Lomba Situs Web Unit Kerja Institut Pertanian Bogor, Website Performance 2013

Kriteria Penilaian

Kriteria Webometrics dijabarkan menjadi 4 faktor :

  1. Impact, adalah menghitung semua tautan/link eksternal yang diterima oleh situs web yang dikelola dari pihak ketiga. Link tersebut merepresentasikan popularitas kelembagaan, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari situs web yang dikelola. Data link Impact dikumpulkan dari dua penyedia informasi ini yaitu: Majestic SEO dan ahrefs (Total Penjumlahan). Dengan ketentuan sebagai berikut :

    Majestic SEO (http://www.majesticseo.com/)
    Hasil penelusuran yang diambil dari penyedia informasi ini adalah jumlah External Backlink dan Reffering Domain. Formula perhitungan sebagai berikut : Jumlah Total Majestic SEO= (Reffering Domain x External Backlink)

    impac_anitanet

    Ini artinya blog ini,  http://anitanet.staff.ipb.ac.id mempunyai:

    1. External Backlink sebanyak 786 orang
    2. Refering Domain sebanyak 72
    3. Refering IPs sebanyak 54
    4. Refering Subnets sebanyak 51
    5. Otation Flow sebanyak 20
    6. Trust Flow sebanyak 21

    Nilai tersebut bisa turun, ini buktinya saya cek di tgl 7 Desember 2013 hasilnya seperti ini:

    Majestic Site Explorer - Summary

    Ahrefs (https://ahrefs.com/)
    Hasil penelusuran yang diambil dari penyedia informasi ini adalah jumlah Total Backlink dan Reffering Pages. Formula perhitungan sebagai berikut : Jumlah Total Ahrefs= (Reffering Pages x Total Backlink). 
    Upaya meningkatkan nilai IMPACT
     antara lain perbanyak melakukan pertukaran link website dengan seluruh stakeholders terutama yang terikat kerjasama dengan unit kerja. Membuat webpage khusus yang berisi daftar kerjasama yang dimiliki oleh unit terkait disertai tautan ke organisasi lain dan memastikan terjadinya pertukaran link dengan organisasi lain tersebut. Selalu mencantumkan alamat website dengan format lengkap dan disertai dengan hyperlinknya (ex. http://www.ipb.ac.id) jika melakukan pertukaran link dengan stakeholders.

  2. Openness, yaitu jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan dan terindex di Google Scholar akademik yaitu file berekstensi : pdf, doc, docx, ppt yang dipublikasikan di website khusus untuk periode 2008-2013Penelusuran data dilakukan dengan cara :

    1. Melalui halaman http://scholar.google.com dengan memasukkan kata kunci  pencarian melalui filetype : pdf/doc/docx/ppt untuk pilihan periode 2008-2013

    2. Dijumlahkan untuk nilai Openness dari masing-masing hasil penelusuran tipe file.
      Upaya meningkatkan nilai OPENNESS antara lain dengan melakukan publikasi artikel/karya ilmiah di website yang mengelola artikel karya ilmiah. IPB menyediakan http://repository.ipb.ac.id, http://journal.ipb.ac.id, dan http://kms.ipb.ac.id. Setiap unit kerja dapat menggunakan fasilitas tersebut. Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi akan membantu mekanisme teknis pengelolaannya.

  3. Excellence, makalah-makalah akademis yang diterbitkan dalam jurnal internasional ternama memainkan peran yang sangat penting dalam peringkat Universitas. Nilai ini dipergunakan untuk fakultas dan departemen dengan menghitung banyaknya karya ilmiah yang terindex Scopus/Scimago yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Inovasi kemudian ditambah dengan hasil penelusuran artikel masing-masing Fakultas dan Departemen yang ada di Repository IPB yaitu di alamat http://repository.ipb.ac.id dihitung banyaknya artikel per judul sampai data tahun 2013.   
    Upaya meningkatan nilai EXCELLENCE
     antara lain dengan meningkatkan kualitas karya ilmiah dan mempublikasikannya melalui Jurnal yang terrecord dalam Database Abstrak dan Kutipan Karya Ilmiah atau Literatur yang telah di ulas/dipublikasikan secara luas, dalam hal ini mendaftarkan melalui Direktorat Riset dan Komunikasi. Selain itu unggah/upload karya ilmiah unit kerja melalui portal Repository IPB (http://repository.ipb.ac.id) secara berkala.

