URL google dunia adalah google.com
URL google indonesia adalah google.co.id

Menampilkan Search Engine Google.com amat diperlukan jika kita ingin menghitung Presence atau Openness atau Impact yang dimiliki oleh website yang Anda buat.

Presence, yaitu banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google.

Openness, yaitu jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan dan terindex di Google.com untuk seluruh file berekstensi : pdf.

Impact, yaitu jumlah backlink

Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia:

  1. Buka browser yang Anda miliki, misalnya browser Mozilla Firefox
    Tampilannya seperti ini:
    Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia
  2. Lalu ketikkan alamat Google Dunia yaitu http://google.com pada kotak Search or enter address yang ada di kiri atas
    Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia
  3. Lalu klik tombol Enter pada keyboad
    Maka akan muncul tampilan seperti ini:
    Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia
  4. Perhatikan gambar diatas, ternyata kita langsung di konvert atau di teleport ke Google di negara mana Anda berada, karena saya berada di Indonesia maka yang muncul langsung Google Indonesia
    Tandanya: di kotak address yang muncul adalah tulisan https://www.google.co.id  itu artinya Google yang muncul adalah Google Indonesia
    Padahal tadi saya  ingin yang tampil adalah https://www.google.com :)
  5. Perhatikan di ujung kanan ada gambar.  Jika Anda arahkan mouse ke gambar tersebut maka akan muncul nama akun Anda.  Dalam hal ini saya berada dalam akun saya, yaitu Anita Handayani anitanet@gmail.com
    Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia
  6. Untuk itu Anda harus Sign Out dulu.  caranya klik gambar yang ada di ujung  kanan atas tersebut, lalu klik Sign Out
    Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia
  7. Lalu klik tulisan Google.com yang ada diujung kanan bawah
    Klik tulisan “Use Google.com” yang di beri  lingkaran merah yang ada pada contoh gambar dibawah ini
    Cara Menampilkan Google.com bagi Anda yang Berada di Indonesia
  8. Maka akan muncul tampilan seperti ini, dimana terlihat sekarang di kotak address atau kotak URL sudah muncul tulisan https://www.google.com
    Artinya kita sekarang sudah berada di Search Engine nya Google.com. Dan Anda sekarang sudah  siap berselancar untuk rimenghitung Presence atau Openness atau Impact yang dimiliki oleh website yang Anda buat
    Tampilan Google.com
  9. Selesai.

 

Contoh penghitungan Presence pada website ini:

  1. Buka Google.com
  2. Lalu ketikkan di kotak Search nya google tulisan:
    site:anitanet.staff.ipb.ac.id -filetype:pdf
    Cara Mengitung Precence URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id
  3. Lalu tekan enter, maka akan muncul tampilan berikut:
    Cara Mengitung Precence URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id
  4. Perhatikan gambar diatas
    Muncul tulisan: About 5,200 results (0.35 seconds)
    artinya Sekitar 5.200 hasil ( 0,35 detik )
    Maksudnya dalam waktu 0,32 detik website http://anitanet.staff.ipb.ac.id memiliki total j
    umlah yang terindex di Google.com ada sebanyak 5.200 halaman
     (data ini saya dapat pada tanggal 14 Desember 2015)
  5. Selesai.

 

Contoh penghitungan Openness pada website ini:

  1. Buka Google.com
  2. Lalu ketikkan di kotak Search nya google tulisan:
    site:anitanet.staff.ipb.ac.id filetype.pdf
    Cara Menghitung Openness URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id
  3. Lalu tekan tombol Enter pada keyboard, maka akan muncul tampilan berikut:
    Cara Menghitung Openness URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id
  4. Perhatikan gambar diatas
    Muncul tulisan: About 1,440 results (0.41 seconds)
    Artinya Sekitar
    1,440 hasil ( 0,41 detik )
    Maksudnya dalam waktu 0,41 detik website http://anitanet.staff.ipb.ac.id memiliki total j
    umlah file pdf yang terindex di Google.com ada sebanyak 1.440 halaman
  5. Selesai.

