sertifikat
  4. Juara Terbaik Pusat Studi dan Lembaga Penelitian : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  5. Juara Terbaik Kantor, Direktorat, Sekretariat, Unit Kerja : Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  6. Juara Terbaik Lembaga Kemahasiswaan : Uang Tunai 1.500.000 + Sertifikat
  7. Penghargaan Blog Dosen : Uang Tunai @1.500.000  + Sertifikat  (untuk 3 pemenang)
  8. Penghargaan Blog Staf :  Uang Tunai @1.500.000 + Sertifikat (untuk 3 pemenang)
  9. Penghargaan Blog Mahasiswa Terbaik : Uang Tunai 1.500.000 + Sertifikat

 

Kategori Penghargaan Khusus

Akselerasi Kinerja Website Terbaik : diberikan kepada website yang dalam kurun waktu penjurian lomba situs web 2014  yang memiliki aktivitas terbaik.

Aktivitas terbaik didefinisikan sebagai selisih terbesar dari tiap komponen penilaian dengan nilai baseline diambil pada Agustus 2014 dan nilai capaian pada Desember 2014.

Penghargaan  yang diberikan berupa uang tunai Rp 3.000.000 + sertifikat

Sumber: http://lombaweb.event.ipb.ac.id/hadiah/

Penghitungan

Setelah data hasil penelusuran didapatkan, kemudian data dinormalisasi dengan cara membaginya dengan nilai maksimal. Setelah itu nilai dikalikan dengan bobot masing masing kriteria. Nilai terbesar menduduki rangking tertinggi.

Kriteria

  1. Impact
  2. Presence
  3. Search Engine Optimization
  4. Openness
  5. Excellence
  6. Rich Files
  7. Page Rank
  8. Accessibility Level A
  9. Standard Compliance
  10. Responsive Web Design
  11. Browser Compatibility
  12. Web Navigation
  13. Information Update
  14. Social Media Integration
  15. Legal
  16. Cleanness
  17. Content Relevancies
  18. Promotion Tools
  19. Services

Sumber: http://ict.ipb.ac.id/wp-content/uploads/2014/09/sosialisasi_5sep2014_materi_FAR.pdf

Daftar Pembobotan Kriteria

Nilai Pembobotan Kriteria :

KATEGORI UNIT KERJA

Impact

Presence

Excellence

Openness

Rich Files

Fakultas

10%

10%

10%

5%

5%

Departemen

10%

10%

10%

5%

5%

Kantor / Direktorat (KanDir)

10%

15%

15%

Pusat Penelitian

10%

15%

15%

Lembaga Kemahasiswaan

10%

15%

15%

Progam Studi Pascasarjana

10%

10%

10%

5%

5%

Blog Dosen

10%

10%

10%

5%

5%

Blog Staf

10%

15%

15%

Blog Student

10%

15%

15%

Page Rank

Accessibility Level A

Standard Compliance

Responsive Web Design

Browser Compatibility

Web Navigation

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

Update Information

Social Media Integration

Legal

Cleanness

Content Relevancies

Promotion tools

Service

SEO

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

10%

Sumber: http://lombaweb.event.ipb.ac.id/total-penghitungan/

Peserta

Peserta yang telah menjadi Juara Umum selama 3 tahun berturut-turut pada periode sebelumnya akan diberikan penghargaan berupa piala tetap rektor dan tidak diikutsertakan kembali untuk periode yang sedang berlangsung dan 2 periode lomba situs web IPB berikutnya.

 

PEMENANG

  1. Pemenang adalah Peserta yang dinilai oleh panitia lomba berdasarkan kriteria penilaian lomba yang telah ditentukan dengan nilai terbaik untuk setiap kategori.
  2. Juara Umum adalah pemenang terbaik dari seluruh kategori
  3. Hak pemenang dapat dicabut jika pada kemudian hari terdapat perihal-perihal khusus berdasarkan pertimbangan Panitia Lomba Web IPB 2014

Agenda Kegiatan

WAKTU KEGIATAN
Agustus Pengambilan nilai baseline Lomba Web IPB 2014
5 September Sosialisasi Kriteria Lomba Web IPB 2014 untuk Peserta
September-November Periode Lomba Web IPB 2014
1-12 Desember Periode Penilaian dan Pengumuman
15-19 Desember Pengambilan hadiah

 

 

Kontak

Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi
Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 2 Institut Pertanian Bogor
Telp. : +62 251 8623936ext. 101, 213
Fax. : +62 251 8623936
email : ict@ipb.ac.id
situs: http://lombaweb.event.ipb.ac.id

Juara 2013

Pemenang 2013