  4. Presence, banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google. Presence merepresentasikan banyaknya aktivitas yang telah dilakukan oleh unit dan terdokumentasikan di situs web unitPenelusuran data dilakukan dengan cara :

    1. Membuka situs http://google.com

    2. Memasukkan kata kunci site:alamat situs.  
      Upaya meningkatan nilai Presence antara lain dengan memperbanyak halaman di website unit kerja baik itu menu tambahan informasi maupun informasi dinamis. Selalu melakukan peremajaan konten website dalam bentuk artikel kegiatan maupun informasi keterkinian unit kerja dan menduplikat filenya menjadi berbagai tipe misalnya pdf, doc, dan ppt. Akan lebih menarik jika tersedia fitur News/Berita/Latest Post untuk memicu peremajaan konten.

  5. Rich Files adalah banyaknya file PDF, DOC, dan PPT dalam suatu domain yang diindeks oleh Google. Teknik penelusuran dengan menggunakan http://www.google.com (pastikan tidak di-direct ke http://google.co.id) lalu untuk masing masing jenis file, lakukan pencarian dengan kata kunci berikut ini:

    1. file reader (*.pdf) site:[alamat domain][spasi]filetype:pdf

    2. file office powerpoint (*.ppt) site: [alamat domain][spasi]filetype:ppt

    3. file office dokumen (*.doc) site: [alamat domain][spasi]filetype:doc.
      Upaya meningkatan nilai RICH FILES
       antara lain dengan menduplikat setiap artikel yang dibuat ke dalam format pdf, doc, ppt pada setiap halaman artikel. Atau mengumpulkan seluruh file pdf, doc, ppt dalam sebuah halaman khusus yang kedalaman foldernya tidak lebih dari 3 level.

Kriteria Accessibility dijabarkan menjadi 4 faktor : :

  1. Page Rank/Google PageRank merupakan peringkat yang diberikan Google PageRank dan merupakan sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Data ditelusuri menggunakan tool dari situshttp://www.prchecker.info dan mengisi nilai rangkingnya, jika pesan pencarian N/A maka nilainya 0.  
    Upaya meningkatan nilai PAGE RANK
     antara lain dengan aktif mendaftarkan website melalui social bookmarking. Contoh Twitter, Pinterest, reddit, stumbleUpon, del.icio.us, tweetmeme, digg, FARK, Slashsdot, FriendFeed, clipmarks, newsvine, Diigo, Scoop.it, Chime.in.

    semula:
    page_rank_4

    sekarang 7 Desember 2013 (aduh PR ku turun):
    Check PageRank

    PR bisa turun jika tidak bisa mengimbangi laju pertumbuhan link dunia maya, itu kata para ahli.

  2.  Accessibility Level A adalah ukuran kemudahan mengakses situs dan kejelasan mendapatkan informasi dari situs web unit kerja terkait sesuai dengan standar World Contents Accessibility Guide (WCAG 2.0.) Level A. Penelusuran data melalui alamat :http://achecker.ca  pilih tab Web Page URL untuk memasukkan alamat situs, kemudian pada menu Guidelines to Check Against pilih WCAG 2.0 (Level A), nilai yang diambil adalah hasil penelusuran Known Problems. Knowsn Problem adalah kesalahan sintak yang sudah terdefinisi dan dapat langsung diperbaiki dalam kode html.
    Rumus menghitung nilai accessibility : 10-((Jumlah/Nilai Maks Jumlah)*10).  
    Upaya meningkatan nilai ACCESSIBILITY
     antara lain dengan memperhatikan standar-standar penulisan kode html, contohnya selalu menambahkan tag <alt> sebagai alternatif teks untuk menjelaskan sebuah gambar.

  3. Standard Compliance, memeriksa validasi dokumen website apakah sudah sesuai dengan ketetapan World Wide Web Consortium (W3C). Data ditelusuri melalui validatorhttp://validator.w3.org/ . Semakin sedikit kesalahan ditemukan maka nilainya semakin tinggi. Rumus menghitung nilai standard compliance : 10-((Jumlah/Nilai Maks Jumlah)*10).
    Upaya meningkatan nilai STANDARD COMPLIANCE 
    antara lain hampir sama dengan accessibility yaitu pada penulisan sintak kode html. Selain memperhatikan teks alternatif pada objek gambar, juga pada penggunaan tag ‘link’ sebaiknya selalu menutup tag <link href=……… dengan tanda ‘/>’  bukan hanya tanda siku ‘>’.