 

Contoh penghitungan Impact pada website ini dengan aplikasi Majestic:

  1. Buka Majestic.com
  2. Maka akan muncul tampilan seperti ini, lalu login (daftar alamat email) dulu
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id
  3. Setelah login barulah tuliskan alamat URL website Anda tanpa menuliskan http://
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id
  4. Lalu pindahkan tab nya ke Use Historic Index
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id
  5. Sekarang klik icon Search yang berbentuk icon kaca pembesar
    Maka hasilnya akan seperti ini:
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id dengan majestic.com
    Perhatikan gambar diatas
    Karena website http://anitanet.staff.ipb.ac.id berada di sub domain ipb.ac.id maka Search nya otomatis adalah Subdomain Data yang didapat pada tanggal 6 Desember 2015:
    External backlinks 25,613 (artinya Backlink eksternal ada sebanyak 25.613)
    Referring domains 758  (artinya Mengacu domain ada 758)
    Referring IPs 519 (artinya Mengacu IP ada 519)
    Referring Subnets 395 (artinya Mengacu Subnet 395)
    Jadi yang mencantumkan alamat URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id ada sebanyak 25.613 buah website
    Note:
    Referring domains = Keberagaman Nama Domain
    Backlink yang didapatkan juga harus berasal dari banyak domain berbeda.
    karena semakin banyak nama domainnya, maka web saudara akan dianggap sangat populer… Jauh lebih baik mempunyai 1000 backlink dari 100 domain berbeda daripada mempunyai 100.000 backlink kalau hanya dari 5 domain berbeda.
  6. Selesai
    Note: Dalam sehari free nya Majestic.com hanya bisa 6 kali digunakan, selebihnya dia akan minta bayaran :)
    Tampilan berbayarnya Majestic.com seperti ini:
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id dengan aplikasi majestic.com

 

Contoh penghitungan Impact pada website ini, dengan aplikasi ahrefs:

  1. Buka ahrefs.com
  2. Maka akan uncul tamplan seperti berikut:
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id dengan aplikasi ahrefs.comNote: Free trial selama 14 hari
  3. Klik Sign in untuk bisa login
    Saya pakai alamat fb saya
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id dengan aplikasi ahrefs.com
  4. Maka akan muncul tampilan berikut:
    Cara Mengitung Impact URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id dengan aplikasi ahrefs.com
  5. Klik Okay
    Yah…… Gagal :(
    Kemudian saya masuk (log in)  pakai Google Plus nya anitasite@gmail.com
    Siiip…. berhasil :)

    Tampilan pertama ahrefs setelah login

    Tampilan pertama ahrefs setelah login

  6. Klik tab Site Explorer / lalu tuliskan alamat url yang mau di test, maka akan muncul tampilan berikut.
    Ini tampilan aherfs nya http://anitanet.staff.ipb.ac.id 16 Desember 2015
    Cara penghitungan Impact pada website dengan aplikasi ahrefs Didapat pada Site Explorer: anitanet.staff.ipb.ac.id.yaitu: Backlinks: 1.93K Live 1.36K; Referring Domains: 215 Live 146.

    Facebook: 636

    GooglePlus: 7

    Organic Keywords

    2.9K US UK DE FR CA
    2.4K 496 0 0 0
    Referring Pages 861
    Total Backlinks 1,925
    Crawled Pages 0
    Referring IPs 174
    Referring Subnets 146
    Referring Domains 215
    Governmental 0
    Educational 0
    .com 123
    .net 10
    .org 7
    Link Types:
    text 1,923 100%
    dofollow 995 52%
    nofollow 928 48%
    redirect 0 0%
    image 512 27%
    form 0 0%
    Governmental 0 0%
    Educational 0 0%
  7. Perhatikan, disana ada dikatakan bahwa:
    Crawled Pages : 0
    Crawled Pages 0 artinya URL yang di uji tidak terdeteksi oleh robot nya google :(
    ini semua akibat ini nih, jika kita lihat URL http://anitanet.staff.ipb.ac.id di Google Webmaster Tool [Free Version] hasilnya seperti gambar dibawah ini:

    Googlebot tidak dapat mengakses file CSS dan JS di http://anitanet.staff.ipb.ac.id/

    Googlebot tidak dapat mengakses file CSS dan JS di http://anitanet.staff.ipb.ac.id/

    Aneh juga padahal robot.txt nya http://anitanet.staff.ipb.ac.id ada koq, alamatnya:
    http://anitanet.staff.ipb.ac.id/robots.txt
    Tampilan robot.txt nya http://anitanet.staff.ipb.ac.id(jangan2 ada plugin yang salah saya install kan, tapi plugin yang mana ya…. saya sendiri juga bingung)

    Hari ini, Rabu 16 Desember 2015,  tampilan robot.txt sudah berubah lagi menjadi seperti ini:

    Tampilan robot.txt anitanet.staff.ipb.ac.id terbaru tgl 16/12/2015

    Tampilan robot.txt anitanet.staff.ipb.ac.id terbaru tgl 16/12/20

    Script robots.txt anitanet.staff.ipb.ac.id sekarang:

    # XML Sitemap & Google News Feeds version 4.4.1 – http://status301.net/wordpress-plugins/xml-sitemap-feed/
    # No XML Sitemaps are enabled. Please see XML Sitemaps on Settings > Reading.

    User-agent: *
    Disallow: /wp-admin/

    Lalu saya cek Webmaster Tool nya hari ini, Rabu 16 Desember 2015, hasilnya berubah menjadi seperti ini:

    Tampilan Webmaster Tool anitanet.staff.ipb.ac.id tgl 16/12/2015

    Tampilan Webmaster Tool anitanet.staff.ipb.ac.id tgl 16/12/2015

    Siiip…. sejak tanggal 14 Desember 2015 tidak ada lagi tulisan Googlebot error 😀

    Pesan Error sekarang sudah tidak ada lagi :)

    Pesan Error sekarang sudah tidak ada lagi :)

    Saya cek lagi eherfnya ternyata masih nol Crawled Pages nya (Crawled Pages = 0), lihat gambar dibawah ini.

    Kenapa ya bisa begini? padahal robot.txt nya sudah gak ada masalah lagi.

    Crawled Pages anitanet.staff.ipb.ac.id masih = 0 (nol) pada tgl 16/12/2015

    Crawled Pages anitanet.staff.ipb.ac.id masih = 0 (nol) pada tgl 16/12/2015


    robots.txt
    adalah standar yang digunakan oleh situs web untuk berkomunikasi dengan web crawler dan robot web lainnya. Standar ini menentukan bagaimana untuk menginformasikan robot web tentang daerah mana dari situs web tidak harus diproses atau dipindai. Robot yang sering digunakan oleh mesin pencari untuk mengkategorikan situs web. Tidak semua robot bekerja sama dengan standar; pemanen email, robot spam dan robot malware yang memindai kerentanan keamanan bahkan mungkin mulai dengan bagian-bagian dari situs web di mana mereka telah diberitahu untuk tetap keluar. Standar yang berbeda dari, tetapi dapat digunakan bersama dengan Sitemaps, standar robot inklusi untuk situs web.

    Googlebot merayapi konten di internet untuk indeks Google setiap hari, setiap malam, tanpa henti.

    Googlebot adalah mesin telusur (SEO).

    Create robot.txt

    Create robot.txt

    Daftar di: https://app.wistia.com/login
    Harusnya isi robot.txt http://anitanet.staff.ipb.ac.id adalah seperti ini:

    User-agent: *
    Disallow: /wp-admin/
    Disallow: /wp-includes/
    Disallow: /wp-content/plugins/
    Disallow: /client/
    Allow: /wp-content/
    Sitemap: http://anitanet.staff.ipb.ac.id/sitemap_index.xml
    Sitemap: http://app.wistia.com/sitemaps/4313.xml
  8. Selesai.
    Note: Free nya hanya bisa 14 hari, selebihnya dia minta bayaran, tampilannya seperti ini :(
    Cara penghitungan Impact pada website dengan aplikasi ahrefs

Cara Baca di ahrefs.com:

Cara penghitungan Impact pada website dengan aplikasi ahrefsAhrefs Site Explorer & Backlink Checker [ada versi gratis dan ada yang berbayar].
Situs ahrefs ini menyediakan versi gratis dan upgrade ke versi berbayar, tentu versi berbayar analysis backlinknya lebih lengkap daripada yang gratis. Untuk yang gratis, ada batasan-batasan tertentu misalnya, jika anda belum daftar maka setiap opsi hanya menampilkan 5 saja, jika anda sudah daftar yang gratisan maka setiap opsi menampilkan 10 saja.