  4.  Responsive Web Design (RWD), adalah pendekatan desain web yang bertujuan untuk menampilkan layar yang optimal, mudah dibaca dan penggunaan navigasi yang minimal baik itu untuk resize, panning, scrolling, dan tampilan yang baik di berbagai perangkat (dari ponsel ke monitor desktop komputer). Memahami konsep RWD sebetulnya bukan hanya resolusi layar yang mudah menyesuaikan maupun objek gambar yang dimanipulasi ukurannya, tetapi lebih kepada pemikiran desain layout website secara keseluruhan. Seperti sifat cairan yang dapat menyesuaikan diri dalam media apa pun (fluid grid/fluid images). Pelajari lebih lanjut tentang Responsive Web Design di halaman berikut  :http://coding.smashingmagazine.com/2011/01/12/guidelines-for-responsive-web-design/   Namun dalam penilaian kali ini teknis pengujian dilakukan dengan cara memperkecil (minimize) browser seukuran layout handphone, jika masih terdapat scroll bar horizontal maka belum memenuhi syarat RWD. Teknis Penilaian : 1 atau 0.
    Upaya meningkatan nilai RWD 
    antara lain dengan cara memaksimalkan penggunaan CSS Media Queries (pelajari lebih lanjut di : http://www.ibm.com/developerworks/library/wa-cssqueries/) Selain itu gunakan ukuran halaman website dalam satuan persen (%) untuk menghasilkan layout yang mudah disesuaikan dengan ukuran browser. Demikian pula halnya dengan pengaturan gambar/images.

Kriteria Usability dijabarkan menjadi 2 faktor :

  1.  Browser Compatibility, website dapat diakses dengan baik menggunakan browser apapun yang banyak digunakan oleh pengguna akses internet. Dalam hal ini dibatasi untuk 3 browser yaitu Firefox, Chrome, dan Internet Explorer . Teknis penilaian adalah jika tidak terjadi kerusakan tampilan website di setiap browser maka bernilai 1, selainnya dinilai 0. Nilai total didapatkan dari total penjumlahan 3 browser tersebut.  
    Upaya meningkatan nilai RWD 
    antara lain dengan cara menggunakan satuan ukuran yang fleksibel dalam halaman website. Contohnya penggunaan <div></div>, satuan dalam persen (%), atau <col span> lebih disarankan.

  2. Web Navigation sebagai petunjuk posisi dan arah perjalanan dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website. Hal-hal yang dinilai adalah sebagai berikut :

    1. Ketersediaan Tautan Beranda dan breadcramb disetiap halaman

    2. Ketersediaan Site Map (peta situs)

    3. Ketersediaan Fitur Pencarian Lokal yang dapat diakses di setiap halaman web

    4. Maksimal hirarki menu utama sampai dengan 3 level

    5. Error Warning, ketersediaan halaman Error untuk tautan yang tidak tersambung (broken link)Nilai ketersediaan adalah 1 untuk setiap poin penilaian, selainnya bernilai 0. Nilai Web Navigation adalah total penjumlahan seluruh poin ketersediaan.

Kriteria Informasi dan Layanan dijabarkan menjadi 7 faktor :

  1. Content Relevancies yaitu 3 artikel terkini di halaman utama mengandung isi yang berkaitan dengan unit kerja/ blog personal. Jika artikel diambil dari sumber lain maka perlu dijelaskan tentang keterkaitannya dengan kepakarannya serta menuliskan alamat referensi. Nilai relevansi maksimal untuk setiap artikel adalah 0-3, nilai total relevansi dari 3 artikel terkini adalah 0-9.

  2.  Update Information yaitu secara berkelanjutan mengisi dan meremajakan konten situs web setiap hari baik berupa data statis maupun data kegiatan. Last Update nilai berdasarkan bulan terakhir, Nilai 1 sampai 12 (Januari-Desember Tahun 2013), website yang update terakhirnya tahun 2012, 2011, dst maka bernilai 0.

  3.  Social Media Integration terbagi menjadi :

    1. Penilaian Popularitas

      • FaceBook FanPage: Jumlah Like dan Friends

      • Twitter: Jumlah Follower+Tweet

    2. Ketersediaan tautan (backlink) ke domain IPB

      • FaceBook dalam About – Contact Information

      • Twitter Edit Profile – Website

  4. Legal yaitu tidak mengunggah artikel/file ilmiah yang hak ciptanya bukan milik unit /personal  untuk menghindari terjadinya pelanggaran hak publikasi. Untuk menghindari hal itu harus dilakukan tahapan penyeleksian setiap file yang akan diunggah, dan memastikan penulisnya adalah benar berasal dari unit kerja tersebut. Untuk posting artikel di blog harus menambahkan hak cipta (copy rights) jika menukil dari karya orang lain. Penelusuran menggunakan http://www.google.com dengan kata kunci site:(nama situs) filetype:pdf. Pada 10 tautan pertama hasil penelusuran dihitung jumlah tautan artikel yang legal.

  5. Cleanness yaitu memastikan situs web bebas dari konten/komentar yang mengandung kata-kata yang mempromosikan pornografi, online gambling, produk obat-obatan seperti : Viagra, Cialis, Lottery, Loans, Casino. Penelusuran menggunakan www.google.com dengan kata kunci site:(nama situs) casino lottery viagra cialis. Pada maksimal 10 tautan pertama hasil penelusuran dihitung jumlah tautan artikel yang tidak memiliki keterkaitan informasi dengan unit tersebut dilambangkan dengan /n/. 
    Perhitungan nilai  menggunakan rumus Cleanness=10-n.