Situs ahrefs.com menurut saya termasuk situs yang memiliki data yang sangat lengkap dibanding yang lain. Jadi kita langsung saja bahas tentang ahrefs ini karena saya tidak tahu benar profile dari ahrefs ini, saya hanya menggunakannya untuk cek backlink saja.

A. BACKLINKS

  1. External: ini adalah parameter yang akan memberikan data tentang semua backlink anda.
  2. New: parameter yang berisi tentang data backlink anda yang baru terindeks dan sudah menempel di blog anda.
  3. Lost: Kebalikan dari New, bagian ini akan menampilkan data backlink yang sudah hilang dari blog anda, bisa jadi karena pemilik situs sudah menghapus link anda.
  4. Anchors: Istilah dari Anchor Text atau teks jangkar, bagian ini akan menampilkan anchor text yang digunakan dalam backlink anda. Semakin banyak anchor text maka semakin natural juga backlink anda menurut google.

B. REFERRING

  1. Domains: Parameter ini akan menampilkan jumlah domain yang me-link ke situs anda, semakin banyak domain yang melink, maka semakin bagus juga backlink yang anda dapat, apalagi jika backlink yang anda dapat dari blog yang authority dan sudah memenuhi kriteria backlink berkualitas.
  2. New: Sama seperti diatas, tapi ini adalah bagian yang menampilkan jumlah situs yang baru saja melink dan sudah menempel ke situs anda.
  3. Lost: Antonim dari New, bagian ini menampilkan jumlah situs yang hilang dan sudah tidak melink ke situs anda.
  4. IPs: Istilah dari IP atau internet protocol, IP ini berguna untuk menaturalkan backlink yang anda dapat dan juga berfungsi agar IP yang sudah terblokir oleh suatu situs bisa anda ganti dengan IP yang lain, ini namanya Proxy yaitu menyembunyikan Ip asli kita.

C. OTHER

  1. Top Pages: ini adalah parameter yang berguna untuk menampilkan semua halaman yang di link oleh situs lain, entah itu ke homepage maupun halaman artikel situs yang dicek.
  2. Linked Domains: menampilkan halaman artikel anda yang melink ke halaman lain, entah itu situs anda sendiri maupun situs luar atau Outbound Link.

D. EXPORT

  1. Csv: Fungsi bagian ini adalah untuk mendownload data-data ke dalam format CSV.
  2. Pdf: Sama seperti CSV, bagian ini juga untuk mendownload data-data tetapi ke dalam format PDF.

Dan yang ada dibagian tengah, anda bisa lihat bahwa ada data-data yang langsung ditampilkan di ahrefs.com, seperti:

  1. Url Rank: Saya tidak begitu tahu bagian ini fungsinya untuk apa..
  2. Ahrefs Domain Rank: Ini adalah rank domain yang ditentukan oleh ahrefs.
  3. Backlinks: Jumlah backlink blog anda yang sudah terindeks oleh ahrefs
  4. Referring Domains: Sudah saya jelaskan diatas, parameter ini berguna untuk menampilkan jumlah domain yang me-link ke situs anda.
  5. Referring Pages: Data yang berguna untuk menampilkan jumlah semua halaman dari situs luar yang melink ke situs anda.
  6. Crawled Pages: Halaman situs anda yang sudah di crawl oleh ahrefs.
  7. Governmental: Jumlah situs GOV yang melink ke situs anda.
  8. Educational: Jumlah situs EDU yang melink ke situs anda, jika anda tidak tahu, Edu adalah ekstensi domain luar negeri dan kebanyakan situs EDU adalah situs sekolahan. Kalau di Indonesia adalah ac.id dan sch.id
  9. .Com: Jumlah situs berdomain .COM yang melink ke situs anda.
  10. Text: Backlink yang anda dapat dalam bentuk teks.
  11. Dofollow: Backlink yang ada pada blog anda yang bersifat Dofollow.
  12. Nofollow: Kebalikan dari dofollow, bagian ini menampilkan semua backlink anda yang beraliran nofollow.
  13. Sitewide: Kebanyakan backlink ini didapat dari sidebar blog orang lain.
  14. Not sitewide: Ini adalah hampir semua jenis backlink yang didapat bisa masuk ke data not sitewide.
  15. Redirect: Jenis backlink yang anda dapat dari redirect.
  16. Image: Backlink yang berupa gambar

Anda bisa pelajari tiap bagian-bagiannya dan kemudian jika anda sudah ahli, anda bisa gunakan tool ahrefs ini untuk mengintip backlink kompetitor anda atau backlink blog orang lain.

Apa itu blog dofollow.??

“Dofollow”. Dalam bahasa ingris, kata “Dofollow” berarti “Mengikuti”. Sedangkan yang dimaksud dengan blog dofollow adalah blog yang mempunyai link pada kolom komentar dengan status dofollow ( rel=”dofollow” ), dimana link tersebut akan diikuti dan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine seperti google dsb, sehingga link tersebut akan dianggap sebagai backlink. Sehingga jika kita berkomentar di blog dofollow kita akan mendapatkan backlink dari blog dofollow tersebut. Tapi ingat, kita tidak bisa asal berkomentar di blog dofollow.

Kelebihan blog dofollow

Kelebihan yang dimiliki blog dofollow diantaranya adalah blog akan menjadi incaran bagi blogger lain untuk berburu backlink, maka dari itu jangan heran jika lebih banyak orang yang berkomentar di blog dofollow ketimbang di blog nofollow. Blog dofollow juga dibenci Mbah Google, karena blog dofollow cenderung mempunyai lebih banyak link keluar ( outbound link, ketimbang backlink ( inbound link ). Apapun yang terjadi, para admin blog dofollow menurut saya adalah orang-orang yang baik hati, kenapa? karena ia bersedia berbagi backlink untuk kita, hehe.Tapi saya yakin, sebenarnya masih ada kelebihan blog dofollow yang belum saya ketahui.

Kekurangan blog dofollow

Ada beberapa kekurangan jika kita mempunyai blog dofollow, diantaranya adalah sebagai berikut  :

  1. Akan menjadi incaran para Spammer, yang asal meninggalkan komentar hanya demi mendapatkan backlink
  2. Blog anda akan dipenuhi komentar yang bersifat SPAM
  3. Blog dofollow tidak disukai oleh search engine seperti Google sehingga agak sulit untuk mendapatkan PageRank ( menurut artikel yang saya baca di blog lain ). Tapi ingat itu tidak berarti blog semua blog dofollow tidak akan mendapatkan Page Rank, banyak blog dofollow yang mempunyai PageRank tinggi. Jadi semuanya tergantung kepada si pemilik blog dofollow tersebut, hehehe.

Manfaat blog dofollow

  1. Bagi Admin Blog
    Manfaat blog dofollow bagi admin atau pemilik blog adalah blog kita akan banyak dikunjungi dan dikomentari oleh blogger
  2. Bagi Komentator atau Blogger LainSebagai tempat untuk berburu atau menanam backlink yang sangat berpengaruh dalam SEO. Karena setiap link yang terdapat dalam komentar yang kita tinggalkan di blog dofollow akan dianggap backlink oleh Search Engine seperti Google dsb.

Backlink itu harus Dofollow !!!

Jadi Anda hanya perlu mencari blog dofollow untuk berkomentar.

Tapi yang menjadi masalah adalah sudah banyak blog ini yang berubah kembali ke nofollow karena kesal dengan kelakuan orang yang berkomentar basa-basi hanya untuk mendapatkan backlink.

Silahkan Googling kata kunci Daftar Blog Dofollow untuk mendapatkan blog yang menghidangkan beberapa blog dofollow. Kunjungi blog-blog tersebut dan mulailah berkomentar. Pastikan anda menggunakan kata kunci blog sebagai NAMA saat berkomentar. Ini adalah metode paling dasar dalam mencari backlink.

KELEMAHAN METODE INI:
Perlu anda ketahui bahwa daftar backlink dofollow gratis yang ditawarkan blog-blog ini menurut perhitungan saya, rata-rata saat ini hanya 30% saja yang masih dofollow. Jadi kemungkinan 70% komentar anda akan berakhir sebagai komentar nofollow (no value … no link juice).