  6. Promotion tools yaitu ketersediaan perangkat promosi keunggulan dan fasilitas unit kerja untuk meningkatkan citra IPB dan menambah pengunjung lebih banyak. Ketersediaan media sebagai berikut :

    • Terdapat film/animasi berdurasi pendek yang menceritakan keunggulan unit kerja/personal

    • Terdapat Gallery Foto yang berisi kegiatan-kegiatan unit

    • Terdapat Halaman yang menyediakan informasi keunggulan unit/personal contohnya  peluang kerja lulusan dan kegiatan kewirausahaan yang dapat diciptakan, data lulusan yang berprestasi, kepakaran dosen, atau kompetensi/keahlian personal.Penempatan fitur Promotion Tools tersebut harus terlihat jelas dan mudah ditemukan oleh pengunjung. Masih-masing poin bernilai 1.

  7. Service adanya bentuk layanan informasi interaktif antara pemilik website dengan pengunjung. Hal-hal yang dinilai adalah adanya ketersediaan fitur sebagai berikut :

    • Kontak (Alamat Fisik, URL, Email, Kontak Personal)

    • Lokasi (View Google Map)

    • FAQ

    • FeedBack (contoh : buku tamu, kotak saran)

    Ketersediaan setiap fitur bernilai 1, selainnya 0.

Penentuan Pemenang

  • Pemenang lomba situs web untuk setiap kelompok peserta akan ditentukan melalui rapat tim juri berdasarkan hasil Software Simulator dan hasil penelusuran nilai yang diambil sejak 25 – 29 November 2013.
  • Panitia akan mengumumkan juara lomba situs web pada situs web ipb  dan akan disampaikan melalui surat kepada para pemenang.

Hadiah

  1. Juara Terbaik Pusat Penelitian :  Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  2. Juara Terbaik Unit Kerja :  Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  3. Juara Terbaik Fakultas :  Uang Tunai 2.000.000 +  Sertifikat
  4. Juara Terbaik Departemen :  Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  5. Juara Terbaik Program Studi Pascasarjana:  Uang Tunai 2.000.000 + Sertifikat
  6. Penghargaan Blog Dosen :  Uang Tunai @1.500.000 + Sertifikat (untuk 3 orang)
  7. Penghargaan Blog Staf :  Juara I : Uang Tunai 1.500.000 + Sertifikat
    Juara II & III : Uang Tunai 1.000.000 + sertifikat
  8. Juara Terbaik Lembaga Kemahasiswaan :  Uang Tunai 1.500.000 + Sertifikat
  9. Penghargaan Blog Mahasiswa Terbaik :  Uang Tunai 1.500.000 + Sertifikat
  10. Pengguna Email IPB Teraktif (Dosen) :  Uang Tunai 1.000.000
  11. Pengguna Email IPB Teraktif (Staf) :  Uang Tunai 1.000.000
  12. Pengguna Email IPB Teraktif (unit kerja):  Uang Tunai 1.000.000

Total Penghitungan

Setelah data hasil penelusuran didapatkan, kemudian data dinormalisasi dengan cara membaginya dengan nilai maksimal. Setelah itu nilai dikalikan dengan bobot masing masing kriteria. Nilai terbesar menduduki rangking tertinggi.

Daftar Pembobotan Kriteria sebagai berikut :

Nilai Pembobotan Kriteria :

KATEGORI UNIT KERJA

Impact

Presence

Excellence

Openness

Rich Files

Fakultas

20%

10%

10%

5%

5%

Departemen

20%

10%

10%

5%

5%

Kantor / Direktorat (KanDir)

20%

15%

15%

Pusat Penelitian

20%

15%

15%

Lembaga Kemahasiswaan

20%

15%

15%

Progam Studi Pascasarjana

20%

10%

10%

5%

5%

Blog Dosen

20%

10%

10%

5%

5%

Blog Staf

20%

15%

15%

Blog Student

20%

15%

15%

 

Page Rank

Accessibility Level A

Standard Compliance

Responsive Web Design

Browser Compatibility

Web Navigation

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

3%

4%

4%

4%

3%

5%

 

Update Information

Social Media Integration

Legal

Cleanness

Content Relevancies

Promotion tools

Service

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

3%

5%

3%

3%

5%

5%

3%

Keberlanjutan

Lomba ini akan diadakan setiap tahun sebagai upaya menciptakan iklim pembaruan situs web yang berkelanjutan dan memenuhi standar bagi unit-unit kerja di IPB

Sumber:
http://lombaweb.event.ipb.ac.id/kriteria-penilaian/