Jadi sebagai pemula anda memang harus menghabiskan waktu untuk memilah yang mana yang dofollow dan yang mana yang nofollow. Apakah itu sulit dan repot? Tentu, tapi itu akan membantu anda sepenuhnya memahami kenapa blogger lain tidak mau membagi daftar backlinknya begitu saja kepada orang lain.

I was so naive
Pernahkah anda membaca judul artikel atau posting di forum yang bernada seperti ini “1 juta backlink gratis dari blog dan forum”? Jelas para pemula akan langsung bersorak “Hore! Dapat backlink banyak gratis”. Slow down my friends! Saya sudah sering mendapat postingan seperti ini, dan faktanya ternyata hampir semuanya adalah link nofollow.

Terlebih lagi biasa ada embel-embel bahwa blog itu Pagerank 5 ke atas. Faktanya hanya homepagenya saja yang punya PR tinggi, sedangkan halamannya belum tentu….padahal yang memberi poin adalah halaman artikel. Cukup kesal juga dengan webmaster yang seperti ini, yang memanfaatkan ketidaktahuan para pemula untuk membangkitkan traffic ke blognya. Akibatnya banyak sekali pemula yang membuang-buang waktu untuk memasang backlink-backlink nofollow yang nyaris tidak membantu apapun.

Perbedaan mendasar antara link dofollow dan nofollow ada pada kemampuannya meneruskan poin halaman.

Sebuah halaman yang dofollow akan memberikan poinnya kepada halaman yang dirujuknya, sedangkan halaman nofollow tidak.

Backlink lebih baik sedikit, tapi dofollow, daripada banyak tapi nofollow….. It’s a waste of time.

Sebuah link disebut backlink jika link tersebut dofollow. Jika nofollow, maka link itu sebenarnya sama sekali bukan backlink. Apalagi Google akan benar-benar mengabaikan semua link dengan rel tag nofollow dalam perhitungan poin sebuah halaman.

Nofollow tidak akan menolong apapun dalam hal peringkat.

Apa yang Dimaksud Backlink Berkualitas?

Backlink adalah link dari blog lain yang mengarah ke blog kita. Backlink ini memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu blog.

Backlink yang baik juga didukung dengan Anchor Text yang baik juga. Anchor Text adalah teks yang terlihat oleh kita saat mengklik suatu link. Disamping penggunaan Anchor Text yang baik, kira-kira apakah menurut anda setiap backlink memiliki kualitas yang sama?

Pasti tidak..

Ada backlink yang memberikan kualitas peningkatan SEO yang baik bagi suatu blog, ada juga backlink yang memberikan pengaruh yang biasa-biasa saja, bahkan ada backlink yang malah mencederai posisi di halaman di google..

Jadi, mari kita bahas apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah backlink.

Yang Mempengaruhi Kualitas Sebuah Backlink:

  1. Relevansi Halaman Yang Kita Pasangi Backlink

    Maksudnya adalah bahwa link yang datang dari halaman yang relevan (memiliki kesamaan topik dengan halaman kita) akan membawa jauh lebih banyak Kekuatan untuk situs kita dibanding link dari halaman yang tidak relevan.

    Coba saja bayangkan, situs anda berjualan sepatu. Tapi punya link dari situs porno. Ya jelas aja ditendang Google… Situs anda jualan sepatu, tapi dapat link dari situs tentang sandal. Masih akan memberi anda link power, tapi tidak maksimal… kurang efektif dan efisien link nya… Situs anda jualan sepatu, dapat link dari situs tentang sepatu juga, nah…

    Ini dia link yang powerful! tetap ingat bahwa meski anda ingin hal seperti ini, belum tentu hal ini bisa anda lakukan. Tergantung dari ceruk pasar yang anda miliki dan topik dari situs anda, mungkin anda tak akan pernah menemukan situs yang setopik dengan situs anda.

  2. Domain Authority dan Page Authority Asal Link

    Domain Authority adalah otoritas domain utama, sedangkan Page Auhtority adalah otoritas halaman yang ada di domain tersebut. DA atau PA ini dihitung dari angka 0 – 100, semakin tinggi nilainya maka semakin bagus backlink yang anda dapat.

    Jika misal anda mendapat link dari halaman wikipedia dan page authority nya adalah 79 misalnya, karena wikipedia juga situs authority, maka backlink yang anda dapatkan nantinya juga akan semakin luar biasa.

  3. Otoritas dari Situs (Link Authority)

    Hal pertama yang paling penting adalah otoritas dari suatu situs. Jika anda mendapatkan link dari Wikipedia.org, maka anda bisa harapkan mendapatkan banyak link juice menuju ke situs anda. Jika misal anda mendapat link dari blog relevan PR 5 dibandingkan dengan anda mendapatkan link dari blog relevan PR 2, maka anda bisa harapkan ranking lebih tinggi dari blog relevan PR 5…

    Kenapa?

    Karena Google tahu bahwa situs-situs yang memiliki otoritas tinggi seperti Wikipedia hanya me-link ke sumber yang dapat dipercaya. Selain itu, Google menganggap bahwa blog ber PR tinggi (dengan authority) umumnya lebih ‘pemilih’ melakukan backlink pada situs yang kurang berkualitas.

    Itu kenapa link dari blog PR tinggi juga diberi nilai link yang tinggi (meski tidak setinggi Wikipedia tentunya…) Umumnya, semakin tinggi PR semakin tinggi authority nya di mata Google – apalagi situs PR8+ ya ‘kan? – tapi ingat bahwa perkecualian selalu ada pada setiap aturan (kadangkali ada situs PR4 yang lebih dipercaya Google dibanding situs PR5).

    Intinya adalah, link dari situs-situs dengan otoritas yang tinggi merupakan tanda super besar bagi Google untuk tahu bahwa situs yang di link benar-benar situs yang pantas mendapat rank tinggi di Google.

  4. Pagerank Suatu Halaman Yang Kita Pasangi Link

    Page rank merupakan ‘nilai’ yang Google berikan pada halaman di internet (ingat yah, halaman – BUKAN situs). Secara keseluruhan, memiliki PR yang tinggi menandakan seberapa kuat dan seberapa bisa dipercaya suatu halaman di mata Google.

    Page rank pada suatu halaman (anggap saja halaman A) umumnya dikendalikan dan dikontrol melalui jumlah link yang mengarah ke suatu halaman tersebut (halaman A), siapa yang me link ke halaman A, dan berapa PR dari halaman yang memiliki link yang mengarah ke halaman A. Tapi PR juga kadang dikendalikan oleh faktor misterius yang menjadi rahasia Google sendiri.

    Jika ada situs yang benar-benar bagus (situs NASA misalnya), meskipun halaman NASA tersebut memiliki sedikit backlink, tapi Google bisa secara manual memberikan page rank yang dianggapnya sesuai untuk halaman tersebut (hal ini amat jarang terjadi dan hanya Google lakukan pada situs yang benar-benar menakjubkan).

    Salah satu hal yang anda inginkan dari backlink anda adalah backlink yang memiliki PR. Jika sebuah halaman memiliki PR, dan halaman tersebut me link ke halaman anda, maka anda bisa harapkan link juice yang amat banyak mengalir ke halaman anda yang akan berakibat pada peningkatan ranking anda di Google.

    Dengan anda mengerti hal ini, anda sekarang tahu bahwa semakin tinggi PR dari sebuah halaman, semakin powerful link yang dihasilkan dari halaman tersebut.

  5. Jumlah Outbound Link dari Halaman Yang Kita Pasangi Link

    Artinya adalah jumlah link yang ada dalam satu halaman mempengaruhi kekuatan link yang keluar dari halaman tersebut. Semakin banyak link yang keluar dari sebuah halaman, maka semakin sedikit power dari masing-masing link.

    Link dari halaman PR 9 yang mengarah ke situs anda, tapi di halaman yang sama juga memiliki satu milyar link yang mengarah ke halaman lain di situs lain mungkin akan bernilai lebih rendah dibanding link satu-satunya dari halaman PR 2 yang mengarah ke situs anda.

    Tentu saja contohnya agak lebay, tapi saya harap anda paham maksud saya. Tapi karena tidak ada yang benar-benar tahu seberapa kuat kekuatan link PR 5 dengan outbound link 300 dibandingkan link PR 4 dengan outbound link 4, tentu saja hal ini hanya benar hingga tingkat tertentu saja. Intinya adalah jika anda ingin membangun link di suatu halaman, perhatikan juga jumlah link yang ada di sana.

    Memiliki banyak link memang bagus, tapi tidak ada artinya memiliki banyak link yang mengarah ke halaman yang sama dari satu halaman yang sama. Misal, 4 link dari halaman blog blogspot ke halaman situs utama anda, meskipun dengan anchor text yang berbeda-beda.

  6. Tipe Situs Asal Link (Link Types)

    Google tahu benar dari mana dan dari situs jenis apa link anda berasal. Untuk memastikan situs anda ranking tinggi oleh Google, tentunya Google harus bisa tahu dimana link anda, sehingga ia bisa menghitung kekuatan total dari link-link yang anda miliki, dan kemudian menyesuaikan posisi anda di search engine berdasarkan total kekuatan link yang anda miliki.

    Google sadar bahwa ada situs seperti article directories atau situs social bookmark yang memberikan link dengan sangat gampang tanpa filter (atau minim filter). Google juga sadar bahwa link dari blog comment (komentar blog) lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan link di badan artikel. Oleh karenanya tentu saja Google akan men ‘diskon’ link yang berasal dari situs-situs dan tempat-tempat seperti ini.

    Selain itu, Google juga tahu bahwa ada situs yang ‘kerjanya’ menghasilkan link spam. Situs-situs seperti forum profile dengan PR n/a, blog comment dengan PR n/a, halaman wiki dengan PR n/a, trackback dari halaman ber PR n/a, dan lain-lain.

    Sekali lagi, Google tidak akan memberikan banyak perhatian untuk link-link seperti ini (sebagian besar link yang berasal dari situs semacam ini akan didiskon oleh Google dan bahkan mungkin bisa melukai posisi anda di search engine.

    Di saat yang sama Google tahu bahwa ada beberapa situs seperti blog, press release, yahoo answers, situs berita, dan situs otoritas lain yang lebih sulit untuk mau dan lebih jarang untuk nge-link ke situs lain.

    Oleh karenanya secara logis link yang berasal dari halaman-halaman semacam ini membawa lebih banyak power dan link juice dibanding link dari situs-situs lain.

  7. Posisi letak Juga Berpengaruh Pada Kualitas Backlink

    Relatif mudah bagi webmaster untuk menyelipkan link di bagian footer, atau sidebar, atau header. Beberapa webmaster yang ahli kode HTML, CSS, dan PHP bahkan membuat theme atau plugin gratis dan membubuhkan link ke situs mereka di bagian footer, header, atau sidebar.

    Beberapa situs juga menjual link di sidebar mereka. Google tahu hal ini dan oleh karenanya Google memberikan nilai yang lebih sedikit bagi link yang terletak di bagian ini. Tentu saja link di bagian footer, header, dan sidebar masih memiliki nilai.

    Di situs dengan PR yang tinggi, link di bagian footer tetap saja link yang amat sangat powerful. Tapi letak link terbaik adalah link yang diletakkan secara kontekstual. Dan yang dimaksud dengan link kontekstual adalah link yang diletakkan secara alami di badan artikel, disisipkan di antara kalimat dan paragraf (tidak disendirikan).

    Jadi, itulah faktor-faktor yang menentukan kualitas sebuah backlink. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber tulisan:

  1. Pengalaman pribadi, hasil dari mengikuti Sosialisasi  Pemutakhiran Konten Website Unit Kerja dan Lomba Web IPB 2015 pada Jum’at-Sabtu tanggal 30-31 Oktober 2015 bertempat di The Sahira Hotel, Bogor
  2. Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Secara Akurat, Free Version!!
  3. Apa Itu Dofollow Dan Apa Manfaatnya?
  4. Apa Yang Dimaksud Backlink Berkualitas? Bagaimana Cara Membangunnya?
  5. Robots exclusion standard

Foto bersama peserta Sosialisasi Pemutakhiran Konten Website Unit Kerja dan Lomba Web IPB 2015 pada Jum’at-Sabtu tanggal 30-31 Oktober 2015 bertempat di The Sahira Hotel, Bogor

Penulis: Anita Handayani